Comscore Tracker

Kenapa Bisa Terjadi Perpecahan di Yugoslavia? Ini 5 Fakta Pentingnya

Perbedaan suku di Yugoslavia menyebabkan perpecahan

Yugoslavia merupakan negara di benua Eropa yang pernah diperhitungkan oleh negara lain pada masanya. Awal mulanya, Yugoslavia dibentuk oleh Josip Broz Tito.

Yugoslavia terbentuk karena adanya kesamaan sejarah bahwa mereka pernah terjajah selama berabad-abad. Yugoslavia terdiri dari beberapa negara bagian seperti Bosnia-Herzegovina, Kroasia, Makedonia, Slovenia, Serbia, dan Montenegro.

Sayangnya bersatunya Yugoslavia bukanlah ide yang bagus. Itu karena masing-masing dari negara bagian Yugoslavia nyatanya tidak memiliki kesamaan satu sama lain. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya konflik internal di Yugoslavia. Selain itu, ada faktor lain yang menyebabkan terjadinya perpecahan di Yugoslavia. Berikut penyebabnya.

1. Runtuhnya Uni Soviet

Kenapa Bisa Terjadi Perpecahan di Yugoslavia? Ini 5 Fakta Pentingnyawall.alphacoders.com

Uni Soviet yang merupakan musuh utama Amerika Serikat pada Perang Dingin akhirnya runtuh. Melihat hal ini, negara-negara bagian di Yugoslavia ingin melakukan hal yang sama.

Mereka merasa kalau mereka sudah mempunyai sistem politik sendiri. Untuk dapat mewujudkannya, mereka harus mendirikan negara masing-masing dan terbebas dari sistem politik Yugoslavia.

2. Perbedaan agama dan bahasa

Kenapa Bisa Terjadi Perpecahan di Yugoslavia? Ini 5 Fakta Pentingnyawww.mkrs-ks.org

Yugoslavia adalah negara yang terdiri dari berbagai macam suku dan agama. Terdapat tiga agama yang terdapat di Yugoslavia, yaitu Islam, Kristen Ortodoks, dan Kristen Roma.

Perbedaan keyakinan ini tidak memungkinkan bagi Yugoslavia untuk menjalankan satu sistem yang sama. Selain itu, faktor perbedaan bahasa dan huruf sering kali menjadi permasalahan di Yugoslavia.

Baca Juga: Kerajinan Tas Kayu Mindi Bantul Tembus Pasar Eropa

3. Adanya gerakan separatis

Kenapa Bisa Terjadi Perpecahan di Yugoslavia? Ini 5 Fakta Pentingnyainavukic.com

Yugoslavia dikenal sebagai negara dengan berbagai macam suku. Perbedaan suku inilah yang memicu adanya gerakan separatis di dalamnya.

Gerakan ini terinspirasi oleh gerakan separatis yang ada di negara-negara Afrika. Dengan adanya gerakan separatis inilah yang membuat terjadinya perpecahan di Yugoslavia.

4. Tidak mampu menghadapi perubahan politik internasional

Kenapa Bisa Terjadi Perpecahan di Yugoslavia? Ini 5 Fakta Pentingnyawikipedia.org

Terjadinya perpecahan di Yugoslavia menyebabkan dampak bagi politik internasional. Hal ini ditandai dengan adanya perang di Kroasia pada tahun 1991.

Pada waktu itu, pemerintah Yugoslavia masih mengupayakan untuk negara tetap bersatu. Namun, dengan adanya perubahan politik internasional yang cepat membuat pemerintah Yugoslavia tidak bisa berkata apa-apa.

5. Penentangan Serbia terhadap bangsa lain

Kenapa Bisa Terjadi Perpecahan di Yugoslavia? Ini 5 Fakta Pentingnyasputniknews.com

Serbia melakukan penentangan terhadap bangsa lain di Yugoslavia. Hal ini karena Serbia merasa hak-haknya dikurangi setelah bergabung ke Yugoslavia.

Akhirnya, Serbia berkeinginan untuk menguasai negara bagian di Yugoslavia. Serbia mulai melakukan penyerangan terhadap Bosnia-Herzegovina yang menyebabkan korban jiwa yang banyak.

Itulah fakta mengenai terjadinya perpecahan di Yugoslavia. Faktor utama perpecahan di Yugoslavia karena adanya perbedaan paham antarsuku masing-masing negara bagian.

Selain itu, faktor dari luar negeri juga mendukung perpecahan di Yugoslavia. Perpecahan inilah yang menyebabkan Yugoslavia akhirnya runtuh. Bagaimana pendapat kalian mengenai runtuhnya Yugoslavia?

Baca Juga: Jika Yugoslavia Masih Ada, Mungkin Ini Skuat Timnasnya Sekarang

Xehi Dekirty Photo Community Writer Xehi Dekirty

Live in another peaceful place

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You