Comscore Tracker

Serupa, tapi Tak Sama! Ini 5 Perbedaan Antara Anjing dan Serigala

Ini perbedaannya...

Sekilas, anjing dan serigala memiliki bentuk rupa yang hampir sama. Ciri khas dari kedua hewan tersebut ialah sama-sama memiliki moncong. Selain itu, anjing dan serigala merupakan hewan karnivor. Itu sebabnya, banyak orang yang beranggapan kalau anjing dan serigala merupakan hewan yang sejenis.

Padahal, dari namanya saja, anjing dan serigala merupakan hewan yang berbeda. Selain itu, anjing dan serigala memiliki beberapa perbedaan yang mendasar. Seperti apakah perbedaan antara anjing dan serigala? Dilansir dari laman Rover, berikut adalah perbedaan anjing dan serigala.

1. Anjing merupakan hewan yang lebih jinak daripada serigala

Serupa, tapi Tak Sama! Ini 5 Perbedaan Antara Anjing dan Serigalajutarnji.hr

Anjing merupakan hewan yang mengalami domestikasi dari serigala sejak 15 ribu, bahkan sampai 100 ribu tahun yang lalu. Bagi yang belum tahu, domestikasi merupakan proses penjinakan pada hewan liar.

Hal ini membuat anjing dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan karena sudah jinak. Ia berbeda dengan serigala yang terbiasa hidup di alam bebas sehingga sulit untuk dijinakan.

2. Serigala memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan anjing

Serupa, tapi Tak Sama! Ini 5 Perbedaan Antara Anjing dan Serigalanbcnews.com

Dilihat dari ukuran tubuhnya, serigala memang punya ukuran tubuh yang lebih besar daripada anjing. Secara umum, berat badan serigala berkisar antara 23-59 kg. Sementara, tinggi serigala berkisar antara 60-80 cm. Ukuran badan yang besar inilah yang mendukung serigala untuk berburu di alam bebas.

Baca Juga: Ternyata Anjing Juga Bisa Depresi, Kenali 7 Tanda Khususnya di Sini!

3. Anjing dan serigala memiliki karakteristik rahang yang berbeda

Serupa, tapi Tak Sama! Ini 5 Perbedaan Antara Anjing dan Serigalatopdogtips.com

Untuk dapat membedakan antara anjing dan serigala, bisa dilihat dari rahangnya. Serigala umumnya memiliki rahang yang tebal. Sementara, umumnya anjing memiliki rahang yang panjang.

Namun, beberapa jenis anjing seperti pitbull dan bulldog memiliki rahang yang tebal. Begitu pula dengan beberapa jenis serigala seperti coyote dan timber yang memiliki rahang yang panjang.

4. Serigala memiliki bulu yang lebih tebal daripada anjing

Serupa, tapi Tak Sama! Ini 5 Perbedaan Antara Anjing dan Serigalathebark.com

Serigala merupakan hewan yang hidup di alam bebas sehingga serigala memiliki bulu yang tebal. Hal ini bertujuan untuk mengontrol suhu tubuhnya pada iklim yang ekstrem. Berbeda dengan anjing yang memiliki bulu yang tipis dan halus karena anjing biasa hidup di iklim yang normal.

5. Serigala memiliki otak yang lebih besar dibandingkan anjing

Serupa, tapi Tak Sama! Ini 5 Perbedaan Antara Anjing dan Serigalaearthjustice.org

Sebuah penelitian pernah dilakukan oleh Dr. Harry Frank dari Universitas Michigan untuk menguji apakah anjing dan serigala dapat membuka gagang pintu atau tidak. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan kalau serigala dapat membuka gagang pintu sedangkan anjing tidak.

Dr. Harry Frank menyimpulkan kalau serigala memiliki otak yang lebih besar daripada anjing. Walaupun begitu, serigala cukup sulit untuk dijinakkan. Kecerdasan serigala digunakan untuk bertahan hidup di alam bebas.

Itulah perbedaan antara anjing dan serigala yang mungkin belum kamu ketahui. Memang sekilas, anjing dan serigala hampir mirip. Namun, anjing merupakan hewan yang mengalami domestikasi dari serigala. Hal inilah yang membuat anjing berbeda dengan serigala. Bagaimana sekarang sudah tahu, 'kan perbedaannya?

Baca Juga: Kenalan dengan Lynx, Si Kucing Lucu nan Kekar yang Mirip Serigala

Xehi Dekirty Photo Community Writer Xehi Dekirty

Live in another peaceful place

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You