Comscore Tracker

Indonesia Masuk, 12 Negara dengan Angkatan Laut Terkuat di Dunia

Negara mana yang berada di puncak? #IDNTimesScience

Lautan adalah sebuah teritorial yang sangat luas dan juga menjadi wilayah perbatasan antara negara yang satu dengan negara lainnya. Nah, untuk menjaga teritorial tersebut dibutuhkan militer angkatan laut yang harus mumpuni. Mulai dari pasukan, teknologi, armada tempur, hingga luas jangkauan dibutuhkan oleh negara dalam menjaga kedaulatannya.

Di dunia ini ada beberapa negara dengan angkatan laut yang sangat disegani. Bahkan, mereka digadang-gadang punya militer atau angkatan laut terkuat di dunia. Negara mana saja, ya? Yuk, disimak!

12. Turki

Indonesia Masuk, 12 Negara dengan Angkatan Laut Terkuat di DuniaPresiden Recep Tayyip Erdogan memberikan pidato dalam upacara penyerahan korvet TGC Burgazada, Minggu (4/11/2018). (dok. Daily Sabah)

Turki masuk ke dalam daftar kali ini. Dicatat dalam laman Military Today, posisi Angkatan Laut Turki cukup berimbang dengan Taiwan dan Indonesia. Negara tersebut memiliki armada pesisir yang cukup kuat dan disegani di wilayah Mediterania. Secara global, militer Turki berada di posisi 11 dunia dengan 895 ribu personel militer aktif.

Khusus untuk pasukan tempurnya, Turki memiliki 149 armada yang mayoritas terdiri dari kapal patroli dan armada fregat. Selain itu, negara berpopulasi 85 juta jiwa tersebut juga memiliki 11 kapal ranjau dan 12 kapal selam dengan teknologi terbaru.

11. Indonesia

Indonesia Masuk, 12 Negara dengan Angkatan Laut Terkuat di Duniakapal patroli Indonesia (indonesiaexpat.id)

Berdasarkan data 2021 dalam Global Fire Power, kekuatan militer Indonesia secara keseluruhan ada di peringkat 16 dunia. Namun, untuk urusan angkatan laut, Indonesia berada di urutan ke-11 bersaing dengan Taiwan dan Turki, diberitakan dalam laman Military Today. Indonesia memang belum memiliki kapal induk atau aircraft carrier. Namun, pasukan Angkatan Laut kita terbilang cukup banyak.

Negara kita memiliki 282 armada aktif yang sebagian besarnya didominasi oleh kapal patroli, korvet, dan kapal ranjau. Kapal-kapal perang milik Indonesia juga aktif menjaga lautan jauh di wilayah kepulauan kita.

Untuk daya jelajah, sayangnya kita masih kalah sedikit dibandingkan dengan Taiwan. Mayoritas armada tempur Indonesia beroperasi pada wilayah atau zona pesisir. Sementara itu, Taiwan lebih banyak menguasai pelayaran fregat dengan jenis kapal yang lincah dan mampu menguasai lautan jauh.

10. Taiwan

Indonesia Masuk, 12 Negara dengan Angkatan Laut Terkuat di Duniaangkatan laut Taiwan (thedefensepost.com)

Diberitakan dalam Taiwan News, indeks kekuatan militer Taiwan pada 2020 sebetulnya berada di peringkat 26 dunia. Akan tetapi, negara itu punya angkatan laut yang cukup kuat karena mereka memiliki begitu banyak armada dengan daya jelajah tinggi. Sebagian besar armada tempur mereka dibeli dari Amerika Serikat.

Meskipun punya kekuatan tempur laut yang cukup kuat, secara umum peringkat militer Taiwan masih berada di bawah negara Asia lainnya. Negara ini masih kalah dibandingkan Indonesia, India, China, Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, dan bahkan Thailand.

9. Italia

Indonesia Masuk, 12 Negara dengan Angkatan Laut Terkuat di Duniaangkatan laut Italia (ecestaticos.com)

Sebagai salah satu negara yang kenyang pengalaman di Perang Dunia, Italia tentu punya kekuatan militer mumpuni di dunia. Ditulis dalam laman Naval News, pasukan tempur laut milik Italia sudah berbenah sangat signifikan dibanding dengan waktu-waktu sebelumnya. Bahkan, mereka berhasil meremajakan armada-armada tempurnya.

