Bagaimana Bedanya Apa yang Kamu Lihat dengan Hewan di Sekitarmu?

Wow, ternyata ikan melihatnya begitu!

Penglihatan sangat bervariasi di seluruh dunia hewan. Lebah dapat merasakan sinar ultraviolet, burung hantu dapat melihat hal-hal dalam detail yang cemerlang dan tokek dapat melihat dalam warna meskipun di kegelapan. Namun pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana penglihatan ikan emas dibandingkan dengan penglihatanmu? Berdasarkan penelitian para ahli di Duke University, berikut ini jawabannya!

1. Manusia sebagai spesies yang tidak cemerlang melihat dalam gelap, memiliki kelebihan luar biasa dibandingkan makhluk lainnya

Bagaimana Bedanya Apa yang Kamu Lihat dengan Hewan di Sekitarmu?youtube.com/Mic. the Vegan

Manusia dapat melihat detail halus yang banyak "diharapkan" oleh banyak spesies. Untuk membuat kita merasakan bagaimana kita melakukannya lebih baik dibandingkan dengan hewan lain, para peneliti telah melihat kemampuan visual dari ratusan spesies. Temuan mereka dipublikasikan dalam Trends in Ecology & Evolution.

Tim peneliti tertarik pada ketajaman visual, yang pada dasarnya adalah kejelasan visi. Ketajaman visual kita sendiri mirip dengan simpanse dan lebih unggul daripada kebanyakan hewan lainnya. Namun, tetap ada pengecualian. Misalnya, burung pemangsa seperti burung elang melihat detail yang bagus dua kali lebih baik daripada kita.

2. Tim peneliti mengumpulkan hasil studi anatomi mata dan melakukan eksperimen perilaku pada 600 spesies hewan

Bagaimana Bedanya Apa yang Kamu Lihat dengan Hewan di Sekitarmu?pinterest.jp

Hebatnya, mereka menemukan perbedaan sampai10.000 kali lipat, antara visi paling tajam sampai paling halus. Manusia, simpanse dan burung pemangsa adalah para pemimpin dari segi penglihatan (anehnya gurita juga demikian) dan diikuti oleh sejumlah besar mamalia. Mungkin tidak mengherankan bagi kebanyakan orang, berbagai spesies serangga menempati peringkat terburuk.

Mereka kemudian menggunakan perangkat lunak yang disebut AcuityView untuk membuat gambar yang memberi kesan bagaimana hewan melihat dunia ini, berdasarkan ketajaman visual mereka. Kamu bisa membandingkan kualitas penglihatannya antara satu sama lain.

3. Gambar perbedaan kualitas penglihatan antar spesies akan mempermudahmu dalam membandingkan dan mendapatkan imajinasi hidup di dunia mereka

Bagaimana Bedanya Apa yang Kamu Lihat dengan Hewan di Sekitarmu?cdn.iflscience.com

Seperti yang kamu lihat, dibandingkan denganmu, kucingmu dapat melihat dengan cukup baik, tetapi ikan emas milikmu sedikit kurang kualitasnya. Yang sangat menarik diamati adalah bahwa nyamuk pada dasarnya hanya lingkungan yang kabur, yang masuk akal karena nyamuk sangat bergantung pada aroma untuk "mengendusmu" sebelum menggigitmu.

Gambar tersebut juga membuat kita mempertanyakan tujuan fitur binatang tertentu. Misalnya, kamu dapat melihat kupu-kupu yang dilihat melalui mata manusia (kiri) dan mata kupu-kupu (kanan). Kita dapat dengan mudah melihat bintik-bintik dan tanda pada sayap kupu-kupu, tetapi anehnya kupu-kupu yang lain tidak bisa melihatnya. Ini menunjukkan bahwa tanda pada kupu-kupu lebih berkaitan dengan mengintimidasi atau membingungkan pemangsa daripada menarik pasangan. Ini mampu menjawab hal yang sering diperdebatkan.

4. Gambar yang tim peneliti buat hanyalah sebuah representasi ketajaman visual hewan, jadi apa yang setiap hewan benar-benar lihat dalam kehidupan nyata, mungkin sedikit berbeda

Bagaimana Bedanya Apa yang Kamu Lihat dengan Hewan di Sekitarmu?mentalfloss.com

Ini karena mata mengambil berbagai macam informasi visual yang kemudian diproses oleh otak, sehingga akan lebih kompleks. Eleanor Caves selaku pimpinan penelitian menyampaikan bahwa mempelajari interaksi hewan tidak lantas bisa diasumsikan bahwa spesies yang berbeda akan merasakan tiap detail dengan cara yang sama seperti kita.

Namun, yang penting untuk diingat adalah bahwa penglihatan di seluruh kerajaan hewan sangat bervariasi. Kita perlu merasakan betapa beruntungnya mampu melihat dunia dengan detail yang jauh lebih baik, daripada kebanyakan makhluk lain.

Setiap kualitas indera yang dimiliki masing-masing makhluk hidup pasti disesuaikan dengan kebutuhan hidupnya. Bersyukurlah bahwa penglihatan kita termasuk "sempurna" jika dipandang dalam keseluruhan faktor. Itu tandanya memang kita perlu berbuat lebih dan bermanfaat di dunia tempat kita hidup ini, daripada makhluk hidup lainnya.

• Tania