Comscore Tracker

10 Penemuan yang Mengubah Dunia, Berguna hingga Kini 

Tanpa adanya penemuan ini, peradaban manusia tak berkembang

Di dunia ini ada beberapa hal yang tidak bisa berjalan tanpa penemuan sebelumnya. Misalnya tanpa adanya internet, mungkin kita tidak bisa berkomunikasi dengan jarak jauh. Bahkan kita juga tidak akan memiliki varian hiburan yang beragam. 

Nah, kali ini kita akan melihat sepuluh penemuan yang mengubah dunia. 

1. Roda

10 Penemuan yang Mengubah Dunia, Berguna hingga Kini ilustrasi roda (pexels.com/pixabay)

Roda adalah salah satu penemuan yang mengubah dunia. Mengutip Live Science, sebelum penemuan roda pada 3500 sebelum masehi, ada beberapa kegiatan manusia yang cukup terhalang.

Kegiatan itu adalah mengangkat perangkat yang berat dalam jarak yang jauh.  Berkat adanya roda ini, manusia dapat bekerja lebih mudah dan juga dapat berpindah tempat dengan lebih mudah. 

Membuat roda pada zaman dahulu tidak semudah yang kita pikirkan. Misalnya pembuat roda benar-benar harus teliti untuk membuat lubang di tengah pada roda agar tetap seimbang. Kemudian bentuk roda yang harus memiliki bentuk bulat dan sempurna. Ukuran kapak juga dapat menjadi faktor penting ketika membuat roda agar roda itu seimbang. 

2. Paku

10 Penemuan yang Mengubah Dunia, Berguna hingga Kini ilustrasi paku (pexels.com/anete-lusina)

Berikutnya ada penemuan paku yang mengubah peradaban dunia. Tanpa adanya paku, manusia tidak dapat membangun gedung-gedung tinggi secanggih sekarang, seperti yang dikutip dari Live Science

Paku ditemukan pada 2,000 tahun silam pada masa Romawi Kuno. Ketika tidak ada paku, struktur kayu harus dibangun dengan menghubungkan papan yang berdekatan secara geometris. Pembangunan ini memiliki konstruksi yang jauh lebih sulit.

Mesin pembuat paku baru saja ada di kalangan orang-orang pada tahun 1790-an dan juga 1800-an. Selanjutnya pembuatan paku mulai dikenal lebih banyak orang ketika Henry Bessemer membuat paku dari besi dan baja secara masa. 

3. Kompas

10 Penemuan yang Mengubah Dunia, Berguna hingga Kini ilustrasi kompas (pexels.com/nietjuh)

Penemuan yang tak kalah menariknya adalah penemuan kompas. Zaman dahulu, para pelaut kuno menggunakan posisi bintang untuk mengetahui posisi mereka ketika sedang berlayar. Namun metode itu tidak terlalu berguna ketika siang atau di saat malam yang berawan. Keadaan siang alam itu membuat para pelaut tidak aman ketika pergi berlayar. 

Orang-orang China menemukan kompas untuk yang pertama kalinya pada antara ke-9 dan ke-11. Kompas yang pertama terbuat dari lodestone, bijih besi yang termagnetisasi secara alami. Mengutip LiveScience,  akhirnya teknologi kompas ini juga digunakan oleh orang Eropa dan Arab melalui ekspedisi laut.  

4. Mesin cetak

10 Penemuan yang Mengubah Dunia, Berguna hingga Kini ilustrasi koran (pexels.com/brotin-biswas)

Mesin cetak juga adalah salah satu penemuan yang mengubah dunia, karena berkat mesin cetak ini banyak buku-buku yang dapat diterbitkan dengan lebih cepat. Mengutip dari Live Science, sosok Johannes Gutenberg, penemu dari Jerman menemukan mesin cetak pada tahun 1440. Sebelumnya orang-orang harus mencetak menggunakan cara manual.

