Comscore Tracker

Yakin di Dunia Gak Ada yang Abadi? Karena Pohon Ini Bisa loh!

Hidupnya sudah ribuan tahun, beda cerita kalau ada bencana

Di dunia ini, segala sesuatu yang diciptakan hidup pada akhirnya pasti akan menemui yang namanya kematian. Akan tetapi, berbeda dengan pohon. Pasalnya, beberapa pohon memang dapat bertahan hidup selama ratusan tahun, ribuan tahun, atau bahkan tidak akan pernah mati alias abadi.

Maka dari itu, muncul lah pertanyaan, memangnya ada ya pohon yang dapat hidup selama ribuan tahun atau bahkan abadi? Untuk menemukan jawabannya, baca informasi selengkapnya di bawah ini ya.

1. Pohon ginkgo bisa hidup lebih dari 1000 tahun

Yakin di Dunia Gak Ada yang Abadi? Karena Pohon Ini Bisa loh!slate.com

CNN melaporkan bahwa pohon yang bisa hidup lebih dari 1000 tahun memang ada. Adalah pohon ginkgo jawabannya.

Usut punya usut, para peneliti mendapati bahwa pohon ginkgo tidak pernah berhenti tumbuh sehingga memiliki potensi untuk hidup selama ribuan tahun. Hasil penelitian tersebut pun mereka tuang ke dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences (PNAS).

2. Diperkirakan bisa hidup abadi

Yakin di Dunia Gak Ada yang Abadi? Karena Pohon Ini Bisa loh!myfrenchforrest.com

Selain itu, penelitian yang dipimpin oleh Richard Dixon dari University of North Texas serta Jinxing Lin dari Beijing Forestry University ini mengungkapkan kalau pohon ginkgo tampaknya memang dipersiapkan untuk keabadian. Jadi, selain bisa hidup selama ribuan tahun, mereka masih bisa hidup lebih lama lagi hingga menjadi pohon yang abadi.

3. Terus memproduksi bahan kimia pelindung anti penyakit dan kekeringan

Yakin di Dunia Gak Ada yang Abadi? Karena Pohon Ini Bisa loh!myfrenchforest.com

Biasanya, pohon yang sudah menua akan mulai rentan penyakit dan mengalami kekeringan. Kemudian, cepat atau lambat pohon-pohon ini akan mati. Berbeda dengan yang terjadi dengan pohon pada umumnya, pohon ginkgo justru terus menghasilkan bahan kimia pelindung.

Ternyata, bahan kimia tersebut memang melindungi pohon ginkgo dari penyakit dan kekeringan. Alhasil, mereka akan terus bertahan hidup dan meneruskan perjuangan mereka untuk hidup selama ribuan tahun.

Baca Juga: Coba Bayangkan, Ini yang Terjadi jika Semua Pohon di Bumi Menghilang

4. Kebanyakan ditemukan di Tiongkok

Yakin di Dunia Gak Ada yang Abadi? Karena Pohon Ini Bisa loh!sconzani.com

Pohon ginkgo sendiri merupakan tanaman asli dari Tiongkok. Pohon ini dikenal dengan ciri khasnya yang memiliki daun menyerupai kipas dan warnanya akan berubah jadi kuning mentega ketika musim gugur tiba.

Oleh karena itu, para peneliti memilih untuk melakukan penelitian di Tiongkok, atau lebih tepatnya di provinsi Jiangsu dan Hubei. Adapun pohon yang diteliti berumur kisaran 15 tahun hingga 667 tahun.

5. Langka tapi banyak ditemukan di seluruh dunia

Yakin di Dunia Gak Ada yang Abadi? Karena Pohon Ini Bisa loh!gulfcoastshade.com

Rupanya, pohon ginkgo terdaftar ke dalam pohon yang langka di alam liar, demikian dikutip dari BBC. Kendati begitu, pohon ginkgo banyak ditemukan di seluruh dunia.

Contohnya adalah seperti kebun dan taman. Sama seperti pohon ginkgo lainnya, pohon-pohon ginkgo yang tersebar ke seluruh dunia juga terus bertumbuh, meskipun umurnya semakin tua.

6. Tetap bisa bertumbuh dengan sehat meski tampak luarnya terlihat bobrok

Yakin di Dunia Gak Ada yang Abadi? Karena Pohon Ini Bisa loh!bbc.com

Jika sebuah pohon telah hidup selama ratusan tahun hingga ribuan tahun, maka pohon-pohon tersebut telah melalui berbagai peristiwa yang panjang. Dengan demikian, wajar jika banyak pohon yang sudah bobrok karena pernah tersambar petir atau diguyur badai.

Hebatnya, pohon ginkgo masih dapat bertumbuh secara sehat meskipun sudah dibantai habis-habisan oleh petir dan badai. Itulah alasan kenapa mereka bisa jadi salah satu pohon yang abadi.

7. Pohon ginkgo bukanlah yang tertua

Yakin di Dunia Gak Ada yang Abadi? Karena Pohon Ini Bisa loh!mnn.com

Sejauh ini, pohon ginkgo yang paling tua diperkirakan berumur 3 ribu tahun. Walaupun umurnya sudah sangat tua, ternyata masih ada pohon lain yang lebih tua. Sebab, pohon pinus bristlecone di Pegunungan Putih California masih lebih tua daripada pohon ginkgo dengan mencapai umur 5 ribu tahun.

Itulah bukti nyata bahwa pohon bisa hidup selama ribuan tahun dan berpotensi hidup abadi. Tertarik buat menanam pohon abadi ini?

Baca Juga: 7 Alasan Penting Kenapa Kita Harus Menanam Lebih Banyak Pohon 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya