Comscore Tracker

Ini Definisi Pernikahan Sukses Secara Ilmiah yang Perlu Kamu Tahu!

Langgeng sampai selamanya

Menikah adalah salah satu jenjang hidup penting bagi mayoritas orang. Hal yang penting tentunya melibatkan orang yang penting juga, yaitu pasangan yang akan diajak hidup bersama. Masalahnya setiap orang pasti ingin pernikahannya berlangsung selamanya. Lalu seperti apa definisi pernikahan yang sukses? Ternyata secara ilmiah ada penjelasannya lho!

Ini Definisi Pernikahan Sukses Secara Ilmiah yang Perlu Kamu Tahu!goldenocala.com

Dilansir dari buku "The Geek Guide to Life" karya Colin Stuart dan Mun Keat Looi, ini adalah definisi pernikahan sukses secara ilmiah yang penting banget untuk kamu tahu!

Ada klasifikasi kebahagiaan khusus berdasarkan pola penggunaan uang tiap pasangan, kamu termasuk yang mana?

Ini Definisi Pernikahan Sukses Secara Ilmiah yang Perlu Kamu Tahu!empowher.com

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasi dalam "Fatal (Fiscal) Attraction: Spendthrifts and Tightwads in Marriage", Scott Rick dan para koleganya dari University of Michigan, menemukan bahwa dalam persoalan uang, karakter yang berlawanan akan saling menarik satu sama lain.

Pasangan pernikahan yang keduanya boros akan menghancurkan rumah tangga sendiri. Pasangan pernikahan yang keduanya terlalu pelit soal uang akan cenderung dipandang sombong dan gak disukai sekelilingnya, walaupun rekening bank-nya paling "stabil". Sementara pasangan yang diketahui paling langgeng adalah yang salah satunya boros, sedangkan yang lainnya sangat mengontrol soal uang. Pasangan yang seperti itu akan saling melengkapi.

Penggunaan kata dalam berkomunikasi ternyata adalah salah satu kunci utama sebuah hubungan pernikahan berlangsung lama.

Ini Definisi Pernikahan Sukses Secara Ilmiah yang Perlu Kamu Tahu!listaka.com

Saat pasanganmu melakukan sesuatu yang bermakna untukmu, apakah kamu selalu menyempatkan untuk mengucapkan "terima kasih"? Ternyata ini kebiasaan yang sangat penting untuk menjaga kelanggengan lho, menurut survey tahun 2007 yang dilakukan oleh Jess Alberts dan Angela Trethewey, dari Arizona State University. Kamu perlu menjaga untuk selalu berkata baik dan merespon baik tindakan pasanganmu untuk menjaga keutuhan rumah tanggamu. Kurangi melakukan sesuatu yang butuh pasanganmu untuk menoleransinya.

Baca juga: Ini Cara Ilmiah Agar Tak Terlalu Basah Saat Kehujanan

Jangan terlalu saklek dengan ekspektasimu, ada hal yang lebih bernilai jika kamu menjalani rumah tangga sambil mengalir sesuai kondisi.

Ini Definisi Pernikahan Sukses Secara Ilmiah yang Perlu Kamu Tahu!christianitymalaysia.com

Berdasarkan penelitian psikologi oleh James McNulty dari University of Tennessee dan sebuah survey pada 800 orang oleh University of Michigan, pandangan negatif kita pada pasangan akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Ekspektasi hanya akan baik jika kenyataannya sesuai. Jika gak sesuai, maka kamu jangan berpegang teguh pada ekspektasi dan lebih biarkan dirimu serta dirinya sama-sama belajar sambil menjalani bahtera rumah tangga kalian.

Kalau kamu menyebalkan bagi pasanganmu atau sebaliknya, itu gak menjadi halangan yang berarti kok.

Ini Definisi Pernikahan Sukses Secara Ilmiah yang Perlu Kamu Tahu!successfulmarriage101.blogspot.co.id

Yang perlu kamu ingat bahwa kamu gak bisa benar-benar merubah orang lain. Entah itu harus kamu yang memaklumi dirinya atau kamulah yang perlu berubah untuk menyesuaikan dirinya, yang jelas hanya dirimu sendiri lah yang lebih pasti bisa kamu ubah. Menurut McNulty, pasangan kita bukan orang suci, jika kita gak terlalu fokus pada hal negatif dirinya, cepat atau lambat ia akan terus belajar jadi lebih baik.

Ini Definisi Pernikahan Sukses Secara Ilmiah yang Perlu Kamu Tahu!bostonglobe.com

Jadi, untuk mendapatkan pernikahan yang sukses, kamu harus selalu saling melengkapi, kamu gak harus sama dengan dirinya dalam segala hal untuk menjadi pasangan paling langgeng. Yang terpenting adalah kamu bersama pasanganmu saling merespek dan menghargai satu sama lain. Kurangilah ekspektasi dan percaya bahwa diri kalian sama-sama belajar.

Baca juga: Secara Ilmiah, Kapan Usia Terbaik untuk Menikah?

Topic:

Berita Terkini Lainnya