Comscore Tracker

5 Jenis Pisang Ini Punya Warna yang Gak Biasa!

Ada yang biru sampai belang!

Sebagai negara dengan iklim tropis, Indonesia menjadi tempat bagi banyak sekali jenis tumbuhan yang beraneka ragam. Termasuk buah pisang yang tumbuh dengan sangat baik di negara ini dengan sangat banyak varietas yang dimilikinya

Jika umumnya buah pisang yang selama ini kita lihat dan konsumsi memiliki warna kuning di bagian kulitnya sebagai penanda kematangan, ternyata ada beberapa varietas pisang memiliki warna kulit yang unik dan cantik. Yuk simak penjelasannya.

1. Merah

5 Jenis Pisang Ini Punya Warna yang Gak Biasa!qubiz.net

Pisang merah dikenal juga di masyarakat dengan sebutan pisang susu merah dan memiliki nama latin Musa acuminata 'Red Dacca', pisang jenis ini banyak terdapat di daratan Tanzania dan cukup sering juga ditemui di Indonesia. Pisang merah memiliki kandungan potasium dan magnesium yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama mengatasi tekanan darah tinggi, antioksidan dan juga sumber serat yang baik.

2. Biru

5 Jenis Pisang Ini Punya Warna yang Gak Biasa!inedininglovers.com

Blue Java Banana memiliki warna kulit biru muda yang cantik yang merupakan hasil persilangan  Musa acuminata dengan Pisang batu , pisang jenis ini lambat laun mulai menjadi primadona karena karakteristiknya yang mudah tumbuh dengan baik di iklim tropis seperti indonesia serta kandungan vitamin yang tinggi terutama vitamin B6. Hal lain yang unik dari jenis pisang biru ini adalah rasanya yang serupa dengan es krim vanila sehingga pisang ini disebut juga dengan sebutan ice cream banana.

3. Belang

5 Jenis Pisang Ini Punya Warna yang Gak Biasa!flickr.com

Pisang Varigata atau yang memiliki nama latin Musa variegata ini memiliki penampilan yang unik dan cukup mencolok, pisang ini tampil dengan corak garis putih di sepanjang buah, daun bahkan hingga pagian batangnya. Pisang varigata berasal dari darata Florida dan merupakan varietas pisang yang cukup langka dan sensitif sehingga agak sulit dibudidayakan dalam skala besar.

Baca Juga: Jangan Dibuang Dulu, Ini 5 Manfaat Kulit Pisang untuk Kecantikan

4. Hijau

5 Jenis Pisang Ini Punya Warna yang Gak Biasa!mnn.con

Jika umumnya kita menbgetahui bahwa pada awalnya pisang berwarna hijau dan kemudian berangsur berubah warna menjadi kuning saat mencapai tingkat kematangan maksimal, ternyata ada jenis pisang yang tidak berubah warna atau tetap berwarna hijau walaupun sudah matang, salah satu contohnya adalah pisang nangka atau dikenal juga dengan pisang tanduk. Pisang jenis ini tidak berubah warna menjadi kuning saat matang dan biasanya menjadi janis varietas yang dipilih untuk bahan utama pembuatan pisang goreng.

5. Kuning

5 Jenis Pisang Ini Punya Warna yang Gak Biasa!newscientist.com

Dan yang paling umum dan sering kita lihat dan konsumsi adalah pisang kuning. Kebanyakan varetas pisang memang akan berubah menjadi kuning saat sudah siap santap atau matang, mengonsumsi pisang memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh seperti melancarkan pencernaan, menstabilkan tekanan darah, menurunkan resiko stroke dan lain sebaginya karena kandungan vitamin dan nutrisinya yang melimpah.

Pisang jenis mana yang jadi favorit kamu?

Baca Juga: 7 Cara yang Benar Memilih dan Menyimpan Pisang, Bakal Lebih Awet

Vini Krisdiani Photo Verified Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya