Comscore Tracker

Millenials Wajib Tahu, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Barang Tambang

Fakta yang mampu mengubah sudut pandangmu nih millenials!

Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal sangat kaya akan sumber daya alamnya. Gak ada satu negara pun yang mengelaknya. Bahkan, gak heran bahwa Indonesia memiliki peran penting dalam ekonomi dunia, khususnya dalam bidang ekonomi pertambangan yang juga sangat esensial untuk keberlangsungan hidup suatu negara.

Sementara itu, kebanyakan masyarakat Indonesia masih belum menyadari betapa penting dan bermanfaatnya tambang dalam kehidupan. Bahkan ironisnya, sebagian masyarakat masih memiliki stigma negatif tentang barang tambang.

Nah, di acara Indonesian Writers Festival 2019: Tambang Untuk Hidup”, yang diadakan pada Sabtu (7/9) di Universitas Media Nusantara, sang narasumber, Stepanie Saing dan Masagus Ahmad Azizi selaku perwakilan dari PERHAPI (Perhimpunan Ahli  Pertambangan Indonesia) berbagi informasi tentang pertambangan. Penulis sudah merangkum juga nih fakta-fakta unik yang wajib banget millenials tahu. Apa aja, sih? Yuk simak bareng-bareng, ya!

1. Hampir semua benda kecil dan penting sekitar kita terbuat dari bahan tambang lho!

Millenials Wajib Tahu, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Barang Tambangpexel/bruce mars

Ini poin utama yang penting banget! Coba deh kalian lihat sekitar kalian. Sadar gak sih bahwa kebanyakan barang-barang yang kamu sering gunakan seperti handphone, genteng, lampu bahkan baju yang kamu kenakan itu ada kandungan barang tambangnya lho!

Jadi, jangan anggap remeh pentingnya peran barang tambang di kehidupanmu ya.

2. Ilmu pertambangan mencakup hampir semua bidang keilmuan

Millenials Wajib Tahu, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Barang TambangUnsplash.com/Hans Reniers

Salah dua keunikan dari barang tambang adalah bahwa ilmu pertambangan itu mencakup bidang keilmuan yang luas, lho. Seperti ilmu ekonomi, teknologi hingga ilmu sosial, semuanya terintegrasi dengan ilmu pertambangan. Artinya, gak semua bidang ilmu bisa meluas banyak aspek seperti ini.

3. Tambang hanya tersedia di daerah tertentu

Millenials Wajib Tahu, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Barang TambangUnsplash.com/Shane McLendon

Adalah sebuah anugreah bahwa negara Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah ruah dibanding negara lainnya. Secara geografis, Indonesia memang dikelilingi oleh Ring of Fire ini atau deretan gunung api.

Meski beberapa daerahnya rawan bencana, namun satu sisi ini merupakan anugerah. Pasalnya magma gunung berapi mengandung logam penting di dalamnya, yang juga hanya tersedia di daerah-daerah tertentu, lho.

Tentunya, itu terjadi secara alamiah yang mana tambang ini lahir dan tumbuh di titik-titik yang memang 'istimewa' aja. Wow, menarik ya!

Baca Juga: 3 Hal tentang Pertambangan di Indonesia yang Perlu Diketahui Millenial

4. Tambang memiliki jenis-jenis produk lain yang unik namun kurang 'dilirik'

Millenials Wajib Tahu, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Barang TambangUnsplash.com/Badibanga Roger

Kamu pernah dengar produk tambang bernama mineral jarang? Kalau belum, yuk coba kenalan sedikit sama produk tambang satu ini. Mineral jarang adalah salah satu jenis komoditas tambang yang sebenarnya memiliki nilai jual yang sangat tinggi serta manfaat yang super duper luar biasa. Namun sayangnya, produk yang satu ini masih belum 'dilirik' oleh pemerintah.

Tak hanya itu, jenis produk lain seperti zirkon dan torium pun juga kurang diperhatikan. Padahal, kedua jenis produk ini merupakan salah satu bahan penting radioaktif di dunia. 

Melihat permasalahan ini, Masagus pun angkat bicara, "Pemerintah (sayangnya) belum concern terhadap produk-produk ini, itulah kenapa program hilirisasi pemerintah terhambat, karena dukungannya belum sepenuhnya dilakukan."

5. Dimungkinkan batubara akan habis dalam jangka waktu 100 tahun

Millenials Wajib Tahu, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Barang Tambangapbi-icma.org

Tambang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Maka dari itu, barang tambang diprediksi akan habis dalam jangka waktu 100 tahun dari sekarang.

6. Sebagai millenials, kira-kira kontribusi apa ya yang bisa diberikan untuk perkembangan pertambangan di Indonesia?

Millenials Wajib Tahu, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Barang Tambangpexels.com/Artem Beliaikin

Menanggapi hal ini, Masagus berharap bahwa millenials bisa lebih aware tentang pentingnya pertambangan dalam kehidupan sehari-hari kita dan mampu saling mengedukasi melalui berbagai cara, salah satunya melalui tulisan.

Meski begitu, ia pun menyebut bahwa millenials bisa juga terlibat dan terjun langsung, yang juga bisa dimulai dengan aware dan tertarik terlebih dahulu. Hayo, kamu penasaran gak nih sama bidang yang satu ini?

Nah, itu dia 5 fakta unik tentang barang tambang yang wajib banget diketahui millenials. Ternyata secara gak disadari, barang tambang itu benar-benar melekat sekali ya dalam kehidupan sekitar kita.

Semoga setelah baca ini, kamu bisa lebih aware dan care sama dunia pertambangan, ya!

Baca Juga: Tidak Semua Bekas Tambang Jadi Buruk, Tempat-Tempat Ini Buktinya!

Widi Widuri Photo Verified Writer Widi Widuri

Your word is your sword. / Find me on Instagram: @wiwistew

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You