Komet Neowise Bisa Disaksikan di Indonesia, Jangan Sampai Ketinggalan

Perlu 6.800 tahun lagi agar bisa melihat komet tersebut

Setelah sekian lama langit Indonesia tak dihiasi bintang berekor, akhirnya para pencinta langit malam mulai dapat menyaksikannya kembali. Komet Neowise atau C/2020 F3 NEOWISE merupakan komet paling terang di belahan bumi utara yang dapat diamati dalam beberapa dekade.

Komet ini ditemukan oleh teleskop antariksa Near-Earth Object Wide Field Infrared Survey Explorer (NEOWISE), milik NASA pada 27 Maret 2020. Komet Neowise memiliki orbit yang sangat elips sehingga akan kembali lagi 6.800 tahun kemudian. Komet dengan ekornya yang cantik ini dapat dilihat dengan mata telanjang, tetapi akan lebih baik jika menggunakan binokuler atau teleskop.

1. Waktu terbaik untuk mengamati Komet Neowise

Komet Neowise Bisa Disaksikan di Indonesia, Jangan Sampai Ketinggalan earthsky.org

Komet ini mendekati matahari pada 3 Juli 2020 pada jarak 0,29 SA atau 44,1 juta km kemudian akan berbalik ke luar tata surya. Di Indonesia, komet mulai bisa diamati pada tanggal 19 Juli hingga 25 Juli 2020.

Komet akan mencapai titik terdekat dengan Bumi pada tanggal 23 Juli 2020, sehingga pada waktu tersebut komet lebih terang dari hari yang lain. Komet akan tampak di barat laut setelah matahari terbenam, tepatnya di dekat rasi Ursa Mayor atau Big Dipper.

Menurut observasi terakhir oleh COBS (Coma Database Observer) komet Noewise memiliki magnitudo sebesar 1,5 sehingga akan mudah sekali menemukannya di langit malam. Untuk di Indonesia sendiri, komet akan terlihat dengan magnitudo sebesar 3,46 hingga 4,55. Sebagai catatan, semakin kecil nilai magnitudo maka benda langit semakin terang.

2. Memiliki dua ekor dan sangat panjang

Komet Neowise Bisa Disaksikan di Indonesia, Jangan Sampai Ketinggalan nasa.gov/Johns Hopkins APL

Komet dengan nukleus berdiameter 5 km ini rupanya memiliki ekor yang unik. Komet tersebut memiliki ekor ganda yaitu ekor debu dan ekor ion.

Komet terbuat dari sisa-sisa pembentukan tata surya yang beku sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu. Saat mendekati matahari, massa debu, batu dan es pada inti komet memanas dan menguap akibat embusan partikel-partikel yang dipancarkan matahari.

Pergerakan komet dalam mengitari matahari akan memunculkan ekor debu sedangkan embusan partikel matahari akan menyebabkan munculnya ekor ion. Ekor debu dan ekor ion pada komet Neowise sendiri akan memanjang ratusan ribu hingga jutaan kilometer.