Comscore Tracker

Penelitian Buktikan Sebenarnya Orang Narsis Gak Suka Lihat Dirinya

Bahkan di luar kesadaran orang narsis itu sendiri

Orang yang sangat narsisistik merasakan tekanan emosional ketimbang senang saat melihat foto dirinya sendiri, menurut penelitian terbaru. Perilaku tersebut dapat membantu kita memahami bagaimana narsisme berperan di media sosial. Seberapa gak suka orang narsis melihat cermin atau foto mereka sendiri? Kamu akan mengetahuinya secara lebih lengkap di sini!

Narsisisme - pada dasarnya adalah menjadi penggemar berat atas dirimu sendiri, (bisa) sampai tingkat yang gak sehat.

Penelitian Buktikan Sebenarnya Orang Narsis Gak Suka Lihat Dirinyahealthtap.com

Sering dilihat sebagai karakteristik negatif dan egosentris, namun kenyataannya sedikit lebih rumit dari itu. Peneliti dari Universitas Graz di Austria menganggap studi mereka dapat membantu para ahli memahami bagaimana narsisme bekerja lebih dalam daripada yang biasanya kita lihat di permukaan. Bagaimana sudut pandang seseorang yang benar-benar mencintai diri mereka sendiri.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat lebih dekat citra diri individu narsistik dengan menggunakan ilmu saraf, yang bisa membantu mengungkap aspek yang di bawah sadar.

Penelitian Buktikan Sebenarnya Orang Narsis Gak Suka Lihat Dirinyashape.com

Emanuel Jauk, mengatakan kepada Eric W. Dolan di PsyPost, bahwa narsisisme adalah topik yang semakin menarik bagi sains dan publik, mungkin karena perubahan budaya dalam dekade terakhir mendukung perilaku narsisistik. Sekitar 600 orang disurvei untuk menemukan orang-orang dengan tingkat narsisme tinggi maupun rendah, menggunakan Narcissistic Personality Test (NPI). NPI meminta tanggapan terhadap pernyataan seperti "Saya adalah orang yang istimewa" dan "Saya gak lebih baik atau lebih buruk daripada kebanyakan orang".

Baca juga: Ternyata Seseorang Cenderung Berbuat Curang Ketika Kebanyakan Dipuji

Orang narsis gak suka melihat pas foto mereka sendiri dan itu terbaca melalui pemindaian MRI.

Penelitian Buktikan Sebenarnya Orang Narsis Gak Suka Lihat Dirinyatechealthiest.com

Dari eksperimen, 43 orang dipilih: 21 mencetak skor tinggi pada skala narsisisme dan 22 berskor rendah. Para peserta kemudian diperlihatkan foto diri mereka, teman dekat mereka, dan orang asing. Sementara aktivitas otak mereka dipantau dengan pemindaian fMRI. Pemindaian MRI menunjukkan aktivitas otak yang menggambarkan "pengaruh negatif" dan "pemrosesan emosional yang saling bertentangan" pada orang narsisistik yang melihat foto diri mereka sendiri.

Secara gak sadar, ada lebih banyak kekhawatiran dan keraguan diri yang tersembunyi, di bawah narsisme daripada yang kita duga.

Penelitian Buktikan Sebenarnya Orang Narsis Gak Suka Lihat Dirinyacbtpsychology.com

Secara khusus, para ilmuwan melihat peningkatan aktivitas otak di bagian atas dan bawah korteks cingulate anterior. Bagian tersebut terkait dengan pengolahan pikiran negatif yang mengacu pada diri sendiri. Ini mengarah pada ambiguitas atau konflik batin orang narsistik. Ada lebih banyak hal yang gak mereka sukai pada diri mereka tapi berusaha mereka tutupi dengan kecintaan yang besar pada diri mereka sendiri.

Penelitian Buktikan Sebenarnya Orang Narsis Gak Suka Lihat Dirinyatoday.com

Penelitian lebih lanjut akan diperlukan untuk melihat apakah temuan ini berlaku secara lebih luas. Namun sementara kita tahu bahwa orang narsis bukan sepenuhnya orang yang egois, mereka tetap bisa belajar jadi pribadi yang lebih baik, jika kita menawarkan solusi demi kebaikan dan perkembangan diri mereka sendiri. Seluruh penelitian ini telah dipublikasi dalam laporan ilmiah internasional.

Baca juga: Kalau Kamu Suka Lagu Ini, Bisa Jadi Kamu Ada Kecenderungan Psikopat

Line Ads

Topic:

Just For You

I Want More !