Comscore Tracker

Inilah Penyebab Mengapa Warna Kulit Manusia Berbeda, Perlu Kamu Tahu

Warna kulit yang berbeda menjadikan uniknya keberagaman

Jumlah manusia di muka bumi saat ini diperkirakan berjumlah 7 miliar lebih. Dengan jumlah yang sebanyak itu, manusia di bumi tidaklah sama satu sama lain. Mulai dari suku, ras, serta salah satunya warna kulit.

Tapi pernahkah kamu penasaran mengapa warna kulit manusia berbeda-beda? Ada yang memiliki warna kulit putih, sawo matang, dan sebagainya. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan warna kulit berbeda-beda. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Pigmen pada manusia

Inilah Penyebab Mengapa Warna Kulit Manusia Berbeda, Perlu Kamu Tahuwebexhibits.org

Faktor utama penyebab warna kulit manusia berbeda-beda adalah melanin atau zat pigmen pada manusia. Pigmen memiliki fungsi untuk melindungi sel kulit agar tidak rusak akibat terkena paparan sinar ultraviolet matahari.

Jumlah pigmen akan bertambah jika terkena sinar ultraviolet matahari dan ini sangat mempengaruhi warna kulit. Jika terlalu sedikit, maka warna kulit akan terang. Dan jika terlalu banyak, maka warna kulit akan gelap.

2. Genetik atau keturunan

Inilah Penyebab Mengapa Warna Kulit Manusia Berbeda, Perlu Kamu Tahufinancial-counselling.com

Faktor lain yang menyebabkan warna kulit manusia berbeda adalah faktor genetik atau keturunan. Jika orang tua kamu memiliki warna kulit berbeda, maka kamu akan memiliki warna kulit yang paling dominan. Atau bila orang tua kamu memiliki warna kulit yang sama tapi warna kulit kamu berbeda dengan orang tua kamu, bisa jadi kamu mendapatkan DNA warna kulit dari kakek atau nenekmu.

Baca Juga: 6 Tips Makeup Untuk Kulit Wajah Kering, Biar Nampak Segar!

3. Lingkungan geografi

Inilah Penyebab Mengapa Warna Kulit Manusia Berbeda, Perlu Kamu Tahuwgp2016.fide.com

Lingkungan geografi juga mempengaruhi warna kulit manusia. Orang yang tinggal di daerah tropis biasanya memiliki warna kulit gelap karena produksi melanin yang meningkat akibat jumlah paparan sinar ultraviolet yang banyak.

Sedangkan orang yang tinggal di daerah subtropis biasanya memiliki warna kulit yang terang karena paparan sinar ultraviolet di daerah subtropis tidak sebesar daerah tropis sehingga tubuh tidak membutuhkan produksi melanin yang besar.

Tapi mengapa di daerah subtropis contohnya di Eropa terdapat orang yang berkulit gelap atau sebaliknya? Karena mereka merupakan pendatang dan bukan warga asli dari daerah tersebut. Butuh waktu yang sangat lama untuk mengubah warna kulit mereka.

Itulah fakta mengapa warna kulit manusia berbeda-beda. Bagaimana? Sekarang kalian sudah tahu kan penyebabnya? Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga: 8 Warna Lipstik Natural Berdasarkan Tone Kulit, Cocok Buat Lebaran

Xehi Dekirty Photo Community Writer Xehi Dekirty

Live in another peaceful place

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You