Comscore Tracker

Sarat Makna, 7 Hewan Unik Ini Jadi Lambang Resmi Sebuah Negara

Penuh arti, filosofi dan harapan untuk bangsanya

Sebuah negara kerap menggunakan sesuatu yang paling menonjol dan merefleksikan dirinya untuk digunakan sebagai lambang dan simbol resmi negara mereka. Seperti Indonesia yang menggunakan burung garuda sebagai lambang negara, banyak juga negara lain yang dengan bangga menggunakan hewan sebagai lambang. 

Hewan yang paling umum digunakan sebagai lambang sebuah negara antara lain elang, singa dan harimau, mereka banyak digunakan karena dianggap memiliki makna untuk sebuah kekuatan dan kuasa. Namun ternyata selain itu beberapa negara justru menggunakan hewan yang unik untuk lambang negara mereka. Apa saja? Mari simak!

1. Burung Emu: Australia

Sarat Makna, 7 Hewan Unik Ini Jadi Lambang Resmi Sebuah Negaraaustralianmuseum.net.au

Selain kangguru, Australia juga menggunakan burung endemik mereka sebagai lambang negaranya yaitu burung emu. Sekilas burung ini terlihat serupa dengan burung unta namun jangan sampai salah karena mereka benar benar berbeda.

2. Cendrawasih: Papua Nugini

Sarat Makna, 7 Hewan Unik Ini Jadi Lambang Resmi Sebuah Negaranationalgeographic.grid.id

Memiliki ragam satwa yang luar biasa, negara tetangga kita ini menggunakan burung cantik cendrawasih sebagai lambang negaranya. ari sekian banyak hewan yang ada di Papua nugini, cendrawasih dipilih karena kecantikan dan ke endemikan mereka.

3. Sable Antelope: Zimbabwe

Sarat Makna, 7 Hewan Unik Ini Jadi Lambang Resmi Sebuah Negaraafricansky.com

Hewan bertanduk panjang ini mendiami sekitaran sabana berhutan di Afrika, dan digunakan sebagai lambang negara Zimbabwe. Satu hal yang cukup menarik dari hewan ini adalah tanduk panjang mereka yang melengkung dan digunakan sebagai media pertahanan diri.

Baca Juga: Negara-Negara yang Membatasi dan Mengatur Pemakaian Skuter Listrik

4. Burung Kiwi: Selandia Baru

Sarat Makna, 7 Hewan Unik Ini Jadi Lambang Resmi Sebuah Negarathedodo.com

Hewan endemik Selandia baru ini, merupakan salahsatu burung yang tidak dapat terbang. Burrung ini mendapatkan nama yang sama dengan bauh kiwi karena memang jika dilihat sekilas ia memiliki bentuk tubuh yang buulat dan coklat berbulu sepeti buah kiwi, ukuran burung ini juga tak seberapa besar.

5. Panda: Tiongkok

Sarat Makna, 7 Hewan Unik Ini Jadi Lambang Resmi Sebuah Negaracbsnews.com

Cina memang dikenal dengan pandanya, tak heran mereka menggunaan hewan lucu ini sebagai hewan untuk lambang negara mereka. Dan seperti kita ketahui bahwa cina sangat menjaga spesies panda mereka begitu juga semua panda yang ada diseluruh dunia.

6. Komodo: Indonesia

Sarat Makna, 7 Hewan Unik Ini Jadi Lambang Resmi Sebuah Negarakomodoshuttle.com

Reptil besar endemik Indonesia ini merupakan sebuah harta berharga yang dihormati.  Hewan purba yang hanya hisup di Indonesia tepatnya dipulau komodo ini bahkan sempat menjadi salahsatu dari 7 keajainban dunia.

7. Dugong: Papua Nugini

Sarat Makna, 7 Hewan Unik Ini Jadi Lambang Resmi Sebuah Negaraphys.org

Selain Cendrawasih, Papua nugini juga menggunakan dugong sebagai hewan yang mereka gunakan sebagai lambang negara. Jika tidak jeli mungkin kita sulit membedakan hewan dugong dengan gajah atau anjing laut. Namun sebetulnya dugong memiliki ciri fisik yang jelas berbeda.

Nah itu dia beberapa hewan yang ternyata dijadikan sebagai lambang resmi sebuah negara, yang mana kesukaanmu?

Baca Juga: Unik, 7 Hewan Ini Dianggap Suci oleh Berbagai Kepercayaan di Dunia

Vini Krisdiani Photo Verified Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya