Comscore Tracker

Terancam Punah! Ini 5 Fakta Menyedihkan Harimau Putih

Harimau putih dikenal sebagai hewan mistis di Indonesia

Sudah pernah mendengar nama harimau putih sebelumnya? Ya, harimau putih merupakan salah satu dari subspesies harimau bengal.

Ciri-ciri dari harimau putih yang paling umum yaitu memiliki kulit berwarna putih. Banyak orang yang menyebut kalau harimau putih merupakan harimau albino. Padahal, warna putih pucat yang dihasilkan oleh harimau putih merupakan hasil dari gen pemutihan yang resesif.

Karena warna kulit putih pucat inilah, harimau putih disebut sebagai harimau yang unik. Selain memiliki warna yang unik, harimau putih juga memiliki fakta yang menarik untuk dibahas. Mau tahu apa saja fakta mengenai harimau putih? Yuk, simak ulasannya sebagai berikut.

1. Harimau putih bisa ditemukan di India

Terancam Punah! Ini 5 Fakta Menyedihkan Harimau Putihpixabay.com/Hans

Dahulu, penyebaran harimau putih sangatlah luas. Harimau putih dahulu bisa ditemukan di wilayah India, Pakistan, Afghanistan, Buthan, Nepal, dan Bangladesh. Namun, dalam kurun 100 tahun terakhir, populasi dari harimau putih mengalami penurunan yang signifikan.

Saat ini, harimau putih hanya terdapat pada habitat aslinya di hutan liar di wilayah India, Buthan, dan Nepal. meski begitu, kamu akan kesulitan untuk menemukannya karena populasinya yang sedikit.

2. Harimau putih merupakan predator tertinggi di hutan liar

Terancam Punah! Ini 5 Fakta Menyedihkan Harimau Putihwww.deviantart.com/bigcatrescue

Harimau pada dasarnya merupakan hewan pemakan daging, tak terkecuali harimau putih. Harimau putih sering memburu mangsanya pada waktu malam hari. Hal ini dilakukan karena harimau putih akan terlihat samar-samar oleh mangsanya pada waktu malam hari.

Harimau putih merupakan predator tertinggi di hutan liar sehingga tidak ada satu pun hewan yang akan memburunya. Satu-satunya yang bisa memburu harimau putih hanyalah manusia.

Baca Juga: Sadis! 5 Hewan Predator Ini Berburu dengan Cara yang Sangat Kejam

3. Harimau putih memiliki cara yang unik untuk menandai wilayah kekuasaannya

Terancam Punah! Ini 5 Fakta Menyedihkan Harimau Putihwww.wcpo.com

Dikenal sebagai hewan yang soliter, harimau putih memiliki cara yang unik untuk menandai wilayah kekuasaannya. Mereka akan menandai wilayah kekuasaannya dengan cara memberikan tanda cakar dan tanda air urine pada batas wilayahnya.

Dengan begitu, tidak ada satu pun yang akan mengganggu satu sama lain. Harimau putih memiliki wilayah kekuasaan yang mencapai 75 mil persegi.

4. Di Indonesia, harimau putih dikenal sebagai hewan mistis

Terancam Punah! Ini 5 Fakta Menyedihkan Harimau Putihwww.pinterest.es

Tidak hanya terkenal di wilayah India dan sekitarnya saja, harimau putih juga terkenal di Indonesia. Harimau putih dikenal sebagai hewan mistis di Indonesia.

Menurut kepercayaan masyarakat Jawa Barat, harimau putih merupakan hewan peliharaan dari Prabu Siliwangi yang merupakan raja dari Kerajaan Padjajaran. Harimau putih memiliki tugas untuk melindungi Prabu Siliwangi dan keturunannya dari segala macam gangguan makhluk halus. Dilihat dari benar atau tidaknya cerita mengenai harimau putih ini, masyarakat Jawa Barat sudah memercayainya secara turun-temurun.

5. Harimau putih merupakan salah satu hewan yang terancam punah

Terancam Punah! Ini 5 Fakta Menyedihkan Harimau Putihwww.joyofanimals.com

Selain jadi hewan unik, harimau putih juga jadi hewan yang terancam punah. Sekitar 100 tahun terakhir, populasi harimau putih sudah mengalami penurunan. Menurut data International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), saat ini hanya terdapat 80 ribu ekor harimau dari berbagai subspesies termasuk harimau putih. Lebih parahnya lagi, diperkirakan 50 tahun ke depan kita sudah tidak akan bisa menemukan harimau putih lagi.

Itulah fakta menarik mengenai harimau putih yang perlu kamu tahu. Tidak hanya memiliki warna yang unik, harimau putih juga dikenal sebagai hewan mistis yang ada di Indonesia.

Memang kalau dilihat, saat ini populasi harimau putih sudah semakin sedikit. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus selalu menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu, perburuan terhadap harimau putih harus dihentikan supaya harimau putih tidak mengalami kepunahan.

Baca Juga: Lagi Viral, 10 Hewan Buas dan Seram Ini Justru Dianggap Cute!

Xehi Dekirty Photo Community Writer Xehi Dekirty

Live in another peaceful place

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You