Comscore Tracker

7 Percobaan Rumahan Ini Buatmu Makin Yakin: "Sains Itu Menyenangkan!"

Karena kebanyakan teori sains di sekolah tak dipraktikkan

Selama ini kita selalu diajarkan tentang sains, seperti fisika dan kimia yang hanya melalui teori saja. Itu membuat pandangan kebanyakan orang terhadap ilmu tersebut membosankan.

Kenyataannya sains itu menyenangkan dan untuk mengetahuinya, tentu saja kamu harus melakukan percobaan dulu. Berikut ini adalah beberapa percobaan sains sederhana tapi mengasyikkan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah!

1. Membuat gelas menghilang

https://www.youtube.com/embed/OZxtwIc3ieM

Masalah gelas menghilang ini disebabkan karena pembiasan cahaya. Pembiasan cahaya adalah proses di mana cahaya berbelok dari objek dan menyebabkan kita tidak bisa melihat objek tersebut.

2. Membekukan air seketika

https://www.youtube.com/embed/sQdLttUh_b0

Kamu membutuhkan air yang sudah dimurnikan dalam uji coba ini. Air yang sudah murni tersebut perlu didinginkan terlebih dahulu, sebelum akhirnya dapat membeku seketika, saat mendapatkan udara.

3. Membuat lumpur ajaib

https://www.youtube.com/embed/_0J4dRqg7CE

Materi utamanya adalah kentang. Lewat percobaan ini, kamu akan menemukan hal yang berupa benda padat yang akan menjadi cair seketika kamu mendiamkannya. 

Baca Juga: 5 Eksperimen Simple Ini Buktikan Sains Itu Seru, Bisa Dicoba di Rumah

4. Membuat lava lamp sendiri

https://www.youtube.com/embed/ugzsjlBMmKI

Lampu lava selalu menarik perhatian karena warnanya menenangkan dan unik. Selain itu gelembung-gelembungnya yang naik turun secara perlahan membuat betah melihatnya. Ternyata hal itu bisa kamu buat sendiri.

5. Menghidupkan pasir

https://www.youtube.com/embed/tJHM5LCpT4w

Caranya adalah dengan menyediakan pasir yang dicampur bahan kimia tahan air. Setelah itu, pasir yang sudah mengental itu dicampurkan dengan serbuk besi. Nantinya kamu bisa menggerakkan pasir itu tanpa perlu menyentuhnya. Yang kamu perlukan sebuah magnet.

6. Membuat tornado dalam botol

https://www.youtube.com/embed/8Ft5I8mO11Q

Percobaan ini gampang. Kamu cukup butuh dua botol, sebuah tabung yang bisa menghubungkan kedua botol, dan air. Putar botol bagian atas yang terisi air dan lihat bagaimana hasilnya.

7. Membuat pelangi dalam gelas

https://www.youtube.com/embed/WNYFUmKiqaU

Kamu bisa mencoba dengan warna lain. Yang diperlukan adalah air gula dengan empat warna yang berbeda. Nantinya kamu akan menumpuk air tersebut secara perlahan. Air berwarna itu tidak bercampur karena memiliki massa jenis yang berbeda.

Semua percobaan ini menarik untuk dilakukan dan lebih menarik lagi jika kamu mempelajarinya. Lihat kan? Sains itu menyenangkan. Kamu beranggapan sains itu membosankan karena hanya dipelajari saja secara teori dan tidak pernah melakukan percobaannya. Coba praktikkan deh!

Baca Juga: 7 Percobaan Sains Sederhana Ini Pasti Sering Kamu Praktikkan Saat Kecil

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya