Comscore Tracker

Menurut Penelitian Ilmiah Terbaru, Ada 4 Tipe Unik Pengguna Internet!

Kamu yang mana?

Sebuah penelitian terbaru dipublikasikan, yang akhirnya menjadi bagian dari buku Researching Everyday Childhoods. Para ahli mengadakan interview pada anak muda di antara usia 10-15 tahun, untuk menginvestigasi perilaku mereka di internet. Dr. Liam Berriman dari University of Sussex, Inggris, selaku pemimpin penelitian menyatakan bahwa pada akhirnya ditemukan 4 kategori pengguna internet secara umum.

Meskipun tidak mungkin untuk mengkategorikan setiap pengguna media sosial menjadi hanya salah satu dari 4 kategori, kelompok yang dikemukakan oleh para ahli ini ternyata sudah bisa dipertanggungjawabkan. Jadi dari 4 tipe unik pengguna internet berikut, yang mana yang paling menggambarkan dirimu?

1. Si korban (the victim)

Menurut Penelitian Ilmiah Terbaru, Ada 4 Tipe Unik Pengguna Internet!imdb.com

Dari empat kategori yang diidentifikasi dalam penelitian ini, menjadi “si korban” mungkin yang paling gak diinginkan semua orang. Korban adalah mereka yang sangat eksis secara online, umumnya karena perbuatan orang lain. Misalnya karena materi pribadi mereka mungkin telah dibagikan ke publik tanpa izin mereka. Korban sering mengalami ditag pada unggahan senonoh atau gak layak lihat, atau bahkan foto intim mereka sendiri yang dibagikan secara online.

2. Si pengintai (the lurkers)

Menurut Penelitian Ilmiah Terbaru, Ada 4 Tipe Unik Pengguna Internet!imdb.com/Eric McCandless

Sementara itu, mereka yang digambarkan sebagai lurkers cenderung menutupi visibilitas mereka di platform sosial, menghindari konfrontasi antara teman sebaya, namun tetap terlibat dalam aktivitas yang menyenangkan. Berjumlah paling banyak di antara kita, lurkers menikmati diam-diam saat mengintai selebriti/orang favorit mereka secara online.

Baca juga: 10 Teori Paling Mengerikan yang Pernah Dipahami Manusia Selama Ini

3. Si culun ( the geek)

Menurut Penelitian Ilmiah Terbaru, Ada 4 Tipe Unik Pengguna Internet!imdb.com/Merrick Morton

Orang-orang ini suka berbagi post yang berkaitan dengan minat dan kesukaan mereka, seperti band favorit mereka atau penulisan fan-fiction. Para ahli juga menemukan bahwa geeks menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakan berbagai proyek di internet, yang menyebabkan kekhawatiran orangtua terhadap perilaku obsesif atau adiktif mereka.

4.Si selebriti (the internet celebrity)

Menurut Penelitian Ilmiah Terbaru, Ada 4 Tipe Unik Pengguna Internet!imdb.com/Giulia Ricagni

Kita semua mengenal seseorang yang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk memenuhi postingan atau stories Instagram atau suka membicarakan dunia sekitar mereka melalui sebuah vlog. Pengguna internet jenis ini diketahui sangat mengutamakan "visibilitas diri" atau keeksisan. Mereka akan mempromosikan diri mereka dengan menggunakan Instagram, Snapchat, selfie, dan vlogging melalui YouTube.

Menurut Profesor Rachel Thomson dari University of Sussex, karakteristik khas dari pengguna media sosial aktif ini adalah aspek kewirausahaan dari aktivitas mereka. Permainan media sosial mereka dipertimbangkan kembali sebagai bentuk pekerjaan, yang menguntungkan secara ekonomi.

Menurut Penelitian Ilmiah Terbaru, Ada 4 Tipe Unik Pengguna Internet!imdb.com/Craig Sjodin

"Dengan mendapatkan penonton, generasi muda sadar bahwa mereka dapat mendapatkan sponsor atau pendanaan dari perusahaan. Mimpi mereka adalah menjadi viral, membangun karir sebagai pencipta budaya baru. Apakah kamu salah satunya? Share impianmu dalam dunia maya melalui kolom komentar di bawah ya!

Baca juga: Ternyata Komputer Bisa Mengidentifikasi Gendermu Berdasarkan Gaya Mengetikmu

Topic:

Berita Terkini Lainnya