Comscore Tracker

Unik! Ditemukan Spesies Ikan Hiu Berjalan di Indonesia, Bukan Berenang

Kalau berjalan pasti lama banget ya nangkep mangsanya...

Kita tak bisa memungkiri bahwa hiu jadi salah satu ikan paling menyeramkan di lautan. Bagaimana tidak, sifatnya yang buas dan seolah-olah selalu mampu menangkap mangsanya membuat hiu mampu menghantui segala kehidupan di dalam laut. Sebagai contoh gampangnya, Hiu Putih, si predator yang paling ditakuti.

Akan tetapi, tidak selamanya yang namanya hiu itu menyeramkan. Pasalnya, baru-baru ini ditemukan jenis hiu yang tidak semenyeramkan biasanya.

Ya, hiu yang baru ditemukan ini tidak berenang, melainkan berjalan. Mau tahu informasi lengkap dari hiu berjalan ini? Baca terus sampai habis ya.

1. Menemukan empat spesies hiu baru

Unik! Ditemukan Spesies Ikan Hiu Berjalan di Indonesia, Bukan Berenangkmov.com

Laporan dari UPI mengatakan bahwa para peneliti dari Australia telah menemukan empat jenis spesies hiu terbaru yang bisa berjalan. Dalam jurnal Marine and Freshwater Research, para peneliti membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengambil sampel DNA dari spesies hiu yang bisa berjalan ini, supaya tahu kapan mereka berevolusi.

2. Sudah ada sejak 9 juta tahun lalu

Unik! Ditemukan Spesies Ikan Hiu Berjalan di Indonesia, Bukan Berenangnewatlas.com

Selama ini, yang kita tahu adalah hiu itu pasti berenang. Namun, fakta telah berubah dan kamu harus menerima bahwa ada hiu yang berjalan, di mana itu tidak pernah ditemukan sebelumnya. Terlebih, hiu yang bisa berjalan ini sudah berkeliaran sejak 9 juta tahun yang lalu, dan manusia baru bisa menemukannya sekarang, demikian dilansir dari CNN.

3. Berjalan dengan sirip berotot

Unik! Ditemukan Spesies Ikan Hiu Berjalan di Indonesia, Bukan Berenangallthatsinteresting.com

Pastinya kamu bertanya-tanya kan bagaimana caranya hiu ini bisa berjalan. Mereka memang punya sirip, walaupun fungsi dari siripnya berbeda.

Karena, hiu-hiu ini tidak menggunakan sirip mereka untuk berenang, tapi untuk berjalan. Uniknya, sirip mereka ini berotot sehingga memungkinkan para hiu ini untuk berjalan alih-alih berenang.