Italia memiliki 249 aset (armada) tempur laut dan mereka juga memiliki dua buah kapal induk. Selain itu, mereka memiliki empat buah kapal penghancur dan 12 unit armada fregat. Salah satu kapal induk Italia yang cukup terkenal di lautan Eropa adalah Cavour. Ia memiliki kemampuan yang dianggap setara dengan kapal induk Rusia dan Amerika.

8. Korea Selatan

Indonesia Masuk, 12 Negara dengan Angkatan Laut Terkuat di DuniaKapal perang Korea Selatan sedang berlabuh di Jepang. (usni.org)

Menjadi sekutu dan sahabat dari Amerika Serikat, tentu berdampak besar bagi kekuatan tempur Korea Selatan. The Diplomat dalam lamannya mencatat bahwa Negeri Ginseng tersebut punya rencana besar untuk mengembangkan kekuatan tempurnya dalam 5 tahun ke depan, terutama di bidang maritim.

Dalam Global Fire Power, militer Korea Selatan secara keseluruhan berada di peringkat 6 dunia. Namun, angkatan laut mereka masih kalah jika dibandingkan dengan India, Jepang, dan China. Negeri Ginseng tersebut punya 234 aset tempur untuk menjaga laut mereka. Meskipun belum memiliki kapal induk, mereka punya 12 kapal penghancur dan 22 kapal selam.

7. India

Indonesia Masuk, 12 Negara dengan Angkatan Laut Terkuat di Duniakapal perang milik India (wallpapercave.com)

Pada 2021, kekuatan militer India secara keseluruhan berada di posisi 4 dunia, bersaing dengan China dan Rusia. Namun, jika menilik kekuatan tempur lautnya, India masih di bawah Inggris, Prancis, dan Jepang. Meski begitu, negara itu masih dianggap sebagai salah satu negara dengan angkatan laut terkuat di dunia.

India memiliki 285 armada tempur laut. Mereka juga punya sebuah kapal induk bernama INS Vikrant. Sementara yang kedua sedang dalam tahap uji coba dan bahkan mereka tengah membuat kapal induk yang ketiga. India sebenarnya tidak begitu saja menjadi salah satu kekuatan militer dunia.

Menurut Center for Strategic and International Studies (CSIS), India dan China tengah bersaing dalam menempatkan armada tempur mereka di lautan Indo-Pasifik. Zona ini dianggap sebagai zona strategis di sebagian Samudra Hindia dan Pasifik. Itu sebabnya, mereka terus meningkatkan kualitas militer mereka di bidang maritim.

Baca Juga: 9 Negara dengan Senjata Nuklir Terbanyak di Dunia, Negara Mana Saja?

6. Prancis

Indonesia Masuk, 12 Negara dengan Angkatan Laut Terkuat di Duniakapal induk Prancis (sputniknews.com)

Global Fire Power menempatkan militer Prancis di posisi 7 dunia untuk angkatan laut terkuat. Menurut data, Angkatan Laut Prancis memiliki armada tempur sebanyak 180 unit. Mereka juga memiliki sebuah kapal induk, sepuluh kapal selam, sebelas kapal fregat, dan sebelas kapal penghancur. Selain angkatan laut, Prancis juga dinobatkan sebagai salah satu negara dengan angkatan udara terkuat.

Kapal induk Prancis yang bernama Charles de Gaulle merupakan satu-satunya kapal induk bertenaga dan bersenjata nuklir yang dibuat di luar Amerika Serikat. Teknologi yang diusung oleh mereka juga tak kalah canggihnya. Bahkan angkatan laut setempat memiliki armada tempur laut yang bersenjatakan laser mirip dengan armada milik Amerika.

5. Jepang

Indonesia Masuk, 12 Negara dengan Angkatan Laut Terkuat di Duniakapal perang Jepang (sputniknews.com)

Punya segudang pengalaman pada Perang Dunia I dan II membuat Jepang menjadi salah satu negara dengan kekuatan militer yang disegani di dunia. Faktanya, mereka menjadi satu-satunya negara yang mampu bersaing ketat dengan China di Asia. Data 2021 yang dilansir Global Fire Power menempatkan militer Jepang di posisi 5 dunia.

