Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Tentang Ular Kobra, Raja Ular yang Paling Beracun

Racun ular kobra dapat menyebabkan kematian

Pasti kalian sudah tidak asing dengan ular kobra? Ular kobra merupakan jenis ular beracun. Ular kobra sering disebut sebagai raja dari seluruh jenis ular yang ada di dunia. Sebab, ular kobra memiliki sisi agresifitas yang tidak dimiliki oleh jenis ular manapun. Sehingga ular kobra memiliki julukan sebagai "king cobra". 

Selain dikenal sebagai raja ular, ular kobra juga memiliki fakta lain yang menarik untuk dibahas lho. Penasaran seperti apa fakta dari ular kobra? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

1. Ular kobra merupakan hewan paling beracun

5 Fakta Menarik Tentang Ular Kobra, Raja Ular yang Paling Beracunreptilepark.com.au

Ular kobra merupakan salah satu jenis ular beracun. Tidak hanya itu, ular kobra merupakan sebagai hewan paling beracun di dunia. Racun pada ular kobra memiliki kandungan protein dan polipeptida yang bersifat neurotoksik. Gigitan ular kobra akan menyerang sistem saraf. Maka dari itu, gigitan ular kobra dapat menyebabkan kematian.

2. Ular kobra merupakan jenis ular yang besar

5 Fakta Menarik Tentang Ular Kobra, Raja Ular yang Paling Beracunipfactly.com

Selain dikenal sebagai ular paling beracun di dunia, ular kobra juga merupakan ular beracun terpanjang di dunia. Ular kobra memiliki panjang yang dapat mencapai 5,5 meter. Ukuran ini lebih panjang daripada tinggi manusia. Selain itu, berat badan ular kobra dewasa dapat mencapai 20 kilogram.

Baca Juga: Selain Ular, 5 Hewan Ini Juga Tetap Hidup Meski Kepalanya Putus

3. Ular kobra bertahan hidup dengan mengandalkan indera penciuman

5 Fakta Menarik Tentang Ular Kobra, Raja Ular yang Paling Beracunbrobible.com

Ular kobra bertahan hidup dengan mengandalkan indera penciumannya. Ular kobra memiliki indera penciuman yang sangat baik. Indera penciuman ular kobra memiliki sensor yang terletak pada lidah. Sensor inilah yang dapat membantu ular kobra untuk dapat menemukan mangsanya.

4. Ular kobra akan langsung menelan mangsanya secara utuh

5 Fakta Menarik Tentang Ular Kobra, Raja Ular yang Paling Beracunwww.scoopnest.com

Saat ingin memakan mangsanya, ular kobra akan langsung menelan mangsanya secara utuh. Ular kobra memiliki rahang yang sangat fleksibel dan lentur. Semua jenis ular merupakan mangsa favorit dari ular kobra. Tetapi ular kobra juga akan memangsa hewan lain jika ular kobra tidak menemukan ular lain.

5. Ular kobra sering dijadikan sebagai bagian dari atraksi

5 Fakta Menarik Tentang Ular Kobra, Raja Ular yang Paling Beracunwww.trekearth.com

Ular kobra tidak hanya dapat ditemukan di alam bebas saja. Dalam kehidupan sehari-hari kita juga dapat menemukan ular kobra. Ular kobra sering dijadikan sebagai bagian dari atraksi pada suatu pertunjukan. Mulai dari atraksi ular kobra menari sampai mencium ular kobra. Tetapi atraksi ini hanya boleh dilakukan oleh seorang profesional saja.

Itulah fakta menarik mengenai ular kobra. Ular kobra memang cocok dijuluki sebagai raja ular. Sebab, ular kobra memiliki ukuran badan yang besar, racun yang mematikan, dan dapat menelan mangsanya secara utuh. Walaupun dikenal sebagai hewan berbahaya, ular kobra juga dikenal sebagai hewan atraksi. Bagaimana pendapat kalian tentang ular kobra?

Baca Juga: 7 Tempat Ini Memiliki Jumlah Hewan Lebih Banyak daripada Manusia

Xehi Dekirty Photo Verified Writer Xehi Dekirty

A person who wants to live in peace

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya