Comscore Tracker

5 Penyebab Terjadinya Perang Dunia I, Salah Satu yang Paling Mematikan

Konflik antarnegara merupakan awal dari Perang Dunia I

Perang Dunia I adalah salah satu perang besar yang tercatat dalam sejarah. Perang ini dimulai dari 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918. Perang Dunia I melibatkan beberapa negara besar di Eropa. Perang Dunia I tercatat sebagai konflik paling mematikan keenam dalam catatan sejarah. Terdapat lebih dari 9 juta prajurit gugur pada Perang Dunia I.

Sebenarnya apa yang menyebabkan pecahnya Perang Dunia I ini? Mengapa negara di Eropa saling berperang? Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya Perang Dunia I. Dilansir dari laman History, berikut adalah penyebab terjadinya Perang Dunia I.

1. Pertentangan antarnegara Eropa

5 Penyebab Terjadinya Perang Dunia I, Salah Satu yang Paling Mematikanexpress.co.uk

Sebelum terjadinya Perang Dunia I, beberapa negara di Eropa memang sudah mengalami pertentangan, seperti pertentangan antara Inggris dan Jerman dalam bidang industri. Lalu, ada juga pertentangan Serbia dengan Austria-Hongaria mengenai perebutan wilayah. Pertentangan antara negara Eropa ini merupakan penyebab terjadi Perang Dunia I.

2. Persekutuan pada beberapa negara Eropa

5 Penyebab Terjadinya Perang Dunia I, Salah Satu yang Paling Mematikanhistoryextra.com

Dengan adanya pertentangan yang terjadi, beberapa negara Eropa akhirnya membentuk aliansi. Pada 1882, terbentuklah Aliansi Tiga yang terdiri dari Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia.

Kemudian disusul 1907, negara seperti Inggris, Prancis, dan Rusia membentuk aliansi yang bernama Entente Tiga. Aliansi-aliansi tersebut terbentuk karena ada rasa ketakutan dan ambisi pada tiap aliansi.

Baca Juga: Epik, Ini 10 Pertempuran Penting yang Terjadi Selama Perang Dunia I

3. Persaingan persenjataan

5 Penyebab Terjadinya Perang Dunia I, Salah Satu yang Paling Mematikanwikimedia.org

Karena adanya rasa ketakutan, akhirnya tiap aliansi melakukan persaingan persenjataan. Mereka memproduksi senjata dalam jumlah yang berlebihan. Setelah itu, mereka juga melakukan uji coba persenjataan untuk menguji senjata siapa yang paling kuat. Dengan begitu, situasi di Eropa sudah semakin panas.

4. Tewasnya Franz Ferdinand

5 Penyebab Terjadinya Perang Dunia I, Salah Satu yang Paling Mematikanonedio.com

Franz Ferdinand merupakan putra mahkota kekaisaran Austria-Hongaria. Pada 28 Juni 1914, Franz Ferdinand dibunuh oleh orang Serbia yang bernama Gavrilo Princip. Mendengar kabar meninggalnya putra mahkota, membuat kekaisaran Austria-Hongaria menjadi geram. Sehingga pada 28 Juli 1914, Austria-Hongaria menyerang Serbia.

5. Ikut campurnya negara di Eropa pada perang Serbia dan Austria-Hongaria

5 Penyebab Terjadinya Perang Dunia I, Salah Satu yang Paling Mematikannationalinterest.org

Perang antara Serbia dengan Austria-Hongaria menjadi semakin panas karena beberapa negara di Eropa ikut campur. Hal ini diawali oleh Rusia yang membantu Serbia untuk menyerang Austria-Hongaria.

Mendengar kabar tersebut Jerman tak bisa diam lalu membantu Austria-Hongaria melawan Serbia dan Rusia. Anggota aliansi Rusia yaitu Prancis dan Inggris juga ikut menyerang Jerman. Sehingga, hal ini menjadi awal mula terjadinya Perang Dunia I.

Itulah penyebab terjadinya Perang Dunia I. Dengan adanya Perang Dunia I, beberapa negara di Eropa menjadi terbagi-bagi. Ada yang ikut ke aliansi Austria-Hongaria. Ada juga yang ikut ke aliansi Serbia. Perang Dunia I diakhiri dengan adanya Perjanjian Versailles. Dengan begitu, setiap negara sepakat untuk mengakhiri perang.

Baca Juga: 9 Fakta Tentang Kamikaze, Serangan "Angin Dewa" di Perang Dunia II

Xehi Dekirty Photo Community Writer Xehi Dekirty

Live in another peaceful place

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You