Comscore Tracker

8 Gangguan Mental Mengerikan Ini Dinamakan Sesuai Tokoh Kisah Populer

Sikap karakter yang mendasari penamaannya pun mirip

Ketika kamu membaca sebuah kisah dan menikmatinya, akan sangat mudah bagimu untuk menyelam ke dalam dunia karakter tersebut secara mendalam. Namun apa jadinya kalau kamu harus benar-benar mengalami seperti apa yang mereka alami dalam kisah tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 8 gangguan mengerikan baik medis, jiwa maupun sosial yang dinamakan sesuai karakter dari literatur atau cerita fiksi!

1. Sindrom Alice in Wonderland

8 Gangguan Mental Mengerikan Ini Dinamakan Sesuai Tokoh Kisah Populerworldofwanderlust.com

Dinamakan dari: Alice dari cerita Alice's Adventure in Wonderland oleh Lewis Carroll, yang selalu meminum ramuan tertentu untuk membesar dan mengecil khusus memasuki Wonderland.

Gejala: Melihat segala sesuatu jauh lebih besar dari seharusnya secara tiba-tiba. Ukuran besarnya pun gak normal.

Penyebab: Bisa diawali migrain akut, tumor otak, kecanduan narkoba, virus Epstein Barr dan epilepsi akut.

Bentuk penderitaannya: 9 dari 10 bintang. Sangat amat menderita. Segala sesuatu yang super membesar dan super mengecil itu sangat menyiksa.

2. Sindrom Rapunzel

8 Gangguan Mental Mengerikan Ini Dinamakan Sesuai Tokoh Kisah Populerall4desktop.com

Dinamakan dari: Rapunzel dari kisah Brothers Grimm yang saking panjangnya rambutnya, bisa digunakan untuk memanjat oleh pangeran.

Gejala: Penderitanya mulai memakan sejumlah rambut sampai kepada level rambut di dalam pencernaan tersebut saling mengikat satu sama lain sehingga membentuk tali panjang.

Penyebab: Ini diderita hanya oleh trichophagia (jenis gangguan mental adanya keinginan memakan rambut).

Bentuk penderitaannya: 10 dari 10 bintang. Penderitaan sempurna, begitu rambut di pencernaan benar-benar terkumpul banyak, bisa menyebabkan nyeri perut, mual, muntah dan tanpa operasi pengambilan akan sebabkan kematian.

3. Sindrom Dorian Gray

8 Gangguan Mental Mengerikan Ini Dinamakan Sesuai Tokoh Kisah Populermovieweb.com

Dinamakan dari: Seorang protagonis dalam The Picture of Dorian Gray oleh Oscar Wilde, yang menjual jiwanya sehingga fotonya lah yang akan menua, bukan tubuhnya.

Gejala: Secara sains gak diterima sebagai kondisi medis, sindrom ini adalah bentuk gangguan dysmorphic. Orang dengan gangguan ini akan sangat obsesif dengan tetap terlihat gak menua sehingga mereka akan melakukan apapun untuk itu.

Penyebab: Sindrom ini lebih ke fenomena sosial daripada kondisi medis, semua disebabkan karena sosok ideal kecantikan dan ketampanan yang disebarkan oleh media, film, model, iklan dan masih banyak lagi.

Bentuk penderitaannya: 2 dari 10. Sindrom ini bisa sangat menyiksa jika keinginan perawatannya menunjukkan hasil yang gak sesuai harapan, sampai bisa depresi. Namun secara fisik, sindrom ini gak menyiksa.

4. Sindrom Othello

8 Gangguan Mental Mengerikan Ini Dinamakan Sesuai Tokoh Kisah Populerlatimes.com

Dinamakan dari: Othello dalam kisah Shakespeare, membunuh istrinya yang bernama Desdemona karena salah sangka menduga ia selingkuh.

Gejala: Disebut juga sebagai kecemburuan delusional. Penderitanya akan melakukan apapun yang menyembuhkan keparnoannya seperti memasang CCTV, stalking, membuka semua pesan, memasang perekam telpon dan masih banyak lagi sikap yang menunjukkan kecurigaan terhadap pasangan atau orang terdekat.

Penyebab: Awalnya biasanya disebabkan oleh kecanduan alkohol, disfungsi seksual, gangguan neurologis dan schizophrenia serta bipolar. Selanjutnya keparnoan mereka terhadap orang terdekatnya akan berkembang menjadi sindrom ini.

Bentuk penderitaannya: 8 dari 10 bintang. Biasanya bunuh diri menjadi ujung dari sindrom ini jika gak segera ketahuan dan diatasi.

Baca Juga: Mengapa Evolusi Penis Manusia Membesar Tapi Buah Zakarnya Mengecil?

5. Sindrom Pickwickian

8 Gangguan Mental Mengerikan Ini Dinamakan Sesuai Tokoh Kisah Populervictorianweb.org

Dinamakan dari: Joe Pickwick, seorang bocah gendut dan narkolepsi dari novel pertama Charles Dickens, The Pickwick Papers.

Gejala: Juga disebut dengan Obesity Hypoventilation Syndrome, sindrom ini terjadi kepada seseorang yang obesitas dan kesulitan mendapatkan cukup oksigen saat tidur, akhirnya tubuh menyimpan terlalu banyak karbon dioksida. Sehingga, menyebabkan ia mengantuk saat siang, pusing, sesak nafas dan depresi.

Penyebab: Obesitas ekstrem dan terlalu banyak tidur dalam keadaan masih obesitas.

Bentuk penderitaannya: 9 dari 10 bintang. Sangat amat menderita. Bisa menyebabkan gagal jantung, tekanan darah tinggi, disfungsi seksual dan kematian.

6. Sindrom Rip Van Winkle

8 Gangguan Mental Mengerikan Ini Dinamakan Sesuai Tokoh Kisah Populercommons.wikimedia.org

Dinamakan dari: Seorang petani pemalas di cerita Washington Irving, yang gak sadar selama 20 tahun setelah menenggak minuman bersama para pemuda asing yang ia temukan di hutan.

Gejala: Kondisinya juga disebut Sindrom Kleine-Levin. Beda dengan cerita dongengnya, penderita sindrom ini gak butuh minuman untuk jatuh pada tidur yang lama dalam hitungan minggu bahkan bulanan dalam sekali terpejam. Paling sering diderita oleh remaja laki-laki.

Penyebab: Sangat langka, kondisi ini menunjukkan masalah di bagian hypothalamus serta ada faktor genetik juga. Secara spesifik disebabkan oleh virus atau bakterium bawaan orang tertentu.

Bentuk penderitaannya: 2 dari 10 bintang. Di era kuno, penderitanya akan dimasukkan ke dalam karung dan dikubur hidup-hidup, itu barulah penderitaan level 10. Namun untuk dewasa ini, "hanya sekadar" merasa ketinggalan banyak hal selama beberapa minggu atau beberapa bulan.

7. Sindrom Munchausen

8 Gangguan Mental Mengerikan Ini Dinamakan Sesuai Tokoh Kisah Populerdogomovies.com

Dinamakan dari: Carl Friedrich von Münchhausen, seorang tokoh sejarah Jerman yang disebut sebagai "Baron of Lies".

Gejala: Penderitanya adalah orang yang benar-benar sehat secara fisik namun berusaha meyakinkan orang lain, termasuk dokter dan keluarga, bahwa ia sakit untuk mencari simpati dan perhatian. Ia akan melakukan apapun untuk membuatnya patut dikasihani, seperti: melukai diri, menyuntik diri dengan berbagai hal dan menjalani berbagai tes lab/medis yang gak perlu.

Penyebab: Walaupun hanya terdengar seperti pasien biasa yang cari perhatian, sindrom ini adalah gangguan mental yang serius. Biasanya disebabkan oleh trauma masa kecil, kurangnya rasa percaya diri, punya isu diabaikan atau gangguan kepribadian lainnya.

Bentuk penderitaannya: 8 dari 10 bintang. Menyiksa diri, operasi atau tindakan medis yang gak perlu, kondisi finansial yang makin merosot dan hubungan keluarga yang akan makin gak baik sering menyebabkan kekerasan dan bunuh diri.

8. Sindrom Peter Pan

8 Gangguan Mental Mengerikan Ini Dinamakan Sesuai Tokoh Kisah Populerbeeridgway.blogspot.sg

Dinamakan dari: Tokoh dongeng Peter Pan dari Neverland, oleh J.M. Barrie, yang tetap dalam kondisi usia anak-anak dan gak menua sama sekali.

Gejala: Mengesampingkan tanggung jawab, melanggar norma sosial dan secara umum berlagak seperti bocah serta beralasan/meminta diakui sebagai bocah untuk mempertahankan jiwa bahagianya, menurutnya.

Penyebab: Pola asuh, pendidikan dan pergaulan yang gak membiarkan ia mandiri dalam masalah yang dihadapinya.

Bentuk penderitaannya: 2 dari 10 bintang. Ini bentuk gangguan sosial, bukan kondisi medis. Memang gak berpengaruh ke fisik seseorang, tapi jika ia gak segera mengatasi sindrom ini, maka gak akan ada lingkungan yang bisa menerimanya yang pada akhirnya akan membawanya pada rasa depresi.

Bentuk gangguan mana yang pernah kamu dengar sebelumnya? Adakah seseorang yang pernah kamu kenal memiliki salah satu gangguan di atas? Semoga kita semua bisa lebih memahami para penderita gangguan di atas dan sekaligus terjaga dari bentuk-bentuk gangguan medis, jiwa maupun sosial tersebut.

Baca Juga: "Kristal Waktu": Senyawa Baru Tak Berdimensi Ruang yang Sedang Dibahas Dunia

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya