Comscore Tracker

Khawatir Diserang Alien, NASA Pekerjakan Profesor untuk Lindungi Bumi

#SainSeru Kamu percaya bumi bakal diserang alien?

Niat NASA (The National Aeronaustics and Space Administration) untuk melindungi bumi dari serangan alien tidak main-main. Walaupun kekhawatiran akan invasi alien masih dalam perdebatan, tetapi NASA tetap mengambil langkah pencegahan agar bumi siap apabila suatu saat serangan itu benar-benar terjadi.

Hal ini dibuktikan NASA dengan membentuk departemen khusus yang menangani masalah keamanan planet dan misi luar angkasa yang diberi nama Safety and Mission Assurance Department.

1. Pelindung bumi digaji fantastis

Khawatir Diserang Alien, NASA Pekerjakan Profesor untuk Lindungi Bumidunyahalleri.com

Agustus tahun lalu, NASA mengumumkan lowongan bagi siapa pun yang ingin bekerja sebagai pelindung bumi dari invasi alien. NASA menetapkan kriteria khusus dalam menentukan siapa yang cocok untuk menduduki jabatan ini. Gaji yang ditawarkan NASA untuk posisi ini pun tidak main-main, per tahun NASA menawarkan gaji berkisar antara Rp 1,7 – Rp 2,5 milyar, melansir dari Space.com.

2. NASA memilih profesor astrobiologi

Khawatir Diserang Alien, NASA Pekerjakan Profesor untuk Lindungi Bumiheraldtimesonline.com

Dilansir dari cbs4indy.com, Pebruari lalu posisi tersebut telah terisi. NASA mempekerjakan seorang  astrobiologis bernama Lisa Pratt dari Universitas Indiana, Amerika Serikat. Ia adalah profesor di bidang astrobiologi yang mengkaji tentang asal usul, evolusi, dan masa depan kehidupan alam semesta. Pratt mulai bekerja di NASA sejak 5 Pebruari 2018.

Selain sebagai penghalau alien, ia juga bertugas untuk melindungi bumi dari ancaman mikroorganisme yang dapat membahayakan mahkluk bumi, dan memastikan bahwa manusia tidak mengontaminasi luar angkasa dengan sampah atau mikroba yang terbawa ke luar angkasa saat astronot menjalankan misi di sana. Ini dilakukan agar manusia terhindar dari infeksi bakteri saat manusia benar-benar bermigrasi ke planet lain.

3. Pelindung bumi bukan pekerjaan baru

Khawatir Diserang Alien, NASA Pekerjakan Profesor untuk Lindungi Buminytimes.com

Sebenarnya, pelindung bumi bukanlah pekerjaan yang baru. Sebelumnya, posisi ini pernah disisi oleh Dr. Catharine Conley selama beberapa tahun. NASA mencari pegawai baru karena posisi ini dipindah ke departemen baru, yaitu Safety and Mission Assurance Departement. Pada departemen ini, kedudukan tersebut tidak hanya ditujukan sebagai upaya perlindungan melainkan juga sebagai upaya pengembangan dunia sains, melansir dari themarysue.com.

Meski belum dapat dirasakan manfaat  yang berarti dari pekerjaan tersebut bagi kehidupan manusia, tapi NASA tetap menganggap bahwa pekerjaan tersebut sangat dibutuhkan di dunia astronomi. NASA juga mengatakan bahwa pekerjaan ini merupakan bagian dari usaha NASA dalam merealisasikan cita-citanya melakukan migrasi manusia ke planet lain, yaitu Mars.

Andes Septa Photo Community Writer Andes Septa

The Second of Me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You