Comscore Tracker

Jangan Pernah Meminum Pipis, Apalagi yang dari Anjingmu!

Kadang budaya pun berisiko besar

Pipis adalah dikeluarkannya urin pada alat pembuangan pembuangan air kecil dari uretra sampai meatus air kecil keluar tubuh. Dalam kondisi sehat, proses kencing berada dalam kontrol sukarela kita. Air pipis yang wajarnya dianggap sebagai buangan dan di-flush begitu saja di toilet, ternyata ada lho yang menggunakannya ulang untuk alasan kesehatan.

Konon mereka memanfaatkannya untuk kesehatan, baik dengan mengoleskan/meneteskannya ataupun meminumnya. Hal tersebut makin menimbulkan perdebatan ketika ada sebuah video viral seorang wanita yang mempromosikan tindakan tersebut. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan tentang video tersebut, kenapa kamu jangan meminum pipis!

1. Sebuah video viral menunjukkan seorang wanita “diduga” menadahi pipis anjing di dalam sebuah gelas, kemudian meminumnya

Seorang wanita terlihat mengajak anjingnya jalan-jalan ke sebuah pohon terdekat. Ia kemudian meletakkan gelas plastik di bawah salah satu kaki anjingnya yang terangkat. Di video terlihat bahwa gelas plastik tersebut semakin dipenuhi oleh cairan berwarna kekuningan. Video ini menimbulkan perdebatan karena akhirnya wanita yang diketahui bernama Lynn Lew ini (dari akun-akun media sosialnya), meminum cairan yang diduga pipis anjingnya tersebut.

2 Yang lebih membuat unggahan Lew sangat kontroversial adalah pernyataan dirinya di video tentang fakta kesehatan dalam meminum air pipis

Jangan Pernah Meminum Pipis, Apalagi yang dari Anjingmu!facebook.com/LITTLELYNNLEW

Lew menyatakan bahwa dulunya ia adalah orang yang depresi, sering bersedih dan punya banyak jerawat. Ia mengatakan bahwa pipis anjing mengandung vitamin A, vitamin E dan memiliki kalsium sebanyak 10 gram, bahkan pipis anjing juga terbukti mampu menyembuhkan kanker. Lew mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan farmasi merahasiakan ini dari publik, dengan membayar pelobi, agar politisi bisa membuatmu membeli obat penahan rasa sakit dan perawatan chemo-therapy. Lew juga mengatakan bahwa “jamu rahasia” ini bisa meringankan rasa sakit, mencegah pembengkakan sendi dan mengobati kanker.

3 Netizen berdebat bukan hanya soal “fakta” kesehatan yang disampaikan oleh Lew, tapi juga apakah ia benar-benar meminum pipis anjing atau tidak

Jangan Pernah Meminum Pipis, Apalagi yang dari Anjingmu!facebook.com/LITTLELYNNLEW

Tidak ada konfirmasi apakah Lew benar-benar meminum air pipis anjingnya atau apakah seluruh video ini hanya bercanda saja. Gelas yang digunakan itu cukup tersembunyi di balik anjing dan ditangkap dari sudut kamera yang kurang jelas. Terlepas dari itu, menetapkan aktivitas seperti ini sebagai sains secara pribadi itu sangat teledor dan bisa dibilang sok tahu. Memang media sebaiknya tidak memberikan keviralan pada hal seperti, tapi media dalam hal ini berfungsi untuk meluruskan bahwa meminum pipis anjingmu atau pipis siapapun TIDAK punya manfaat kesehatan yang terbukti. Karenanya, jangan lakukan!

4. Resep pengobatan terapi urin untuk diminum itu berasal dari zaman Romawi, Yunani dan Mesir Kuno tapi tidak terbukti efektif

Jangan Pernah Meminum Pipis, Apalagi yang dari Anjingmu!io9.gizmodo.com

Bukti ilmiah dan medis yang ada sangat sedikit sekali, yang menunjukkan bahwa meminum urin sendiri untuk kepentingan kesehatan itu bisa efektif. Lebih dari 3.000 bahan kimia terkandung di dalam air pipis manusia. 72 persen dari air pipis manusia terbuat dari bakteri dan sisanya adalah buangan tubuh atau campuran dari paparan obat, kosmetik maupun lingkungan sekitar kita. Pipis anjing malah lebih parah lagi karena terkandung dari amonia, bakteri, hormon dan daya keasamannya tinggi. Sebuah penelitian menemukan bahwa ada lebih dari 20 bakteri dalam pipis anjing, termasuk yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih pada pemilik anjing tersebut.

Jadi untuk kamu yang mendapatkan petuah, baik dari generasi atas maupun “orang pintar”, sebaiknya dipikirkan dulu minimal berdasarkan informasi di atas. Mungkin memang bisa jadi ada manfaatnya, tapi itu tidak sebanding dengan risikonya yang jauh lebih banyak. Jadi jangan dilakukan ya, jangan iseng coba-coba juga.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Tania

Just For You