Comscore Tracker

Siapa Sangka, 4 Penemuan Ini Tercipta karena Inventornya Depresi Berat

Gak selalu bermakna buruk, kan?

Kita cenderung menganggap kalau seseorang yang mengidap depresi tentunya sangat sulit untuk menjalani kehidupan seperti orang normal pada umumnya. Tapi itu gak sepenuhnya benar. Pada kenyataannya, masa-masa sulit justru membuat otak seseorang bekerja lebih aktif. Banyak musisi yang berhasil menciptakan lagu fenomenalnya justru karena dilanda depresi, dan masih banyak contoh lainnya.

Berikut ini, ada penemuan-penemuan positif yang diciptakan oleh seseorang yang justru sedang mengalami depresi berat. Apa saja? Yuk, kita ulas!

1. Leo Fender: depresi karena pengangguran, namun berhasil membangun pabrik alat musik

Siapa Sangka, 4 Penemuan Ini Tercipta karena Inventornya Depresi Beratelevenwarriors.com

Leo Fender adalah seorang pengangguran yang lamarannya selalu ditolak, hingga akhirnya dia mengalami depresi berat. Menurut The Vintage News, entah bagaimana ia berhasil meminjam US$600 untuk mengotak-atik radio menjadi bisnis awalnya, dan akhirnya mulai mengkhususkan diri membuat amplifier untuk musisi lokal.

Dia kemudian bermitra dengan Doc Kauffman untuk membuat gitar baja lap listrik. Pada tahun 1950, Fender Musical Instruments Corporation menjual gitar listrik produksi massal pertama bernama Fender Telecaster.

Bintang dan musisi seperti Jimi Hendrix, Buddy Holly, Stevie Ray Vaughan, dan Mark Knopfler telah membeli gitar Fender. Fender sendiri meninggal pada tahun 1991, dan ia gak pernah benar-benar belajar memainkan instrumen, karena ia habiskan seluruh hidupnya demi membangun dan menyempurnakan bisnisnya itu.

2. Charles Darrow: putus asa, kemudian menciptakan permainan papan Monopoli

Siapa Sangka, 4 Penemuan Ini Tercipta karena Inventornya Depresi Beratmeteoweb.eu

Tahukah kamu, bahwa versi asli permainan Monopoli dibuat oleh orang yang mengalami depresi berat? Permainan itu dipatenkan pada tahun 1903 oleh Lizzy Magie, yang disebut "Game Landlord." Permainan ini sebenarnya berhubungan dengan sistem politik, yang dimaksudkan sebagai kejahatan kapitalisme. Namun pada akhirnya, banyak orang-orang yang memainkan dan menyukainya.

Menurut The Guardian, pada tahun 1932, seorang pria pengangguran dan putus asa bernama Charles Darrow memutuskan untuk mendesain ulang Game Landlord, dan kemudian ia menjualnya ke Parker Brothers, kemudian menjadi seorang milyuner. Setelah itu, ketika ditanya bagaimana dia mendapatkan ide fenomenalnya, dia hanya mengangkat bahu dan berkata, "Ini aneh. Benar-benar tidak terduga dan tidak logis."  Monopoli menjadi hits karena perkembangan zaman.

Baca Juga: Jubah Menghilang Harry Potter Ternyata Benar Ada, Ini 4 Penemuannya!

3. Tanpa depresi ekonomi di Amerika, mungkin gak ada taman nasional

Siapa Sangka, 4 Penemuan Ini Tercipta karena Inventornya Depresi Beratthenation.com

Pada 1930-an, politisi merancang sejumlah program besar untuk membebaskan negaranya dari depresi ekonomi. Salah satu yang paling sukses adalah Korps Konservasi Sipil/Civilian Conservation Corps (CCC), sebuah program yang menempatkan 500 ribu pemuda untuk bekerja sebagai konservasionis.

Menurut History, CCC hanya bertahan sembilan tahun, tetapi pada satu titik mereka memperkerjakan 5 persen dari populasi laki-laki di Amerika. Sistem taman nasional tersebut menciptakan banyak jalur, tempat berkemah, dan struktur taman nasional yang awalnya dibangun oleh CCC. Dan juga, Korps banyak melakukan penyelamatan, mereka bertanggung jawab atas lebih dari setengah upaya reforestasi Amerika, menanam lebih dari 3,5 miliar pohon untuk menggantikan akibat kebakaran hutan, pertanian, operasi kayu, dan erosi.

Korps Konservasi Sipil dibangkrutkan pada tahun 1942 sebagian besar karena uang mereka dialihkan ke upaya perang. Namun menjadi model untuk program konservasi serupa yang masih beroperasi saat ini.

4. Gagasan ekonomi terkemuka tercipta karena depresi besar suatu negara

Siapa Sangka, 4 Penemuan Ini Tercipta karena Inventornya Depresi Beratnytimes.com

Kali ini kita berbicara tentang ekonomi, karena ekonomi adalah kekuatan manusia untuk bertahan hidup. Karena ekonomi, manusia bisa bekerja dan menghasilkan uang. Tetapi gagasan "ekonomi" gak benar-benar ada sampai terjadinya depresi besar.

Menurut NPR, ketika depresi besar melanda, semua hal menjadi buruk dan gak terkendali. Dalam keadaan rentan, pada titik kegilaan pemerintah Amerika untuk memperbaiki keadaan, seseorang muncul dengan gagasannya, yang merupakan cara untuk mengungkapkan nilai barang dan jasa yang dihasilkan Amerika. (Dewasa ini kita menyebutnya "produk domestik bruto.")

Orang-orang menyukai ide tersebut, karena itu adalah alat pengukur yang bisa mereka gunakan untuk memahami seberapa buruk atau seberapa besar peningkatannya. Hari ini, "ekonomi" adalah titik buka suara bagi politisi dan salah satu hal yang kita pertimbangkan di bilik suara.

Itu dia segelintir penemuan yang diciptakan karena depresi yang melanda. Tapi banyak orang belum tahu bahwa bukan manusia saja yang bisa dilanda depresi, tapi negara pun bisa.

Baca Juga: Penemuan “Kepala Ayam” di Bawah Laut Ini Bikin Para Netizen Merinding!

Amelia Solekha Photo Community Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You