Comscore Tracker

Selain Sakura, 7 Pohon Ini Juga Berbunga Lebat dan Indah

Jadi betah memandangnya berlama-lama

Jika kita bicara soal pohon berbunga, pasti yang muncul pertamakali di benak kalian adalah pohon sakura kan? Padahal, ternyata ada banyak sekali pohon berbunga lainnya yang kecantikannya tak kalah dari sakura dan tentunya, Instagrammable banget. Penasaran seperti apa kecantikannya? Yuk simak! 

1. Eastern Redbud

Selain Sakura, 7 Pohon Ini Juga Berbunga Lebat dan IndahPlantingtree.com

Eastern redbud (Cercis canadensis) adalah pohon berbunga yang banyak ditemukan di Ontario (Kanada), Florida, dan California bagian barat. Pohon dengan bunga berwarna pink ini dapat tumbuh hingga 6-9 meter dan membentang sampai 10 meter. Bunga-bunga pada eastern redbud ini biasanya tumbuh dari bulan April hingga Mei atau saat musim semi sampai awal musim panas. 

Pohon ini memiliki daun berbentuk hati dan bunganya kadang dikonsumsi oleh para penduduk asli Amerika (native Americans) secara mentah ataupun direbus. 

2. Kousa Dogwood

Selain Sakura, 7 Pohon Ini Juga Berbunga Lebat dan IndahPlants.connon.ca

Sepintas, pohon ini tampak seperti tertimbun salju, namun ternyata itu adalah sekumpulan bunga putih yang tumbuh menutupi pohon kousa dogwood (Cornus kousa). Bunga pada pohon yang dapat tumbuh hingga 12 meter ini biasanya mekar di awal musim panas dan awalnya berasal dari Korea, Jepang, dan Tiongkok.

Kousa dogwood juga menghasilkan buah beri berwarna pink/merah dengan rasa yang manis sehingga kadang-kadang digunakan untuk membuat wine

3. Royal Empress Foxglove

Selain Sakura, 7 Pohon Ini Juga Berbunga Lebat dan IndahAsklepios-seeds.de

Royal empress foxglove (Paulownia tomentosa) memperoleh nama Latinnya dari Anna Pavlovna, putri dari seorang kaisar Rusia. Di awal musim semi, pohon yang aslinya berasal dari Tiongkok ini akan menghasilkan bunga lebat nan indah berwarna ungu kebiruan yang begitu harum. Royal empress foxglove dapat tumbuh hingga 12 meter dan membentang selebar 10 meter.

Uniknya, di Jepang, terdapat sebuah tradisi untuk menanam pohon ini ketika seorang bayi perempuan lahir. Pohon tersebut akan terus dirawat hingga anak itu tumbuh dewasa dan ketika sang anak akan menikah, pohon akan ditebang dan kayunya dijadikan perabot. Sayang sekali ya bunganya. 

Baca Juga: 7 Gaya Pohon Bonsai Paling Unik, Kamu Pernah Melihatnya?

4. Crabapple

Selain Sakura, 7 Pohon Ini Juga Berbunga Lebat dan IndahPlants.connon.ca

Crabapple adalah salah satu spesies dari genus Malus yang biasanya tumbuh di bumi bagian utara. Pohon ini memiliki bunga berwarna pink tua yang harum yang mekar pada musim semi dan berbuah pada musim gugur. Sesuai dengan namanya, pohon crabapple menghasilkan buah apel, namun berukuran lebih kecil dari apel pada umumnya dan memiliki rasa yang sangat asam, sehingga jarang sekali dikonsumsi langsung. 

5. Saucer Magnolia

Selain Sakura, 7 Pohon Ini Juga Berbunga Lebat dan IndahFlowerpictures.net

Saucer magnolia (Magnolia × soulangeana) adalah pohon hasil persilangan antara 2 pohon magnolia yang menghasilkan bunga berukuran besar, yaitu hingga 20 cm dan berbentuk seperti piring (saucer). Bunga magnolia yang dihasilkan juga dapat berwarna maroon, pink, ungu ataupun putih. Pohon ini banyak ditumbuhkan di Inggris dan Amerika Serikat. 

6. Palo Verde

Selain Sakura, 7 Pohon Ini Juga Berbunga Lebat dan IndahSytycdism.com

Palo verde (Cercidium) adalah pohon berbunga yang aslinya berasal dari Afrika dan Amerika. Pohon ini menghasilkan bunga kuning atau putih berkelopak 5 dan dapat tumbuh hingga 12 meter. Palo verde juga berumur panjang lho, mereka dapat bertahan selama 100 tahun, bahkan ada beberapa pohon yang usianya mencapai 400 tahun!

7. Jacaranda

Selain Sakura, 7 Pohon Ini Juga Berbunga Lebat dan IndahTheurbanlist.com

Jacaranda (Jacaranda mimosifolia) adalah pohon sub-tropis yang menghasilkan bunga lebat berwarna ungu atau indigo yang begitu menarik perhatian. Pohon jacaranda dapat tumbuh hingga 20 meter dan bunganya mekar pada musim semi dan awal musim panas serta dapat bertahan hingga 2 bulan. 

FYI, ibu kota Afrika Selatan, Pretoria, memiliki julukan "Jacaranda City" karena banyaknya pohon jacaranda yang tumbuh di kota tersebut. Selain Pretoria, keindahan jacaranda di sepanjang jalan juga dapat kalian nikmati di kota Sydney, Australia. Jangan lupa berfoto ya, gengs. 

Pohon berbunga mana yang menjadi favorit kalian? 

Baca Juga: Nyaris Abadi, 9 Pohon Ini Bertahan Hidup Ribuan Tahun Hingga Sekarang

V Hendardy Photo Verified Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya