Comscore Tracker

Mengenal Juno, Pesawat Luar Angkasa Tercepat Milik NASA 

Satu lagi teknologi canggih milik NASA

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau yang sering kita kenal dengan NASA memang mengoperasikan banyak wahana antariksa guna mendapat lebih banyak informasi mengenai luar angkasa. Wahana antariksa yang dioperasikannya adalah pesawat luar angkasa bernama Juno.

Diluncurkan pada 5 Agustus 2011 silam, pesawat nirawak ini dibangun oleh Lockheed Martin dan dioperasikan oleh Jet Propulsion Laboratory milik NASA. Wahana antariksa yang bermisi ke Jupiter ini digadang-gadang sebagai pesawat nirawak tercepat lho. Nah, masih banyak hal menarik lainnya yang perlu kamu tahu tentang wahana antariksa yang satu ini. Penasaran? 

1. Kecepatannya mencapai 260 ribu km/jam

Mengenal Juno, Pesawat Luar Angkasa Tercepat Milik NASA jpl.nasa.gov

Pesawat antariksa Juno tercatat sebagai pesawat luar angkasa tercepat yang pernah dibuat oleh manusia. Pasalnya, Juno mencapai kecepatan yang fantastis selama lima tahun mengangkasa. Pesawat nirawak ini dirancang agar dapat menyesuaikan kecepatannya selama bertugas mengorbit Jupiter. Wow!

2. Bertugas mengorbit planet Jupiter

Mengenal Juno, Pesawat Luar Angkasa Tercepat Milik NASA jpl.nasa.gov

Planet Jupiter pertama kali kedatangan 'tamu' pada tahun 1973 oleh pesawat Pioneer 10, guna mempelajari radiasi planet Jupiter. Meski Juno bukan 'tamu' pertama yang datang ke Jupiter, pesawat antariksa Juno melanjutkan misi ke Jupiter sebagai penerus Galileo. Penjelajahan Juno di Jupiter berfokus pada kutubnya. Dilepas landas pada 2011 silam, setelah lima tahun perjalanan, pada 2016 lalu pesawat Juno telah tiba di Jupiter.

3. Biaya perakitan yang fantastis

Mengenal Juno, Pesawat Luar Angkasa Tercepat Milik NASA unsplash.com/@timbatec

Dilansir dari portal berita ABC, demi melaksanakan penjelajahan ke planet Jupiter, NASA menggelontorkan dana sebesar satu milyar USD atau setara Rp13 triliun untuk biaya perakitan pesawat nirawak ini. Perakitan dengan biaya fantastis tersebut guna perancangan pesawat Juno agar nantinya beroperasi sebaik mungkin. Mahal banget guys!

Baca Juga: NASA X-57, Pesawat yang Diciptakan untuk Kurangi Bahan Bakar dan Emisi

4. Mengandalkan tenaga surya

Mengenal Juno, Pesawat Luar Angkasa Tercepat Milik NASA accesswdun.com

Hal yang cukup unik dari pesawat nirawak Juno adalah mengandalkan tenaga surya, sementara Juno akan melakukan perjalanan yang jauh dari matahari. Pesawat antariksa berbobot 4 ton ini mempunyai tiga panel surya yang masing-masing berukuran 9 meter. Panel surya sebesar ini mampu mengubah sinar matahari menjadi bahan bakar pesawat nirawak ini. Keren!

5. Terdapat 'penumpang' di dalamnya

Mengenal Juno, Pesawat Luar Angkasa Tercepat Milik NASA mirror.co.uk

Siapa sangka ternyata pesawat nirawak yang diluncurkan NASA pada tahun 2011 ini mengangkut 'penumpang'? Tentu saja bukan penumpang asli alias manusia, ya. 
Yang dimaksud 'penumpang' di pesawat Juno adalah tiga lego mungil yang terbuat dari alumunium ini.

Boneka lego tersebut menyerupai Galileo, dewa Romawi Jupiter dan isterinya, dewi Juno. Kerja sama antara NASA dan Lego ini juga merupakan inisiatif untuk menarik minat anak-anak dalam bidang sains, teknologi, dan matematika lho.

Masih banyak wahana antariksa canggih lainnya milik NASA, yang tentunya bertujuan sama, yaitu mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang luar angkasa. Semoga melalui informasi di atas, dapat menambah pengetahuanmu mengenai dunia antariksa, ya! 

Baca Juga: NASA Akan Mencari Tanda Kehidupan di Titan, Satelit Planet Saturnus

Yuki Kristina Photo Verified Writer Yuki Kristina

16. | Suka nulis. Nulis apa aja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya