Comscore Tracker

Riset: Orang Populer Belum Tentu Punya Banyak Teman

Gak perlu banding-bandingkan dirimu

Jangkauan lingkaran pertemanan itu bisa sangat luas kalau kita gak menutup diri. Masalahnya, banyak penelitian mengungkap bahwa orang cenderung minder dengan kepopuleran orang lain sehingga lebih memilih untuk pasif di lingkungannya. Padahal yang nampak populer dan banyak teman, ternyata gak begitu lho dan itu ada penelitiannya.

Riset: Orang Populer Belum Tentu Punya Banyak Temanhuffingtonpost.com

Dilansir sciencealert, penelitian terbaru membuktikan bahwa orang di sekitarmu gak punya teman sebanyak yang kamu kira! Ketahui penjelasan selengkapnya.

1. Kita semua berpikir bahwa orang lain punya teman lebih banyak daripada kita, dan ternyata kita salah

Riset: Orang Populer Belum Tentu Punya Banyak Temanlinkedin.com

Sebuah penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Personality and Social Psychology Bulletin memaparkan semuanya. Penelitian ini dipimpin oleh Ashley Whillans dari University of British Columbia. Mereka menggunakan mahasiswa tahun pertama di UBC sebagai partisipan penelitian.

2. Hasil observasi menunjukkan bahwa banyak siswa merasa dirinya kurang populer dibandingkan siswa lainnya

Riset: Orang Populer Belum Tentu Punya Banyak Temanspectrumnews.org

Awalnya, para peneliti menanyakan 1.000 mahasiswa tentang berapa banyak teman yang mereka miliki di tahun pertama. Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan berapa banyak mereka pikir jumlah teman yang dipunyai anak lain di tahun pertama mereka juga. Ternyata rata-rata menjawab diri sendiri punya 3 teman, sedangkan orang lain mempunyai 4 teman.

Baca juga: Penelitian Buktikan Sebenarnya Orang Narsis Gak Suka Lihat Dirinya

3. Penelitian mengungkap: siswa yang percaya bahwa teman mereka punya lebih banyak sahabat daripada mereka sendiri, cenderung kurang dalam kesejahteraan hidupnya

Riset: Orang Populer Belum Tentu Punya Banyak Temantheodysseyonline.com

Percobaan kedua mempertanyakan berapa lama waktu yang mereka alokasikan untuk bersosialisasi. Hampir semua menjawab bahwa orang lain lebih bisa bersosialisasi daripada mereka, padahal anggapan itu salah. Hampir semua masih merasa gak cukup memiliki waktu untuk bersosialisasi, bahkan orang yang dianggap paling banyak bergaul.

4. Ternyata siswa yang berpikir bahwa teman mereka punya teman yang sedikit/agak lebih banyak dari mereka, itu lebih mudah bergaul daripada siswa yang berpikir bahwa teman mereka punya teman yang jauh lebih banyak dari mereka

Riset: Orang Populer Belum Tentu Punya Banyak Temandiymag.com

Bentuk fenomena-fenomena yang telah disebutkan adalah paradoks pertemanan. Penelitian terdahulu menyatakan bahwa membandingkan dirimu dengan orang lain itu adalah tindakan yang sangat buruk, gak bermanfaat dan bisa menimbulkan gangguan emosional/kejiwaan.

Karena ketika melakukannya, kamu akan cenderung merasa bahwa kamu yang paling menderita dan perlu dimaklumi. Ini buruk untuk perkembangan karaktermu.

Riset: Orang Populer Belum Tentu Punya Banyak Temanqueenmobs.com

Jadi sudah tahu kan bahwa orang sekitarmu gak segaul atau sekekinian yang kamu kira? Semua orang punya titik insecurity-nya masing-masing dan kadang itu tidak terlihat akibat personanya. Karenanya, jangan terlalu minder ya!

Tetap berbuat baik dan bersosialisasi dengan sekitarmu. Karena siapa tahu orang yang kamu kira populer dan susah didekati itu, sebenarnya sedang kesepian dan butuh perhatian tulus.

Baca Juga: 7 Riset tentang Anak Pertama, Lebih Bertanggung Jawab?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya