Comscore Tracker

Tahu Gen Keturunan yang Kamu Bawa Itu Penting, Ini 7 Manfaat Nyatanya!

Apakah kamu tahu 8 Maret adalah hari genetika sedunia?

Tanggal 9 Maret adalah hari perayaan genetika sedunia. Kalian pasti bertanya-tanya, “Kenapa genetika saja perlu dirayakan?” Jawabannya satu: itu karena genetika sangatlah penting. 

Dalam dunia ilmu pengetahuan dan medis, perkembangan informasi tentang genetika sangatlah banyak memberikan manfaat. Obat-obatan yang mengobatimu saat ini tidak lain merupakan salah satu keberhasilan dari para ilmuwan yang mencoba memahami genetik yang kita alami.

Namun lebih dari itu, memahami genetika juga merupakan cara untuk memahami diri kita sebagai manusia. Berikut ini adalah manfaat-manfaat dari genetika kita.

1. Genetik dapat menginformasikan kita tentang keluarga

Tahu Gen Keturunan yang Kamu Bawa Itu Penting, Ini 7 Manfaat Nyatanya!karuski.co.uk

Apakah kamu tahu bahwa genetika yang mendiami dirimu merupakan copy-an dari genetika ayah dan ibumu? Cobalah kamu lihat foto-foto masa muda mereka dan kamu akan melihat dirimu di zaman itu. Dengan menelusuri copy-an genetika tersebut, bukan tidak mungkin kamu bisa mengetahui siapakah leluhurmu sebelumnya.

2. Genetika juga menginformasikan bahwa masing-masing dari kita itu unik

Tahu Gen Keturunan yang Kamu Bawa Itu Penting, Ini 7 Manfaat Nyatanya!es.survley.com

Sebagai instruksi di dalam sel, tiap genetik orang ternyata berbeda-beda. Walaupun kamu dan adik atau kakakmu merupakan copy-an ayah dan ibu, menariknya tak pernah ditemukan genetika yang sama di antara hubungan saudara kandung tersebut.

Karena itulah, walaupun mirip, tetapi penampilan dan bentuk tubuhmu berbeda dari saudaramu tersebut. Jadi selalu berbanggalah terhadap dirimu sendiri.

3. Kamu juga bisa mengetahui bagaimana dirimu tumbuh dan berkembang

Tahu Gen Keturunan yang Kamu Bawa Itu Penting, Ini 7 Manfaat Nyatanya!socialsamosa.com

Menilik genetikamu ternyata juga bisa membuatmu mengetahui pertumbuhanmu. DNA yang ada di dalam 23 pasang kromosommu tersebut banyak dipengaruhi oleh hal-hal lain di luar tubuh, seperti: makanan, aktivitas dan banyak hal lainnya. Karena itu, ilmuwan yang mempelajari genmu seperti cenayang yang dapat melihat masa lalu, karena dia dapat menebak apa saja yang dilakukan selama kamu hidup.

Baca Juga: Bayi Pertama yang Dimodifikasi Genetiknya Dilahirkan di Tiongkok

4. Solusi dari penyakit yang saat ini kamu derita bisa jadi datang dari genetikmu

Tahu Gen Keturunan yang Kamu Bawa Itu Penting, Ini 7 Manfaat Nyatanya!cc-sd.edu

Pasti pernah mendengar istilah penyakit turunan. Itu adalah istilah untuk penyakit yang dimiliki oleh keluargamu.

Hal tersebut terus diturunkan kepada generasi selanjutnya, karena tercatat di dalam genetikamu, akibat mutasi atau perubahan genetik. Terkadang mutasi ini tidak menimbulkan efek apa-apa, namun terkadang pula mutasi menciptakan penyakit.

Jadi jangan kaget jika kamu tiba-tiba terkena penyakit yang pernah diderita orangtuamu atau kakek-nenekmu. Mengetahui genetikamu sedini mungkin bisa menghindarkanmu dari penyakit turunan tersebut.

5. Genmu juga bisa menjadi langkah menyelamatkan umat manusia

Tahu Gen Keturunan yang Kamu Bawa Itu Penting, Ini 7 Manfaat Nyatanya!tasteforlife.com

Seperti yang tadi telah dikatakan, berkat hadirnya gen di sel kita, tiap orang memiliki keunikan tersendiri. Keunikan ini ada kalanya membuatmu bertahan dari penyakit mematikan, yang umumnya bisa diderita dan membunuh orang lain.

Ilmuwan bisa mempelajari kelainan genetikmu ini dan mencari solusi dari penyakit mematikan itu. Ingat, mereka bisa menjelajahi masa lalumu. Siapa tahu ada makanan di masa lalu yang masuk ke dalam tubuhmu, yang membuat kamu memiliki kondisi imunitas tersebut.

6. Genetika dapat membantumu untuk lebih mudah dikenali

Tahu Gen Keturunan yang Kamu Bawa Itu Penting, Ini 7 Manfaat Nyatanya!freelancer.com

Kita tidak berharap ini terjadi. Tapi jika suatu saat kamu mengalami kecelakaan yang mengenaskan dan membuatmu mati hingga tidak dikenali, genmulah yang akan bertindak sebagai KTP. Lewat rambut, gigi, kulit, atau lainnya, orang-orang dapat mencari tahu siapakah kamu dan menginformasikannya ke kerabatmu.

7. Bukan tidak mungkin mempelajari genetika dapat membuatmu menjadi manusia super

Tahu Gen Keturunan yang Kamu Bawa Itu Penting, Ini 7 Manfaat Nyatanya!earth.com

Ada sebuah topik kontroversial di kalangan ilmuwan, yang dinamakan rekayasa genetika. Ini adalah sebuah proses di mana genmu diubah secara sengaja untuk mendapatkan suatu hasil tertentu. Umumnya yang ingin dicapai adalah kemampuan fisik yang sangat tinggi, lebih dari orang pada umumnya.

Isu ini kontroversial dikarenakan rekayasa genetika terkadang harus melalui proses yang sangat menyakitkan. Oleh karena itu, orang-orang menganggapnya sebagai hal yang tidak manusiawi. Ibarat taruhan, rekayasa genetika bisa membuatmu terkena penyakit atau mendapatkan kemampuan super.

Sekarang kamu tahu kan kenapa genetik pun perlu mendapat hari perayaan? Percaya deh, sebagian besar hal yang ada di hadapanmu sekarang banyak terinspirasi dari genetika sebelumnya dan akan mempengaruhi genetikamu. Entah itu makanan, minuman, pakaian, apapun itu.

Baca Juga: Wow, 8 Hal Penting Ini Ternyata Disebabkan oleh Faktor Genetik Lho!

Topic:

  • Abraham Herdyanto
  • Bayu D. Wicaksono

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 11:00:04

Progress: 751.508 dari 813.350 TPS (92.39663%)

Just For You