Mesin cetak yang ditemukan oleh Johannes ini, memiliki sistem mekanis, sehingga produksi cetakan press pada saat itu dapat lebih lancar. Dengan proses mesin cetak mekanis ini, cetakan buku dapat terjadi secara cepat.

Dengan demikian, buku pengetahuan saat itu dapat disebarkan secara luas dan cepat. Saat itu, ada dua puluh juta buku telah dicetak di Eropa Barat pada tahun 1500.

Baca Juga: Bukan Gagal, 7 Penemuan Nikola Tesla yang Belum Terwujud

5. Penemuan beton

10 Penemuan yang Mengubah Dunia, Berguna hingga Kini ilustrasi beton (pexels.com/pixabay)

Tak hanya barang-barang untuk kegiatan sehari-hari, beton sebagai bahan bangunan juga salah satu penemuan yang mengubah dunia. Beton memiliki bahan komposit yang terbuat dari campuran batu pecah atau kerikil, pasir, semen Portland, dan air, yang dapat disebarkan atau dituangkan ke dalam cetakan dan membentuk massa menyerupai batu pada pengerasan, seperti yang dikutip dari Interesting Engineering. 

Salah satu bahan utama beton adalah semen. Fondasi semen diletakkan pada 1300 SM. Dibutuhkan beribu-ribu tahun untuk menemukan beton yang kita gunakan hingga hari ini. 

Beberapa bahan serupa telah digunakan beribu-ribu tahun yang lalu. Sekitar 3000 SM, orang Mesir menggunakan bentuk awal beton sebagai mortar di bangunan mereka. Pada tahun 1824, semen Portland ditemukan oleh Joseph Aspdin dari Inggris. Semen Portland ini adalah semen yang kita gunakan pada hari ini. George Bartholomew telah meletakkan jalan beton pertama di AS selama tahun 1891, yang masih ada.

Pada akhir abad ke-19, penggunaan beton baja dikembangkan. Pada tahun 1902, dengan menggunakan beton bertulang baja, August Perret merancang dan membangun sebuah gedung apartemen di Paris. Bangunan ini mendapat kekaguman dan popularitas yang luas untuk beton dan juga mempengaruhi perkembangan beton bertulang.

Pada tahun 1921, Eugène Freyssinet mempelopori penggunaan konstruksi beton bertulang dengan membangun dua hanggar pesawat berbentuk parabola kolosal di Bandara Orly di Paris.

6. Penemuan telepon

10 Penemuan yang Mengubah Dunia, Berguna hingga Kini ilustrasi telepon (pexels.com/pixabay)

Penemuan telepon juga salah satu penemuan yang mengubah dunia, tanpa adanya telepon, mungkin kita tidak dapat berkomunikasi dengan mudah. Telepon ini sangat berguna untuk kita berkomunikasi dengan satu sama lain terutama kita yang tinggal dengan jarak yang jauh. Tanpa telepon, perangkat alat komunikasi lainnya juga tidak dapat berkembang. 

Alexander Graham Bell adalah sosok yang mendapatkan paten untuk telepon listrik pada tahun 1876. Penemuan ini dengan cepat merevolusi bisnis dan komunikasi global. Ketika Bell meninggal pada 2 Agustus 1922, layanan telepon AS berhenti sejenak untuk menghormati Alexander Graham Bell untuk mengingat jasanya, seperti yang dikutip dari Live Science

7. Pesawat

10 Penemuan yang Mengubah Dunia, Berguna hingga Kini ilustrasi pesawat (pexels.com/pascalr)

Penemuan dari bidang transportasi juga cukup mengubah dunia, salah satu penemuan yang mengubah dunia adalah penemuan pesawat. Karena adanya pesawat ini perjalanan jarak jauh lebih mudah untuk ditempuh. Wright bersaudara, Wilbur dan Orville adalah sosok yang penting dalam penemuan pesawat ini. 

