Comscore Tracker

Unik! Ditemukan Spesies Ikan Hiu Berjalan di Indonesia, Bukan Berenang

Kalau berjalan pasti lama banget ya nangkep mangsanya...

Kita tak bisa memungkiri bahwa hiu jadi salah satu ikan paling menyeramkan di lautan. Bagaimana tidak, sifatnya yang buas dan seolah-olah selalu mampu menangkap mangsanya membuat hiu mampu menghantui segala kehidupan di dalam laut. Sebagai contoh gampangnya, Hiu Putih, si predator yang paling ditakuti.

Akan tetapi, tidak selamanya yang namanya hiu itu menyeramkan. Pasalnya, baru-baru ini ditemukan jenis hiu yang tidak semenyeramkan biasanya.

Ya, hiu yang baru ditemukan ini tidak berenang, melainkan berjalan. Mau tahu informasi lengkap dari hiu berjalan ini? Baca terus sampai habis ya.

1. Menemukan empat spesies hiu baru

Unik! Ditemukan Spesies Ikan Hiu Berjalan di Indonesia, Bukan Berenangkmov.com

Laporan dari UPI mengatakan bahwa para peneliti dari Australia telah menemukan empat jenis spesies hiu terbaru yang bisa berjalan. Dalam jurnal Marine and Freshwater Research, para peneliti membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengambil sampel DNA dari spesies hiu yang bisa berjalan ini, supaya tahu kapan mereka berevolusi.

2. Sudah ada sejak 9 juta tahun lalu

Unik! Ditemukan Spesies Ikan Hiu Berjalan di Indonesia, Bukan Berenangnewatlas.com

Selama ini, yang kita tahu adalah hiu itu pasti berenang. Namun, fakta telah berubah dan kamu harus menerima bahwa ada hiu yang berjalan, di mana itu tidak pernah ditemukan sebelumnya. Terlebih, hiu yang bisa berjalan ini sudah berkeliaran sejak 9 juta tahun yang lalu, dan manusia baru bisa menemukannya sekarang, demikian dilansir dari CNN.

3. Berjalan dengan sirip berotot

Unik! Ditemukan Spesies Ikan Hiu Berjalan di Indonesia, Bukan Berenangallthatsinteresting.com

Pastinya kamu bertanya-tanya kan bagaimana caranya hiu ini bisa berjalan. Mereka memang punya sirip, walaupun fungsi dari siripnya berbeda.

Karena, hiu-hiu ini tidak menggunakan sirip mereka untuk berenang, tapi untuk berjalan. Uniknya, sirip mereka ini berotot sehingga memungkinkan para hiu ini untuk berjalan alih-alih berenang.

Baca Juga: Bagaimana Rasanya Digigit Hiu Ganas? Kamu Akan Tahu dari Prosesnya Ini

4. Mencari mangsa yang bersembunyi di bagian bawah laut

Unik! Ditemukan Spesies Ikan Hiu Berjalan di Indonesia, Bukan Berenangaustraliascience.tv

Dengan adanya hiu yang bisa berjalan, maka itu berarti kabar buruk bagi mangsa-mangsa hiu. Jika mangsa-mangsa ini berenang kabur di lautan, maka mereka kemungkinan besar bisa tertangkap oleh hiu buas lainnya yang bisa berenang. Tapi jika mereka lebih suka bersembunyi, bukan hiu yang berenang yang akan menemukan mereka, melainkan hiu berjalan.

Pasalnya, hiu berjalan juga punya spot favorit untuk mencari mangsa mereka. Adapun spot favorit itu adalah terumbu karang yang dangkal dan rumput laut tempat para mangsa bersembunyi.

5. Ditemukan di beberapa negara, salah satunya Indonesia

Unik! Ditemukan Spesies Ikan Hiu Berjalan di Indonesia, Bukan Berenangjetsetta.com

Usut punya usut, rupanya beberapa negara memang dipenuhi dengan keanekaragaman hayati seperti hiu berjalan ini, di antaranya adalah Indonesia (lebih tepatnya bagian timur), Australia bagian utara, dan New Guinea. Oleh karena itu, ketua dari peneliti bernama Dr. Christine Dudgeon menyatakan bahwa mereka akan mengungkap kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Bahkan, Dudgeon juga berkomitmen untuk mencari spesies baru lainnya. Menurutnya, diprediksi masih akan ada jenis hiu berjalan lain yang bisa ditemukan di daerah Indonesia dan Australia.

6. Perlu pengakuan global untuk melindungi hiu berjalan

Unik! Ditemukan Spesies Ikan Hiu Berjalan di Indonesia, Bukan Berenangflipboard.com

Selain itu, hiu berjalan juga perlu diperlakukan seperti hiu-hiu yang terancam punah lainnya. Sebab, sangat sedikit spesies hiu berjalan yang baru ditemukan. Dengan demikian, populasi mereka pun masih sedikit dan tidak akan banyak ditemukan.

Oleh karena itu, dibutuhkan pengakuan secara global demi melindungi hiu berjalan ini. Pemerintah harus bisa berkolaborasi dengan komunitas lokal dan masyarakat untuk bersama-sama melindungi hiu unik ini.

7. Punya manfaat untuk ekosistem laut

Unik! Ditemukan Spesies Ikan Hiu Berjalan di Indonesia, Bukan Berenangiflscience.com

Tidak hanya itu, hiu berjalan juga harus dibiarkan berkembang karena berpotensi memberikan manfaat bagi ekosistem laut, terutama dalam hal keseimbangan. Lebih-lebih, masyarakat juga bisa menilai hiu berjalan sebagai aset pariwisata yang memungkinkan bisa mendatangkan keuntungan.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu seputar hiu berjalan. Kalau kamu ketemu mereka di laut, kira-kira kamu bakal ketakutan gak?

Baca Juga: 7 Spesies Ikan Hiu Paling Menakutkan di Dunia, Siap Menerjangmu!

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya