Merayakan 40 Tahun, Ini Fakta-fakta Menarik dari Satelit Kembar Voyager

Satelit terjauh yang membawa musik gamelan

Satelit Voyager 1 diluncurkan pada tanggal 5 September 1977. Uniknya, kembaran dari satelit ini, Voyager 2, diluncurkan lebih dahulu pada tanggal 20 Agustus 1977. Diluncurkannya satelit ini karena pada saat itu terjadi susunan planet yang langka, terjadi hanya 175 tahun sekali, untuk dapat mengunjungi Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus sekaligus.

Satelit Terjauh yang Pernah Diluncurkan

Merayakan 40 Tahun, Ini Fakta-fakta Menarik dari Satelit Kembar Voyagercosmosup.com

Kedua satelit tersebut saat ini akan menjalani perjalanan antar bintang karena jalurnya akan keluar dari heliosphere (orbit Matahari). Jarak tepatnya kedua satelit itu dari Bumi adalah 20.789.982.157 km (Voyager 1) dan 17.106.742.528 km (Voyager 2) dan terus menjauh. Kecepatan melintasi luar angkasa untuk Voyager 1 adalah 61.196 km/jam sedangkan Voyager 2 adalah 55.345 km/jam yang merupakan rekor untuk saat ini.

Membawa Golden Records, Rekaman Budaya Bumi

Merayakan 40 Tahun, Ini Fakta-fakta Menarik dari Satelit Kembar Voyagersciencefriday.com

'Rekaman Emas' ini berisi suara dan gambar yang dipilih untuk menggambarkan keragaman kehidupan dan budaya di Bumi, dan ditujukan untuk bentuk kehidupan makhluk luar angkasa yang cerdas, atau untuk manusia masa depan, yang mungkin menemukannya. Isi rekaman ini dipilih oleh ilmuwan luar angkasa Carl Sagan yang berisi sapaan berbagai bahasa, suara mesin, suara hewan, bahkan suara tangis bayi. Salah satu isi rekamannya merupakan musik gamelan asal Jawa Tengah berjudul "Puspawarna" atau lengkapnya Ketawang Puspawarna Laras Slendro Pathet Manyura karya Mangkunegara IV.

Mengunjungi Beberapa Planet Sekaligus

Merayakan 40 Tahun, Ini Fakta-fakta Menarik dari Satelit Kembar Voyagernasa.gov

Misi satelit kembar Voyager merupakan misi eksplorasi planet dalam skala besar. Kedua satelit Voyager telah menjelajahi lebih banyak planet (Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus), telah menemukan lebih banyak bulan (22), dan telah mengirim lebih banyak foto, daripada penerbangan luar angkasa lainnya.

Kedua satelit itu saat ini masih beroperasi dan berkomunikasi dengan Bumi untuk penelitian mengenai perjalanan antar bintang. Diperkirakan bahwa Voyager 1 akan 'mati' sekitar 8 tahun lagi tepatnya tahun 2025.

Ziggy Stardust Photo Writer Ziggy Stardust