Pada 17 Desember 1903, Wilbur dan Orville Wright menemukan pesawat yang  sustainable energy dan terkontrol pertama. Namun siapa sangka bahwa konsep pesawat ini sudah ada sejak zaman Leonardo da Vinci, tapi Wilbur dan Orville Wright lah yang berhasil merealisasikan rencana tersebut, seperti yang dikutip dari Interesting Engineering

8. Lampu

10 Penemuan yang Mengubah Dunia, Berguna hingga Kini ilustrasi lampu (pexels.com/weekendplayer)

Mari kita lanjut ke penemuan yang cukup mengubah dunia yang kedelapan, yaitu lampu. Mengutip dari Interesting Engineering dan juga Live Science, penemuan lampu menjadi salah satu penemuan yang mengubah dunia. Bayangkan saja, bila sehari-harinya kita tidak ada lampu sama sekali, bisa dibayangkan bagaimana kita harus bekerja pada malam hari?

Menurut ahli sejarah, ada banyak orang memiliki peran penting dalam menciptakan lampu pijar sepanjang tahun 1800-an. Tapi sosok yang paling mendapat perhatian dari orang-orang seluruh dunia adalah Thomas Edison, dikreditkan sebagai penemu utama, karena ia menciptakan sistem pencahayaan yang berfungsi penuh, termasuk generator dan kabel serta bohlam filamen karbon seperti di atas, pada tahun 1879.

9. Penemuan internet

10 Penemuan yang Mengubah Dunia, Berguna hingga Kini ilustrasi internet (pexels.com/cookiecutter)

Tak ketinggalan juga salah satu penemuan yang mengubah dunia datang dari dunia teknologi, yaitu internet. Bisa kita bayangkan bila kita tidak ada internet hari ini? Bagaimana kita harus bekerja dari jarak jauh? 

Internet ini sebenarnya hadir pada tahun 1960-an. Sebuah tim ilmuwan komputer, yang bekerja untuk ARPA (Advanced Research Projects Agency) Departemen Pertahanan AS, membangun jaringan komunikasi untuk menghubungkan komputer di lembaga tersebut, yang disebut ARPANET. Mereka menggunakan metode transmisi data yang disebut "paket switching" yang dikembangkan oleh Roberts, anggota tim, berdasarkan karya sebelumnya dari ilmuwan komputer lainnya.

ARPANET adalah pendahulu dari internet, yang kini dapat kita gunakan secara luas.  Berkat internet, kita saat ini bisa terhibur, bersekolah dan bekerja dari rumah.

10. Baterai

10 Penemuan yang Mengubah Dunia, Berguna hingga Kini ilustrasi baterai (pexels.com/hilaryh)

Tak ketinggalan juga, baterai adalah penemuan yang mengubah dunia. Diperkirakan baterai prasejarah berasal dari kerajaan Parthia, yang berusia sekitar 2.000 tahun. Untuk baterai kuno sendiri, mereka terdiri dari toples tanah liat yang diisi dengan larutan cuka, di mana batang besi yang dikelilingi oleh silinder tembaga dimasukkan ke dalamnya. Namun salah satu ilmuwan yang dikenal oleh banyak orang adalah Alessandro Volta.

Penemuan baterai itu kemudian dilanjutkan oleh William Cruickshank pada tahun 1802, ketika dirinya menemukan baterai through. Baterai terus berkembang hingga pada tahun 1859, ketika ada baterai dengan sistem isi ulang yang terbuat dari timbal. Baterai ini ditemukan oleh dokter asal Prancis, Gaston Planté.

Tak hanya itu saja, ada pengembangan baterai Nickel-Cadmium (NiCd) yang dikenalkan oleh Waldemar Jungner pada tahun 1899. Baterai natrium ion yang baru juga membuka jalan untuk produksi baterai yang sustainable.

Itulah beberapa penemuan yang mengubah dunia. Tanpa penemuan-penemuan itu, mungkin kita akan sangat kesulitan sekarang. Mulai dari kesulitan berkomunikasi, bekerja, hingga melakukan perjalanan yang jauh. 

Baca Juga: Fakta Sejarah Auto-Tune, dari Awal sampai Sekarang

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya