Comscore Tracker

Hewan Menawan Bersuara Merdu, Ini 4 Fakta Unik Burung Kenari yang Lucu

Bisa bertelur tanpa pejantan, berubah warna lewat makanan

Sebagaimana yang banyak dari kita tahu, kenari banyak dipelihara lantaran suaranya yang merdu. Bahkan nyanyian burung itu kerap dikompetisikan. Tak cukup di situ, warnanya juga demikian beragam dan indah. Sejatinya, unggas tersebut dibawa pertama kali oleh Spanyol setelah menaklukkan Kepulauan Canary pada tahun 1478. Sudah lama sekali ya?

Ari Soeseno dalam bukunya Beternak Kenari (1987) menyebutkan bahwa karena suaranya indah, burung-burung itu ditangkap kemudian dibawa ke Spanyol untuk diternakkan.  Rupanya nyanyian burung mungil itu sanggup memikat bangsawan perempuan Eropa sehingga dijadikan piaraan kelas atas. Wah, bagi yang memelihara mereka saat ini berarti sama dengan bangsawan zaman dulu di Eropa.

Seratus tahun lebih Negeri Matador memonopoli peredaran kenari di Eropa dan hanya menjual yang jantan saja. Aksi itu berhenti pada medio abad 16. Gara-garanya, kapal dagang Spanyol yang membawa kenari kandas saat mendekati Leghorn, Livorno, Italia.

Sebagian unggas tersebut lepas dan singgah di Pulau Elba kemudian berkembang biak dengan cepat. Orang-orang Italia tanpa sungkan memanfaatkan peluang emas tersebut dan memasarkan kenari jantan dan betina. Jadilah kenari menyebar ke seluruh daratan Eropa.

Boleh jadi ketika Belanda menjajah Indonesia, burung itu ikut menyapa Nusantara. Selain kicauannya sedap didengar, ternyata kenari punya sejumlah fakta menarik yang membuatnya jadi salah satu hewan terunik. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

1 . Suaranya membuat rileks

Hewan Menawan Bersuara Merdu, Ini 4 Fakta Unik Burung Kenari yang Lucuimaginemag.co.za

Kenari memang juara karena suaranya. Namun siapa sangka di balik suara syahdunya itu ada magis lain yang siap menyapa penggemarnya. Tatkala mendengar kenari bernyanyi, kamu bisa langsung terbawa ke suasana pedesaan, terlebih ketika unggas itu bersahut-sahutan suasana hutan belantara pun terasa.

Selain mendongkrak semangat, suara burung tersebut bisa berikan efek relaksasi. Uniknya lagi, setiap kicauan kenari satu dan lainnya itu tak sama, lho.

2. Berubah warna karena makanan

Hewan Menawan Bersuara Merdu, Ini 4 Fakta Unik Burung Kenari yang Lucuzooplus.co.uk

Senada dengan aves lainnya, jenis kenari beragam seperti kenari yorkshire, norwich, fancy, gloster, london dan lanchasire. Lazimnya burung-burung itu dicari karena warna atau suaranya.

Namun jenis yang satu ini begitu unik lantaran bisa berubah warna karena makanan. Namanya, kenari red pepper (red factor) atau kenari merah. Penyebab perubahan warna adalah makanan dari burung tersebut, ada zat pigmen khusus yang bertanggung jawab dari asupan mereka sehingga kenari berganti warna.

Misalnya warna oranye cerah diperoleh dari pigmen karotena pada wortel. Bagi yang hendak memelihara wajib waspada dengan makanannya, jika ingin dapatkan warna terbaik.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Penguin, Si Burung yang Menggemaskan Asal Kutub Selatan

3. Bisa bertelur tanpa bantuan pejantan

Hewan Menawan Bersuara Merdu, Ini 4 Fakta Unik Burung Kenari yang Lucuunsplash.com/Shubham

Keunikan lainnya ialah, kenari bisa bertelur tanpa bantuan pejantan. Kok bisa?

Rupanya, kenari betina punya keistimewaan yang disebut dengan superfekundasi. Terjadi saat kenari betina berahi berlebihan. Jadinya unggas tersebut mampu menghasilkan telur tanpa melalui proses pembuahan sperma tetapi telur yang dihasilkan tidak menetas. Hal ini lazim terjadi sesudah betina bertelur dan menetaskan anak-anaknya.

4. Punya nilai jual

Hewan Menawan Bersuara Merdu, Ini 4 Fakta Unik Burung Kenari yang Lucuvictorianbirdco.com.au

Bagi penghobi burung tentu tak asing dengan jual-beli kenari. Belum lagi jika kenari tersebut sering menang kompetisi bernyanyi, nilai jualnya makin tinggi. Bisanya jika enggan menjual lantaran tak cocok harga, maka piaraan akan dijadikan breeder kelas wahid. Penghobi tentu tak ambil pusing sebab anak-anak dari kenari jawara tersebut bisa hasilkan calon juara baru. Dari situlah pemilik dapatkan keuntungan.

Kamu juga suka memelihara burung kenari? Bagi pengalamanmu di kolom komentar ya!

Baca Juga: Ini 7 Keunikan Dodo, Burung Punah Asal Mauritius yang Tak Bisa Terbang

Topic:

  • Erina Wardoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya