Comscore Tracker

5 Kumpulan Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah, Sudah Tahu? 

Jutaan manusia berkumpul di satu tempat!

Jika suatu kelompok manusia berkumpul di satu tempat yang sama. Ini menandakan mereka mempunyai tujuan yang sama mengapa mereka berkumpul di tempat itu.

Entah di sengaja atau tidak mereka pun telah mencatatkan dirinya dalam sejarah sebagai suatu kumpulan manusia terbesar sepanjang sejarah. Maka dari itu, apa saja sih kumpulan manusia terbesar sepanjang sejarah?

1. Pemakaman Annadurai

5 Kumpulan Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah, Sudah Tahu? ilustrasi pemakaman annadurai (quora.com)

Annadurai merupakan seorang pemimpin dari Dravida. Selain itu, ia juga dikenal sebagai salah satu politisi. Namun, tak disangka karena penyakit kanker mulutnya ia pun akhirnya meninggal pada 4 Februari 1969. Secara tak disangka pemakamannya dihadiri oleh 15 juta orang India.

2. Ziarah Arbaeen 2016

5 Kumpulan Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah, Sudah Tahu? ilustrasi ziarah arbaeen (santrijagad.org)

Salah satu pertemuan terbesar di dunia adalah ziarah Arbaeen. Orang-orang datang dari berbagai kota untuk menghadiri ziarah ini yang berada di Karbala, Irak. Bahkan, pada tahun 2016 ziarah ini dihadiri oleh 25 juta orang.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Tembok Besar China, Disebut sebagai Pemakaman Terpanjang

3. Ziarah Arbaeen 2015

5 Kumpulan Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah, Sudah Tahu? ilustrasi ziarah arbaeen 2015 (dw.com)

Pertemuan ini sama dengan ziarah Arbaeen 2016. Orang-orang berbondong-bondong untuk datang ke tempat suci yang mereka yakini. Namun, berbeda dari tahun 2016, pada tahun 2015 ziarah Arbaeen dihadiri lebih banyak orang, yaitu sekitar 27 juta orang.

4. Kumbh Mela 2010

5 Kumpulan Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah, Sudah Tahu? ilustrasi kumbh mela 2010 (valerioberdini.photoshelter.com)

Tidak jauh berbeda dengan ziarah Arbaeen. Kumbh Mela merupakan suatu ritual ziarah yang dilaksanakan oleh umat Hindu di India. Ritual ziarah ini dilakukan empat kali dalam periode 12 tahun. Mengejutkannya pada tahun 2010 pertemuan ini dihadiri oleh 60 sampai 80 juta manusia. Dengan ini, membuat ziarah ini menjadi pertemuan terbesar ke-2 sepanjang sejarah manusia.

5. Kumbh Mela 2013

5 Kumpulan Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah, Sudah Tahu? ilustrasi kumbh mela 2013 (toptravelleads.com)

Sama dengan Kumbh Mela 2010. Orang-orang berkumpul di satu tempat untuk melakukan suatu ritual ziarah yang dilakukan empat kali dalam periode 12 tahun. Namun, berbeda dengan tahun 2010. Pada tahun 2013 terjadi peningkatan jumlah orang yang hadir yaitu sebesar 120 juta manusia. Dengan begitu, pertemuan ini berhasil mencetak rekor dalam sejarah sebagai pertemuan atau kumpulan manusia terbesar sepanjang sejarah.

Memahami begitu besarnya antusiasme orang-orang mengenai sesuatu hal tentunya membuat mereka rela berkumpul dalam satu tempat secara bersama-sama. Selain memiliki tujuan yang sama tentunya hal ini juga memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Baca Juga: 10 Potret Chatuchak Weekend Market, Pasar Terbesar di Thailand!

Muhammad Fadlan Nurhadi Photo Writer Muhammad Fadlan Nurhadi

Terimakasih telah membaca artikel saya. Have you enjoy with my artikel. Jika tertarik silahkan baca artikel ku juga yang lain. Have a good day.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya