Comscore Tracker

Selain Hitam Putih, 5 Fakta Spesies Panda Cokelat Ini Harus Kamu Tahu

#ANGPOIN Lucu banget sampai pengin cubit!

Jika selama ini kamu hanya tahu panda berwarna hitam dan putih saja, ternyata ada satu spesies panda asal Tiongkok yang memiliki warna cokelat putih pada bulunya!

Jika kamu mengetahui kelainan seperti ini hanya terjadi akibat mutasi genetik, ternyata ada beberapa fakta lain yang harus kamu tahu tentang panda cokelat ini. Dilansir dari laman Panda International, yuk, simak fakta-faktanya!

1. Penamaan diambil dari habitat

Selain Hitam Putih, 5 Fakta Spesies Panda Cokelat Ini Harus Kamu Tahuretrieverman.net

Panda dengan bulu cokelat putih ini dikenal dengan nama panda qinling. Nama ini diambil dari asal habitat panda jenis ini hidup dan ditemukan, yaitu Pegunungan Qinling di Tiongkok Barat. Pegunungan ini termasuk daerah yang terisolasi sehingga perkawinan silang antara panda cokelat dan hitam cenderung jarang terjadi di alam liar.

2. Pertama kali terlihat pada 1960-an

Selain Hitam Putih, 5 Fakta Spesies Panda Cokelat Ini Harus Kamu Tahudailymail.co.uk

Panda qinling pertama kali ditemukan sekitar 1960-an di Pegunungan Qinling, Tiongkok Barat. Kemudian, panda ini dibawa ke penangkaran dan dikawinkan dengan panda hitam normal. Ternyata, anak yang dihasilkan berwarna hitam putih seperti panda kebanyakan, namun dilaporkan warnanya berangsur memudar dan menjadi cokelat saat tua.

Baca Juga: Tak Kalah dengan Manusia, Ini 8 Hewan yang Menjadi Pahlawan Perang

3. Diakui sebagai subspesies pada 2005

Selain Hitam Putih, 5 Fakta Spesies Panda Cokelat Ini Harus Kamu Tahuidiva.com

Meski pertama kali terlihat pada tahun 1960-an, panda qinling baru diakui sebagai salah satu subspesies panda pada 2005. Panda ini merupakan subspesies panda pertama yang diakui oleh komunitas ilmiah.

4. Anatomi tubuh yang agak berbeda

Selain Hitam Putih, 5 Fakta Spesies Panda Cokelat Ini Harus Kamu Tahuexpress.co.uk

Setelah dilakukan penelitian, diketahui bahwa panda qinling memiliki anatomi tubuh yang agak berbeda, terutama dari segi ukuran. Ukuran tengkorak panda qinling terbilang sedikit lebih kecil begitu juga ukuran tubuhnya.

5. Banyak teori mengenai warna cokelat yang muncul

Selain Hitam Putih, 5 Fakta Spesies Panda Cokelat Ini Harus Kamu Tahuopcf.org.hk

Para ahli masih belum meyakini alasan mengapa panda qinling memiliki warna cokelat pada tubuhnya. Awalnya, diperkirakan bahwa warna cokelat muncul akibat sifat bawaan genetik.

Namun, ternyata setelah diteliti lebih jauh, hewan-hewan yang hidup di Pegunungan Qinling memang memiliki dominansi warna cokelat di tubuh mereka. Diperkirakan, faktor lingkungan menjadi salah satu alasan warna cokelat muncul pada bulu panda qinling.

Gimana? Setelah melihat potret menggemaskannya, rasanya jadi pengin ketemu panda ini secara langsung, ya? Namun, hati-hati. Meskipun menggemaskan, ia masih tergolong hewan buas.

Baca Juga: 7 Hewan yang Berhasil Dikloning Ilmuwan, dari Domba hingga Serigala

Vini Krisdiani Photo Community Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You