Comscore Tracker

Tubuh Burung Makin Mengecil karena Cuaca Panas, Simak 7 Temuannya

Pasti gak sadar kan kalau badan burung semakin mengecil?

Sadarkah kamu kalau ternyata ukuran burung semakin menyusut alias mengecil tiap tahunnya? Rupanya, sebuah penelitian baru-baru ini di dalam jurnal Ecology Letters mendapati bahwa badan burung memang semakin mengecil, namun sayapnya justru semakin tumbuh besar. Bukan tanpa sebab, hal tersebut dikarenakan perubahan iklim ketika cuaca menjadi panas.

Adapun penelitian ini dilangsungkan selama 40 tahun lamanya kepada berbagai spesies burung. Usut punya usut, ternyata perubahan yang dialami para burung ini merupakan respons terhadap iklim yang panas. Kendati begitu, tentu kamu pasti bertanya-tanya, bagaimana bisa? Untuk itu, simak ulasannya.

1. Semua spesies burung mengalami hal yang sama

Tubuh Burung Makin Mengecil karena Cuaca Panas, Simak 7 Temuannyabirdwatchingdaily.com

Asisten Profesor di University of Michigan Brian Weeks melalui BBC mengatakan bahwa hampir semua spesies burung memang semakin mengecil ukuran badannya. Menurutnya, meskipun burung memiliki spesies yang sangat banyak, namun mereka serentak memiliki respons yang sama terhadap cuaca panas, yaitu badan menyusut dan sayap melebar. Maka dari itu, Weeks mengaku terkejut dengan kekompakan tersebut.

2. Kaki burung mengecil 2,4 persen dan sayap melebar 1,3 persen

Tubuh Burung Makin Mengecil karena Cuaca Panas, Simak 7 Temuannyanypost.com

Fenomena penyusutan burung ini rupanya sudah disadari sejak 1978 silam. Sejak tahun itu hingga 2016, penelitian menyatakan bahwa kaki bagian bawah burung menyusut sebanyak 2,4 persen.

Sementara itu, dalam waktu yang sama, sayap burung justru semakin melebar 1,3 persen. Dengan demikian, bukti ini membuktikan bahwa suhu yang panas memang menyebabkan ukuran tubuh burung menjadi lebih mengecil, walaupun sayapnya jadi melebar.

3. Mempermudah migrasi burung

Tubuh Burung Makin Mengecil karena Cuaca Panas, Simak 7 Temuannyafreeimagegallary1

Kamu pastinya sering melihat bahwa burung suka bermigrasi di mana mereka terbang dari satu tempat ke tempat lainnya secara bersamaan. Kalau kamu melihat banyak burung yang terbang secara rombongan sehingga seolah-olah langit jadi penuh, maka kamu sedang melihat mereka bermigrasi.

Mungkin kelihatannya migrasi itu mengasyikkan, namun sebenarnya migrasi burung adalah hal yang sangat melelahkan. Weeks menjelaskan kalau burung memiliki ukuran tubuh yang kecil, maka dia akan lebih mudah kecapekan. Oleh karena itu, meskipun kini badan burung menyusut, tapi mereka masih diimbangi oleh sayap mereka yang lebar. Tentu hal ini membuat burung semakin mudah bermigrasi.

Baca Juga: Ini 9 Bukti bahwa Burung Gagak Jauh Lebih Pintar dari yang Kamu Kira 

4. Wajar kalau mengecil di suhu panas

Tubuh Burung Makin Mengecil karena Cuaca Panas, Simak 7 Temuannyaaviculture.co

CNN melaporkan bahwa semua hewan yang berada di tempat panas memang cenderung memiliki badan yang lebih kecil. Lebih-lebih, peneliti sepakat bahwa hal tersebut sesuai dengan Hukum Bergmann. Pasalnya, jika kamu perhatikan hewan-hewan yang berada di lingkungan yang dingin, maka mereka memiliki tubuh yang lebih besar supaya bisa menghangatkan tubuh.

Dengan demikian, wajar jika tubuh burung semakin menyusut. Sebab, kebanyakan dari mereka tinggal di tempat bercuaca panas kan?

5. Kemampuan hewan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan

Tubuh Burung Makin Mengecil karena Cuaca Panas, Simak 7 Temuannyabeautifulwallpapersfordesktop

Setelah menemukan penemuan ini, para peneliti berencana untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Kali ini, mereka ingin mencari tahu apakah fenomena menyusutnya ukuran tubuh burung ini adalah kemampuan dari setiap hewan atau bukan. Sebab, mereka berasumsi kalau setiap hewan bisa menyesuaikan dirinya dengan perubahan yang terjadi pada lingkungan sekitarnya, termasuk burung ini.

6. Lebih untung kalau semakin mengecil

Tubuh Burung Makin Mengecil karena Cuaca Panas, Simak 7 Temuannyabirdspigeons

Pandangan lain datang dari seorang ahli ilmu burung bernama David Willard. Baginya, karena kini semua tempat semakin menghangat, maka tempat burung untuk berkembang biak juga menjadi hangat. Dengan begitu, Willard mengklaim bahwa burung justru semakin untung jika badan mereka menjadi lebih mengecil.

7. Hewan lain juga ikut menyusut

Tubuh Burung Makin Mengecil karena Cuaca Panas, Simak 7 Temuannyawallpapersdsc.net

5 tahun lalu, atau pada tahun 2014, peneliti telah menemukan hewan lain yang juga turut menyusut seperti burung karena suhu yang memanas. Adalah kambing Alpine yang badannya juga mengecil karena perubahan cuaca yang menjadi panas. Tidak hanya itu, mereka juga mendapati bahwa salamander juga menyusut dengan cepat karena perubahan iklim ini.

Jangan kaget ya kalau tiba-tiba burung peliharaan kamu di rumah ikut-ikutan mengecil tubuhnya. Sebab, itu adalah hal yang wajar!

Baca Juga: Jangan Main-main dengan 7 Jenis Burung Ini, kalau Tidak Ingin Terluka!

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You