Comscore Tracker

5 Cara #Connect2Earth ala Abibayu, “Si Duta Earth Hour Centang Biru”

Mudah diterapkan di kehidupan sehari-hari, lho!

Di era digital, kolaborasi menjadi poin penting untuk menggaet lebih banyak masyarakat atau biasa disebut dengan engagement. Hal ini karena Millennials lebih menyukai konten-konten yang disampaikan melalui cara kreatif, tapi tetap mendalam.

Memaknai hal tersebut, Earth Hour Surabaya mengajak beberapa tokoh masyarakat untuk sampaikan kampanye yang diusung. Salah satunya, yaitu YouTuber Abibayu. Pria lulusan Universitas Ciputra ini biasa menyajikan konten berupa aktivitas sehari-hari. Pada kesempatan kali ini, ia turut mengajak berkolaborasi dengan penuh antusias.

Untuk itu, Abibayu memberi tips sederhana untuk #Connect2Earth. Wah, apa saja, ya?

1. Terapkan gaya hidup ramah lingkungan sejak dini

5 Cara #Connect2Earth ala Abibayu, “Si Duta Earth Hour Centang Biru”Earth Hour Surabaya / M. Nur Majid

Senada dengan tema #Disconnect2Plastics yang diusung oleh Earth Hour Surabaya tahun ini, ternyata Abibayu sudah menerapkan gaya hidup ramah lingkungan sejak dini. Salah satu contohnya membawa bekal makanan. Meski awalnya untuk berhemat, ia tidak tahu jika kebiasaan tersebut punya dampak besar. Ia pun berpesan agar masyarakat melakukan hal yang sama.

Ditanya lebih lanjut tentang Earth Hour, pria yang dinobatkan sebagai 1st runner up L-Men 2018 tersebut mengungkap satu fakta menarik. Sebelumnya, ia hanya mengetahui gerakan ini secara garis besar. Begitu terpilih menjadi duta, ia baru sadar jika beberapa kebiasaan yang sudah dilakukan ternyata berdampak besar bagi lingkungan.

2. Ajak keluargamu untuk mulai peduli dengan isu lingkungan

5 Cara #Connect2Earth ala Abibayu, “Si Duta Earth Hour Centang Biru”Earth Hour Surabaya / M. Nur Majid

Sejak kecil, Abibayu sudah tertarik dengan isu lingkungan karena dipengaruhi keluarga. “Mamaku juga selalu ngingetin untuk cabut listrik, meski gak nyala. Eh, ternyata emang pengaruh ya,” ujar pria yang biasa dipanggil Ko Abi tersebut. Tidak berhenti di situ saja, ia juga mulai melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana lain yang juga dapat kamu terapkan di rumah lho. Apa aja ya?

Baca Juga: Earth Hour 2019: 7 Cara Sederhana Merayakannya Gerakan Ini di Rumah

3. Stop gunakan sedotan sekali pakai dan kurangi pemakaian botol serta tempat makan dengan kemasan plastik

5 Cara #Connect2Earth ala Abibayu, “Si Duta Earth Hour Centang Biru”Earth Hour Surabaya / Rafika Trisha

Setelah resmi diperkenalkan sebagai Duta Earth Hour Surabaya, Abibayu mempunyai julukan baru, yaitu Duta Earth Hour Centang Biru. Ini bukan sekadar gaya-gayaan. Itu karena ia menjadi salah satu content creator pertama di Surabaya yang akunnya telah diverifikasi oleh pihak Instagram. Bagi Abi, ini adalah amanah besar yang harus dijalankan sebaik mungkin.

Punya ratusan ribu pengikut di Instagram, Abi pun berharap dapat mengajak masyarakat lebih peduli terhadap isu lingkungan, khususnya sampah plastik. “Tidak menggunakan straw. Kurangi pembelian botol atau makanan yang berkemasan plastik,” jelas Abi tentang kebiasaan sederhana yang mulai diterapkan selain membawa bekal. “Kalo matiin listrik, sih, udah kebiasaan dari dulu untuk matiin lampu kamar waktu tidur,” imbuhnya.

4. Jangan hanya andalkan pihak tertentu untuk atasi permasalahan lingkungan

5 Cara #Connect2Earth ala Abibayu, “Si Duta Earth Hour Centang Biru”Earth Hour Surabaya / M. Nur Majid

Abi pun menegaskan bahwa ini saatnya masyarakat lebih peduli dengan isu sampah. "Mau tinggal, mau makmur. Tapi buang sampah aja sembarangan. Entar kalo banjir, ngomel, saling menyalahkan. Padahal tidak melihat apa diri sendiri sudah benar," ujarnya mengingatkan. Cara mengatasi isu sampah bukan hanya tugas beberapa pihak saja, melainkan kita semua. Siapkah kamu turut serta?

5. Awali dengan niat dari diri sendiri, lalu ajak orang sekitar untuk berpartisipasi

5 Cara #Connect2Earth ala Abibayu, “Si Duta Earth Hour Centang Biru”Earth Hour Surabaya / M. Nur Majid

Bukan hanya tindakan yang dilakukan ketika ada kegiatan bersama yang diliput oleh media, namun tindakan sehari-hari.

Sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh Abibayu tersebut, perubahan memang harus dimulai dari niat diri sendiri. Setelah itu, kita bisa mulai mengajak orang-orang sekitar untuk ikut berubah.

Dia pun menambahkan bahwa tindakan riil adalah cara terampuh untuk meyakinkan masyarakat bahwa kita bisa memberi manfaat untuk lingkungan. At last but not least, ada satu pesan, nih, buat kamu dari Abi. "Intinya kalo sama gebetan atau pacar aja kalian bisa care, masak sama ibu bumi pertiwi sendiri gak bisa sih," tantangnya.

Wah, ternyata aksi #Connect2Earth sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan itu gak susah, ya. Cukup melalui kebiasaan sederhana yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu sudah siap melakukannya?

Baca Juga: Surabaya Gelar Aksi Earth Hour: Switch Off 2019 “Disconnect2Plastic”

Chalimatus Sa'diyah Photo Verified Writer Chalimatus Sa'diyah

Be brave. Be humble :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya