Comscore Tracker

5 Cara Gak Biasa Ini Bisa Membuat Makananmu Terasa Lebih Enak!

Solusi yang terbukti secara ilmiah

Makan adalah kebutuhan primer yang kita lakukan sepanjang hidup. Kegiatan makan itu sendiri mengambil porsi besar dalam usia hidup kita. Jadi gak ada salahnya dong kalau kita mencari cara terbaik untuk membuat aktivitas makan tersebut jadi senyaman dan senikmat mungkin? Ternyata memang ada cara uniknya kok!

Kamu berhak untuk makan lebih enak. Dilansir dari buku "The Geek Guide to Life" karya Colin Stuart dan Mun Keat Looi, berikut adalah 5 cara gak biasa yang bisa membuat makananmu terasa lebih enak!

Cara 1: Makan disertai dengan latar belakang musik/lagu yang mendukung.

5 Cara Gak Biasa Ini Bisa Membuat Makananmu Terasa Lebih Enak!videoblocks.com

Cara ini ditemukan dari hasil kolaborasi penelitian Profesor Charles Spence, seorang psikolog eksperimental dari Oxford University, dengan para juru masak internasional termasuk Heston Blumenthal. Mereka menemukan bahwa cara untuk meningkatkan rasa nikmat makanan, adalah dengan musik yang tepat. Misalnya musik Indie akan meningkatkan rasa makanan timur tengah, sedangkan musik jazz akan meningkatkan rasa makanan Thailand dan Jepang. Mengejutkannya, lagu-lagu Justin Bieber ternyata justru mengurangi rasa nikmat makanan mana pun.

Cara 2: Makan menggunakan piring putih yang bulat.

5 Cara Gak Biasa Ini Bisa Membuat Makananmu Terasa Lebih Enak!diningout.com

Ternyata tipe piring mampu mempengaruhi rasa makanan lho. Berdasarkan hasil penelitian Peter Stewart dari University of Newfoundland, piring putih bulat tercatat yang paling mampu membuat rasa makanan lebih enak. Itu dibandingkan dengan berbagai bentuk dan warna piring lainnya, walaupun makanannya sama persis. Menurutnya, perbedaannya signifikan lho!

Baca juga: Ini 7 Bahan Makanan yang Bisa Bertahan Nyaris Selamanya

Cara 3: Gunakan peralatan makan yang berat.

5 Cara Gak Biasa Ini Bisa Membuat Makananmu Terasa Lebih Enak!blog.izzz.com.au

Pada tahun 2013, penelitian Charles Spence yang dipublikasi dalam jurnal Flavour, menemukan hubungan rasa makanan dengan karakteristik fisik peralatan makanan yang digunakan (ukuran, berat, bentuk dan warna). Untuk jajanan manis, peralatan makan berukuran kecil bisa meningkatkan rasanya. Namun untuk makanan utama, peralatan makan (sendok, garpu dan pisau) yang lebih berat mampu meningkatkan rasa enak makanan sampai 15% dibandingkan peralatan makan yang lebih ringan.

Cara 4: Tunda makanmu sebentar dengan melakukan aktivitas yang singkat.

5 Cara Gak Biasa Ini Bisa Membuat Makananmu Terasa Lebih Enak!says.com

Cara yang satu ini cukup kontroversial tapi terbukti bisa meningkatkan rasa enak makananmu. Berdasarkan jurnal Psychological Science tahun 2013, melakukan aktivitas singkat sebelum mulai makan akan meningkatkan rasa enak makanannya. Yang mereka ambil contoh adalah mengambil foto makanan yang akan dimakan. Ingat, mengambil foto saja ya, karena yang dimaksud di sini adalah aktivitas singkat. Jika itu termasuk upload ke media sosial, maka itu sudah bukan lagi aktivitas singkat. Uniknya, cara ini gak berlaku untuk makanan yang benar-benar sehat, seperti makanan yang penuh sayur atau buah.

Cara 5: Atur temperatur makananmu sesuai jenis rasanya.

5 Cara Gak Biasa Ini Bisa Membuat Makananmu Terasa Lebih Enak!pune365.com

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Karel Talavera Perez dari University of Leuven Belgia, yang dipublikasi dalam jurnal Cellular and Molecular Life Sciences, menemukan bahwa temperatur makanan berpengaruh dengan kenikmatan jenis rasa makanannya. Misalnya: makanan manis umumnya akan makin terasa jika lebih hangat atau agak panas, makanan asin umumnya akan makin nikmat jika hangatnya pas, sedangkan makanan asam akan lebih nikmat jika suhunya makin dingin. Lalu bagaimana jika makanannya asam manis? Sesuaikan saja jenis rasa mana yang ingin kamu tingkatkan.

5 Cara Gak Biasa Ini Bisa Membuat Makananmu Terasa Lebih Enak!groundedandsurrounded.com

Kelima cara di atas telah terbukti secara ilmiah mampu membuat makananmu terasa lebih enak. Memang makanannya tetap sama saja, dengan bahan dan bumbu yang sama, tanpa penambahan. Namun aspek psikologis ternyata memang berperan cukup penting dalam kenikmatan makanmu. Gak ada salahnya dicoba kan?

Baca juga: Secara Ilmiah, Ini 6 Benda Terjorok yang Kamu Sentuh Setiap Hari!

Topic:

Berita Terkini Lainnya