Comscore Tracker

Begini Kondisi Bumi jika Matahari Gak Ada atau Padam

Seberapa parah sih?

"Aduh, panas banget sih gila! Kayak neraka bocor." — keluh banyak orang.

Bayangkan dirimu bangun di pagi hari di sekitar jam 8 saat cahaya matahari masih belum terik, tapi saat kamu membuka tirai jendela kamarmu, yang kamu temukan hanya tempat gelap dengan udara dingin di sekitarnya. Itulah salah satu gambaran kondisi bumi jika matahari gak ada.

Apalagi hal lainnya? Baca selengkapnya di sini!

1. Tata surya akan menjadi seperti meja bilyar dan kamu gak akan lagi mengenal tanaman alami

Begini Kondisi Bumi jika Matahari Gak Ada atau Padamancient-code.com

Massa matahari menjaga agar semua planet di tata surya tetap pada orbitnya. Kalau matahari sampai gak ada, tata surya akan ibarat meja bilyard dengan bumi sebagai bola "8"-nya. Planet-planet dan bumi akan menghantam satu sama lain dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, jika matahari memutuskan untuk padam, maka cahaya matahari terakhir yang akan samnpai ke bumi adalah 8,5 menit setelahnya. Saat itu terjadi, kamu harus mengucapkan perpisahan pada semua tanaman, karena semua tanaman notabenenya membutuhkan fotosintesis (cahaya matahari) untuk tetap bertahan hidup.

2. Jika gak ada matahari, bumi akan amat sangat dingin dan kamu gak bisa lagi melihat bulan

Begini Kondisi Bumi jika Matahari Gak Ada atau Padamnoaa.gov

Bulan hanya bisa tampak dari bumi karena ia memantulkan cahaya matahari. Jadi jika matahari menghilang, otomatis bulan juga gak akan terlihat lagi. Dalam waktu seminggu setelah matahari menghilang, bumi akan mengalami temperatur rata-rata sebesar -17,8°C.

Bayangkan saja dulu saat Gunung Krakatau meletus, kejadian tersebut mampu membuat rata-rata temperatur global menjadi drop sampai 1,2°C. Padahal meletusnya Gunung Krakatau gak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kehilangan matahari ini.

Baca juga: Berapa Lama Kamu Harusnya Bertahan di Bawah Sinar Matahari Terik?

3. Inti bumi yang terbilang panas gak akan bisa menyelesaikan masalah pembekuan global yang dialami bumi

Begini Kondisi Bumi jika Matahari Gak Ada atau Padambbc.com

Dalam kegelapan 24 jam dan temperatur yang terus menurun, seiring hari berganti menjadi minggu, temperatur bumi rata-rata akan menjadi -73°C. Memang antartika pernah merasakan temperatur -89°C pada tahun 1985, tapi itu hanya di satu tempat di bumi dan gak secara konstan. Ini tentu akan berbahaya pada mereka yang terbiasa dalam iklim tropis.

4. Kehidupan akan lenyap satu per satu mulai dari tanaman, pemakan tumbuhan, karnivora dan bumi akan semakin membeku kecuali satu tempat

Begini Kondisi Bumi jika Matahari Gak Ada atau Padambbc.com

Rantai makanan akan menjadi kacau. Namun ada organisme yang diperkirakan akan tetap hidup dalam kondisi bumi yang seperti itu. Yaitu mereka yang dekat dengan "ventilasi" inti bumi, karena mereka akan merasakan panas dari inti bumi tersebut untuk mengimbangi beku akibat gak ada matahari.

Jika manusia ingin bisa bertahan dalam bumi yang seperti itu, mereka harus bisa menciptakan kapal selam yang mampu mencapai kedalaman ujung palung Mariana (sekitar 10.994 meter). Karena pada titik terujung dari palung laut terdalam di dunia, diperkirakan ada celah menuju inti bumi.

Jadi bersyukurlah jika kita masih bisa merasakan matahari. Walaupun kadang memang iya, panas dan terik, apalagi kalau di tengah macet.

Namun tanpa matahari kita akan mengalami hidup yang sangat menyengsarakan. Semoga gak akan pernah terjadi.

Baca juga: Apa yang Sebenarnya Para Hewan Lakukan Selama Gerhana?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya