Comscore Tracker

5 Bentuk Kelainan Ini Justru Membuat "Pengidapnya" jadi Super Spesial

No.5 cukup mengganggu, tapi bisa dimanfaatkan

Tuhan Yang Maha Esa menciptakan manusia dengan segala kehendaknya, setiap manusia punya perbedaan masing-masing. Di antara semua perbedaan karakteristik manusia itu, ada keajaiban tuhan yang dapat terjadi pada manusia. Beberapa orang mungkin akan menganggapnya kelainan, tapi beberapa orang lainnya akan menganggap itu anugerah yang super spesial, jika tahu cara memanfaatkannya dengan baik. Dilansir dari berbagai sumber, 5 bentuk kelainan ini justru membuat "pengidapnya" jadi super spesial lho!

1. Synesthesia alias si perspektif unik

5 Bentuk Kelainan Ini Justru Membuat Pengidapnya jadi Super Spesialnpr.org

Yup, synesthesia secara garis besar menjadikan pengidapnya dapat melihat warna dari sebuah suara. Namun bukan hanya itu, synesthesia mampu membuat pengidapnya mengatakan minuman anggur rasanya persegi, hari senin warnanya biru atau nada-nada musik terlihat terbang diatas ruangan. Menurut penelitian psikolog, 1:2 ribu orang mengalami percampuran persepsi seperti itu.

Orang-orang yang dapat melihat warna dari hari tertentu, atau merasakan keras atau lembeknya angka tertentu, digolongkan mengidap kelainan synesthesia. Hal ini disebabkan oleh sebuah indera yang dipengaruhi atau bahkan tercampur oleh indra lainnya.

2. Photograpic memory atau ingatan fotografik

5 Bentuk Kelainan Ini Justru Membuat Pengidapnya jadi Super Spesialplaybuzz.com

Kelainan ini menyebabkan pengidapnya dapat mengingat suatu momen dengan sangat akurat. misalnya seorang pengidap photograpic memory dapat mengingat kenangan masa kecilnya dengan sangat akurat. Ia akan ingat kapan dia melakukan apa, di hari apa, jam berapa, dengan siapa dan bahkan kenapa.

Hal tersebut merupakan kapasitas atau potensi dari otak kanan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa otak kanan itu dikenal sebagai image brain. Sehingga metode apa pun yang bisa menstimulasi otak kanan atau metode yang bisa memperkuat sirkuit otak kanan, maka dengan sendirinya akan dapat menstimulasi photograpic memory tersebut. Tentunya kemampuan ini masih bisa dilatih oleh orang yang bukan pengidap sekalipun.

Baca Juga: Bukan Super Hero! Ada Orang Punya Kelainan Genetik Langka yang Gak Bisa Merasakan Sakit

3. Savant syndrome alias ahli luar biasa dalam suatu hal

5 Bentuk Kelainan Ini Justru Membuat Pengidapnya jadi Super Spesialsynapsesem.com

Ditandai dengan beberapa ketidakmampuan fisik atau mental, tapi pengidap kelainan ini akan memiliki kemampuan luar biasa di bidang tertentu seperti musik, seni, visual dan matematika. Menurut para ahli, penderita savant syndrome memiliki kemampuan memori yang sangat baik, terutama dalam hal tertentu. 

4. Congenital analgesia alias kelainan kebal terhadap luka

5 Bentuk Kelainan Ini Justru Membuat Pengidapnya jadi Super Spesialrebanas.com

Penyakit ini adalah gangguan dan kemunduran sistem saraf yang membuat pengidapnya kehilangan rasa sakit dari luar. Pengidap penyakit ini tetap dapat merasakan tekanan dan sentuhan. namun mereka tidak dapat merasakan sakit ataupun perubahan suhu pada tubuh. Perlu diingat bahwa pengidap congenital analgesia tetap memerlukan penanganan medis serius terlebih saat mereka mendapatkan luka yang mengancam nyawa.

5. Hyperthymesia alias si ingatan super prima

5 Bentuk Kelainan Ini Justru Membuat Pengidapnya jadi Super Spesialmentalfloss.com

Kelainan ini adalah gangguan neuropsikologi yang sangat langka. pengidapnya memiliki ingatan prima dan tidak bisa melupakan semua hal yang pernah sertadi semasa hidup, mampu mengingat segala hal secara detail seperti nama, tanggal, kejadian, waktu, bahkan warna baju yang dikenakan dirinya atau orang lain. Berbeda dengan pengidap photograpic memory, pengidap kelainan ini tidak bisa mengontrol hal-hal yang tidak ingin diingat, seperti kejadian buruk masa lalu.

Itulah lima kelainan yang justru membuat pengidapnya seperti manusia super, orang yang super spesial. Adakah di antara kamu yang juga mengalaminya? Jangan khawatir, kamu hanya perlu mencari tahu manfaat positif dari hal yang membuatmu spesial itu. Kamu akan berpotensi lebih hebat dari kebanyakan orang lain.

Baca Juga: Tahu Lebih Dekat Kelainan Bipolar, Kamu Termasuk atau Gak?

Zachary Styles Photo Community Writer Zachary Styles

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You