Comscore Tracker

Ternyata Rasa Bosan Punya Sisi Positifnya, Lho. Begini Kata Ahli! 

Jangan dianggap negatif terus

Rasa bosan biasanya dikaitkan dengan sifat-sifat dan perilaku negatif seperti depresi, impulsif, dan suka mencari perhatian. Rasa bosan jarang sekali dibahas dalam dampak positifnya terhadap seseorang.

Nah, jadi jika seseorang tidak belajar bagaimana memanfaatkan rasa bosan mereka, mungkin itu yang cenderung mengarah pada konsekuensi negatif. Namun, jika seseorang mampu belajar memanfaatkan kebosanan sebagai keuntungan, mungkin ada banyak hasil positifnya. 

Jadi bagaimana ya kebosanan bisa menjadi hal yang baik dan bermanfaat buat kehidupanmu. Coba, nih, dengarkan apa kata peneliti.

1. Memicu kreativitas

Ternyata Rasa Bosan Punya Sisi Positifnya, Lho. Begini Kata Ahli! pexels.com/bruce mars

Jangan ngambek dan galau dulu kalau rasa bosan menghantuimu. Coba, deh berpikir dan merenung sejenak, dengan begitu, kamu membiarkan pikiranmu mengeksplorasi berbagai ide. Kamu bisa menemukan ide bisnis baru atau ide penulisan.

Sebagaimana ditulis Wired.com, menurut dua penelitian pada tahun 2017 di University of Central Lancashire menunjukkan bahwa, kebosanan bisa memicu kreativitas karena pikiran yang cenderung gelisah membutuhkan stimulasi. Rasa bosan inilah yang menciptakan semacam gerak maju kognitif. 

2. Membuat lebih produktif

Ternyata Rasa Bosan Punya Sisi Positifnya, Lho. Begini Kata Ahli! pexels.com/Startup Stock Photos

Kebosanan dapat dimanfaatkan untuk memastikan semua hal dalam hidupmu terkendali. Dalam pekerjaan maupun saat mengerjakan suatu tugas atau proyek tertentu, kamu bisa mengalihkan rasa bosan tersebut untuk mengevaluasi apa yang perlu dilakukan selanjutnya, diperbaiki, atau apa yang seharusnya diselesaikan. Jadi gak ada alasan deadline, dan gak memiliki kerjaan dong, ya.  

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Orang Jatuh Cinta Itu Terlihat Bodoh Menurut Sains!

3. Lebih berorientasi pada tujuan hidup

Ternyata Rasa Bosan Punya Sisi Positifnya, Lho. Begini Kata Ahli! pexels.com/Julian Jagtenberg

Kamu juga dapat mengalihkan kebosanan itu untuk menentukan tujuan jangka pendek atau jangka panjang dalam hidupmu. Pertanyaan ini patut kamu tanyakan pada dirimu, seperti: Apa yang kamu ingin wujudkan dalam 5-10 tahun dari sekarang? Hal ini bisa memberimu waktu untuk merefleksikan tujuan atau rencanamu, agar kamu bisa terus merevisi setiap tujuan atau rencana yang telah ditetapkan.

Kamu tahu kan, kalau rencana terkadang gak sesuai keinginan. Jadi pastikan kamu memikirkan rencana lain agar kebosanan itu tidak menyerangmu balik. 

4. Membuatmu menjadi orang yang lebih baik

Ternyata Rasa Bosan Punya Sisi Positifnya, Lho. Begini Kata Ahli! pexels.com/Stefan Stefancik

Menurut sebuah studi di University of Limerick, kebosanan dapat memberi seseorang waktu untuk merenungkan kehidupan, hubungan, dan pertemanan, baik dulu maupun sekarang.

Nah, hal ini penting, guys! Dengan cara ini, kamu bisa melihat dari segala sisi, apakah semuanya sudah berjalan dengan baik ataupun tidak. Sayangnya, kebanyakan orang tidak memanfaatkan peluang dari rasa bosan ini. Akibatnya banyak orang yang hanya membuang waktunya sia-sia.

Padahal, dengan kesempatan inilah kamu bisa mengubah apa yang salah, agar masa depanmu jauh lebih baik, dan kamu gak perlu berpikir negatif lagi. Dan ini juga bisa memberimu kesempatan untuk mengakui kesalahanmu, sehingga kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama.

5. Memberi kelonggaran secara mental dan fisik

Ternyata Rasa Bosan Punya Sisi Positifnya, Lho. Begini Kata Ahli! pexels.com/Brust

Kebosanan ini memungkinkan kamu untuk bersantai secara mental maupun fisik. Mengistirahatkan pikiranmu sehingga pikiranmu lebih tenang untuk sementara waktu. Yang juga membantu pikiranmu menjadi lebih jernih dan tidak semrawut.

Dengan begitu, kamu gak selalu harus mengejar sesuatu atau terlibat dalam sesuatu yang justru membuatmu tidak bahagia. 

Jadi, alih-alih memandang kebosanan sebagai hal negatif, gunakan rasa bosan itu untuk menciptakan lingkungan yang lebih damai dan kehidupan untuk dirimu sendiri. So, baik-buruknya sesuatu itu kita sendiri lho yang menentukan. Jadi selalu berpikir dan bersikap positif, ya! 

Baca Juga: Kamu Sering Lupa? Menurut Sains, 7 Hal ini Menjadi Penyebabnya

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You