Comscore Tracker

Harus Lihat! 11 Hewan dengan Warna Tak Biasa Akibat Mutasi Genetik

Unik banget!

Alam memang tak pernah habis memberikan keindahan dan keunikan untuk dikagumi. Beberapa hewan berikut ini memiliki corak dan warna yang agak berlainan dengan hewan pada jenis yang sama.

Kelainan dan keunikan ini muncul karena berbagai faktor, mulai dari mutasi genetik buatan atau alami hingga akibat penyakit. Dilansir dari laman Boredom Therapy dan Eternally Sunny, berikut beberapa hewan yang memiliki warna yang unik dan berbeda akibat mutasi. Yuk simak!

1. Piton piebald

Harus Lihat! 11 Hewan dengan Warna Tak Biasa Akibat Mutasi Genetiksnakemuseum.com

Jenis piton ini memiliki corak putih yang agak dominan pada tubuhnya. Hal ini cukup menyulitkan bagi ular untuk fungsi kamuflase saat berada pada tanah atau kawasan dengan banyak ranting dan daun kering. 

2. Merak bicolored

Harus Lihat! 11 Hewan dengan Warna Tak Biasa Akibat Mutasi Genetikbiotecnika.org

Warna hijau dan corak cantik yang dominan terdapat pada ekor merak jantan. Selain itu, merak bicolored memiliki corak putih pada bulu ekor mereka. Namun, kelainan ini sama sekali tidak menghilangkan fungsi keindahan pada ekor merak jantan, terutama pada saat mengembang.

3. Lobster biru

Harus Lihat! 11 Hewan dengan Warna Tak Biasa Akibat Mutasi Genetikirishpost.com

Jenis lobster biru ini merupakan jenis yang cukup langka dan sangat jarang ditemukan, apalagi secara kebetulan oleh nelayan. Tak seperti lobster pada umumnya yang biasanya berwarna cokelat atau merah, lobster biru memiliki cangkang dengan keseluruhan berwarna biru yang cerah.

4. Lumba-lumba merah muda

Harus Lihat! 11 Hewan dengan Warna Tak Biasa Akibat Mutasi Genetikmarketing-interactive.com

Jika biasanya lumba-lumba muncul dengan warna abu-abu yang cenderung gelap, lumba-lumba ini memiliki kelainan dengan memiliki warna pada bermukaan kulitnya, yakni merah muda. Hal ini sangat jarang terjadi dan cukup sulit ditemukan.

5. Panda cokelat

Harus Lihat! 11 Hewan dengan Warna Tak Biasa Akibat Mutasi Genetikvisiontimes.com

Panda memiliki ciri khas dengan warna hitam putihnya yang lucu. Namun, berbeda halnya dengan panda yang satu ini. Itu karena beberapa corak warna hitam yang harusnya muncul pada panda malah menjadi warna cokelat. Hal ini menjadi sesuatu yang sangat unik dan langka.

Baca Juga: Unik! 9 Hewan Ini Memiliki Tubuh Cantik Berwarna Merah Muda, lo!

6. Belalang merah muda

Harus Lihat! 11 Hewan dengan Warna Tak Biasa Akibat Mutasi Genetikcandidegardening.com

Sangat unik dan menarik melihat belalang yang biasanya berwarna hijau atau cokelat, kini muncul dengan warna merah muda yang begitu cerah. Percayalah, gambar di atas bukanlah editan.

7. Tupai piebald

Harus Lihat! 11 Hewan dengan Warna Tak Biasa Akibat Mutasi Genetikdfwurbanwildlife.com

Pada beberapa kasus yang jarang terjadi, ada beberapa tupai yang muncul dengan corak belang berwarna putih pada bulu mereka. Hal ini terjadi karena beberapa faktor yang mengakibatkan terjadinya perubahan warna pada bulu tupai, sehingga berbeda dengan tupai pada umumnya.

8. Anjing vitilogo

Harus Lihat! 11 Hewan dengan Warna Tak Biasa Akibat Mutasi Genetikdfwurbanwildlife.com

Selain pada manusia, vitiligo juga dapat terjadi pada hewan, termasuk pada anjing. Pada beberapa kasus, vitiligo dapat menyerang anjing dan menjadikan corak putih yang menarik pada permukaan kulit dan bulu anjing.

9. Singa emas

Harus Lihat! 11 Hewan dengan Warna Tak Biasa Akibat Mutasi Genetikjahanu.co

Harimau emas memang terlihat memiliki bulu dengan corak dan warna yang lebih terang jika dibanding harimau pada jenis lain. Warna oranye cerah pada bagian atas tubuh dan putih pada bagian bawah membuat harimau jenis ini terlihat sangat cantik dan megah.

Baca Juga: Gak Cuma Kunang-kunang, 5 Hewan Ini Bisa Menyala dalam Gelap

Vini Krisdiani Photo Verified Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya