Comscore Tracker

5 Fakta Ilmiah di Kehidupan Sehari-hari yang Sering Tidak Kamu Sadari

Fakta yang ada di keseharianmu yang tidak disadari

Manusia tak luput dari keseharian yang rutin dijalani. Kebiasaan yang rutin dijalani sering kali dianggap sebagai suatu hal yang normal. Artinya, kita akan langsung menerima begitu saja aktivitas tersebut, tanpa memikirkannya lebih dalam.

Akibat dari pembiasaan itu, kamu jadi tidak menyadari bahwa ada fakta ilmiah di balik tiap kebiasaan kita. Seperti apa saja contohnya? Yuk simak artikel di bawah:

1. Daya ingat meningkat ketika menutup mata 

5 Fakta Ilmiah di Kehidupan Sehari-hari yang Sering Tidak Kamu Sadariilustrasi menutup mata (pexels.com/Cup of Couple)

Kamu pernah gagal untuk mengingat sesuatu? Ternyata ada cara untuk mengingat dengan lebih teliti yang sudah biasa kamu lakukan, lho. Ketika kamu ingin berusaha mengingat sesuatu, cobalah untuk menenangkan diri, lalu pejamkan mata dan cobalah mengingat sesuatu.

Menurut hasil riset yang dilakukan oleh University of Surrey, mengistirahatkan diri selama 15 menit dengan menutup mata setelah mendengarkan sebuah cerita pendek akan membantu kamu untuk mengingat cerita. Dengan cara itu pula para saksi mata dalam suatu kejadian, menutup mata untuk mengingat lebih detail dan akurat.

Baca Juga: 11 Fakta Menakjubkan Kehidupan Leonardo da Vinci, Bukan Pelukis Biasa!

2. Mata berkedip lebih sering ketika membutuhkan lebih banyak aktivitas mental 

5 Fakta Ilmiah di Kehidupan Sehari-hari yang Sering Tidak Kamu Sadariilustrasi aktivitas mental (pexels.com/Cup of Couple)

Ketika melakukan aktivitas yang melibatkan mental, kita membutuhkan istirahat untuk mengurangi stres. Berkedip merupakan salah satu refleks yang secara alami kita punya untuk mengistirahatkan otak.

Berkedip berguna untuk mengistirahatkan otak kita dari perolehan informasi secara terus-menerus. Saat berkedip, otak akan menghentikan sejenak kegiatan dan melakukan istirahat secara mental selama sepersekian detik. Oleh karenanya, kita akan lebih benyak berkedip saat melakukan tugas yang lebih banyak menggunakan aktivitas secara mental untuk mengistirahatkan otak jika sedang stres.

3. Bernapas dan menelan tidak bisa dilakukan secara bersamaan 

5 Fakta Ilmiah di Kehidupan Sehari-hari yang Sering Tidak Kamu Sadariilustrasi makan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terdengar sederhana, tetapi kamu mungkin baru menyadarinya. Ketika kamu menelan sesuatu, dengan otomatis kamu tidak akan bernapas, begitu juga sebaliknya.

Ini terjadi karena sesuatu yang kita telan dan udara yang kita hirup saat sedang bernafas memiliki jalur ke bagian tenggorokan yang sama. Tidak percaya? Silakan coba sendiri.

4. Tinggi badan lebih tinggi saat pagi hari 

5 Fakta Ilmiah di Kehidupan Sehari-hari yang Sering Tidak Kamu Sadariilustrasi tinggi badan (pexels.com/Lany-Jade Mondou)

Kamu mungkin tidak menyadari bahwa tinggi badanmu di pagi hari akan berbeda dengan tinggi badan saat malam hari. Kok bisa? Hal tersebut disebabkan karena gravitasi menekan tulang rawan di bagian tulang belakang dan bagian lainnya, seperti lutut ketika kita berdiri maupun duduk sepanjang hari. Akibatnya, setelah melakukan aktivitas sepanjang hari, tinggi badan kita akan lebih pendek apabila dibandingkan dengan saat pagi hari.

Pada saat kita beristirahat, tulang belakang akan kehilangan tekanan atau disebut dengan dekompresi. Sehingga, saat bangun dari tempat tidur di pagi hari, tinggi badan akan menjadi lebih tinggi.

Baca Juga: Ajaib, 5 Mikroba Ini Bisa Uraikan Sampah Plastik Lho!

5. Tubuh manusia mengandung banyak mikroba 

5 Fakta Ilmiah di Kehidupan Sehari-hari yang Sering Tidak Kamu Sadariilustrasi mikroba (pexel.com/Edward Jenner)

Tahukah kamu tubuh manusia mengandung banyak mikroba? Manusia terbentuk dari triliunan mikroorganisme. Pada setiap sel manusia, terdapat 10 mikroba. Faktanya, tubuh kita mengandung mikroba yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah sel yang kita miliki.

Walaupun terdengar mengerikan, namun justru mikroba yang terkandung dalam tubuh manusia sangat diperlukan keberadaannya karena membantu fungsi tubuh, seperti berguna untuk mencerna makanan, mengatur sistem kekebalan tubuh, melindungi kita dari bakteri berbahaya dan masih banyak lagi.

 

Nah fakta mana nih yang baru kamu ketahui? Di balik kegiatan sehari-hari yang kamu lakukan ternyata menyimpan fakta.

Tentunya masih banyak fakta yang jarang kita ketahui dalam kegiatan sehari-hari yang kita lakukan. Sekarang, pengetahuanmu tentang keseharianmu sudah bertambah!

Zakiah Ulfiah Photo Writer Zakiah Ulfiah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya