Selain Katsuko Saruhashi, Ini 5 Ilmuwan Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

#SainSeru Bagaimana dengan perempuan zaman now?

Hari ini Google Doole menampilakn ilmuwan perempuan asal Jepang Katsuko Saruhashi untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-98. Ia menjadi salah satu ilmuwan yang memotivasi perempuan dunia agar terjun menjadi ilmuwan dunia. Tak hanya Katsuko Saruhashi, masih ada banyak ilmuwan perempuan dunia yang memberi sumbangan besar pada dunia sains.

1. Rosalind Franklin yang berasal dari Inggris

Selain Katsuko Saruhashi, Ini 5 Ilmuwan Perempuan Paling Berpengaruh di Dunialivescience

Rosalind Franklin merupakan ilmuwan perempuan kelahiran London 25 Juli 1920. Ilmuwan Inggris ini berkontribusi bersar dalam dunia sains setelah menemukan struktur molekul asam deoksiribonukleat (DNA). Ini merupakan sebuah konstituen kromosom yang berfungsi untuk menyandikan informasi genetik. Selain itu Franklin juga berkontribusi terkait struktur virus yang menjadi dasar penting dalam bidang virologi struktural. Rosalind Franklin meninggal pada 16 April 1958.

2. Anita Roberts ilmuwan biologi perempuan yang berasal dari Amerika Serikat

Selain Katsuko Saruhashi, Ini 5 Ilmuwan Perempuan Paling Berpengaruh di Duniacrazywolfy

Anita Roberts merupakan ahli biologi Amerika Serikat yang lahir di Pennsylvania pada 3 April 1942. Ia meraih gelar doktor dalam bidang biokimia dari Wisconsin-Madison University pada tahun 1968.  Pada awal 1980-an, Roberts dan rekan-rekannya di National Cancer Institute, bagian dari National Institutes of Health di Bethesda, mulai bereksperimen dengan protein, yang disebut T.G.F.-beta, kependekan dari transformasi faktor pertumbuhan beta.

Dunia mengenalnya sebagai ahli biologi molekuler yang menemukan protein T.G.F yang sangat penting dalam penyembuhan luka dan patah tulang dan yang memiliki peran ganda dalam memblokir atau merangsang kanker. Ia meninggal pada tahun 2006 di rumahnya di Bethesda, Md. Saat itu ia berusia 64 tahun.

3. Barbara Macclintock yang berasal dari Amerika Serikat

Selain Katsuko Saruhashi, Ini 5 Ilmuwan Perempuan Paling Berpengaruh di Duniabritannica

Barbara merupakan ilmuwan genetika yang paling berpengaruh di dunia. Ahli sitogenetik lahir 16 Juni 1902 di Hartford, Connecticut, AS dan meninggal pada 2 September 1992, Huntington, New York. Penemuannya pada tahun 1940-an dan 1950-an unsur genetika bergerak, atau gen melompat membuatnya memenangkan Nobel untuk Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1983. Ia merupakan orang pertama yang menghasilkan peta genetik untuk tanaman jagung.

4. Dorothy Hodgkin ilmuwan biokimia yang berasal dari Inggris

Dorothy Hodgkin merupakan ahli biokimia terkenal yang berasal dari Inggris. Ketertarikannya pada dunia biokomia mmbawa Hodgkin menjadi perempuan ketiga yang menerima hadiah Nobel pada 1964. Ia berhasil menemukan struktur penicillin dan vitamin B12. Dorothy Hodgkin juga menjadi ilmuwan yang mempelopori bidang kristalografi sinar-X.

5. Augusta Ada Byron programmer pertama dunia dari Inggris

Selain Katsuko Saruhashi, Ini 5 Ilmuwan Perempuan Paling Berpengaruh di Duniahistory

Augusta Ada Byron atau dikenal dengan nama Ada Lovelace merupakan programmer komputer dan matematikawan pertama di dunia. Ia dikenal dunia terkenal dengan penelitiannya soal komputer komputer mekanik dan mengenalkan soal konsep algoritma pertama. Ia merupakan putri pujangga terkenal Lord Byron yang dilahirkan di London pada 10 Desember 1815. Tak hanya tertarik pada komputer, ia mulai menunjukkan bakatnya pada matematika sejak usia dini. Ia Ada meninggal pada 27 November 1852.

R Malee Photo Verified Writer R Malee