Andalan terbaik di Angkatan Laut Jepang adalah kapal selam canggih. Mereka punya 20 kapal selam dengan teknologi siluman dan mampu menghancurkan kapal perang besar dari bawah permukaan laut. Jepang juga memiliki 37 armada penghancur serta 21 kapal ranjau.

4. Inggris

Indonesia Masuk, 12 Negara dengan Angkatan Laut Terkuat di Duniakapal induk Inggris (medium.com)

Punya sebelas unit kapal selam, 13 buah kapal fregat, dan dua unit kapal induk membuat Inggris menjadi salah satu negara dengan angkatan laut terkuat di dunia. Selain itu, nama besar pasukan angkatan laut asal Inggris memang sudah mendunia. Wajar saja, militer mereka merupakan salah satu yang tertua di dunia.

Pengalaman Inggris dalam berbagai macam perang di dunia membuat mereka cukup disegani dalam dunia militer. Namun, secara umum, Inggris memiliki kekuatan yang lebih besar di bidang angkatan udara mereka. Mereka bisa menciptakan armada dan persenjataan buatan dalam negeri dan bahkan diekspor ke berbagai negara di dunia.

3. China

Indonesia Masuk, 12 Negara dengan Angkatan Laut Terkuat di Duniakapal induk China (insider.com)

Secara jumlah personel, China sebetulnya sudah melampaui Angkatan Laut Amerika Serikat, dilansir dalam Deutsche Welle. Namun, untuk urusan teknologi dan jumlah armada, mereka masih di bawah kekuatan Amerika Serikat dan Rusia. Saat ini, secara keseluruhan, militer China berada di posisi 3 dunia, bersaing dengan Amerika dan Rusia.

Angkatan Laut China memiliki 777 aset tempur yang siap menjaga laut mereka. Mereka juga mempunyai dua unit kapal induk, 46 buah kapal fregat, 79 kapal selam, 36 kapal ranjau, dan 50 unit kapal penghancur. Oh ya, anggaran perang China juga sangat besar. Bahkan, mereka jadi pemilik anggaran perang terbesar kedua dunia di bawah Amerika Serikat.

2. Rusia

Indonesia Masuk, 12 Negara dengan Angkatan Laut Terkuat di Duniakapal induk milik Rusia (wallpaperbetter.com)

Rusia terkenal kuat dan mandiri. Mereka terkenal sebagai negara pesaing dari Amerika Serikat dan mampu menciptakan persenjataan militer di dalam negeri. Menurut Global Fire Power, peringkat militer Rusia ada di posisi ke-2 dan hanya dikalahkan oleh Amerika Serikat. Selain terkenal dengan jet tempurnya, mereka juga punya banyak armada khusus untuk peperangan laut.

Tengok saja beberapa kapal selam siluman berbahan bakar nuklir dan sebuah kapal induk yang sanggup menampung puluhan jet tempur Sukhoi. Yup, Rusia memiliki lebih dari 600 aset tempur di bidang maritim. Selain kapal induk, mereka juga memiliki 64 kapal selam, 48 kapal ranjau, sebelas unit kapal fregat, dan 15 buah kapal penghancur.

1. Amerika Serikat

Indonesia Masuk, 12 Negara dengan Angkatan Laut Terkuat di Duniaarmada tempur Amerika (wikimedia.org)

Amerika Serikat berada di puncak dalam urusan militer. Dalam sejarah militer dan peperangan dunia, negara tersebut dicatat selalu unggul dalam segala hal, baik itu angkatan darat, laut, dan udara. Amerika juga tercatat sebagai satu-satunya negara yang memiliki kapal induk terbanyak dan tercanggih di dunia.

Dicatat dalam Naval History and Heritage Command, jika digabungkan dengan era Perang Dunia II, Amerika Serikat tercatat memiliki 60 kapal induk. Saat ini, mereka mengoperasikan sebelas unit kapal induk terbesar dan tercanggih di dunia dengan bahan bakar nuklir. Selain itu, Amerika juga mempunyai 92 unit kapal penghancur, 68 kapal selam, dan sepuluh kapal khusus pembawa helikopter.

Kekuatan tempur, baik itu darat, udara, dan lautan memang dibutuhkan sebagai garda terdepan untuk menjaga kedaulatan sebuah negara. Itu sebabnya, secara umum, makin kuat militer sebuah negara, makin disegani juga negara tersebut.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 5 Monarki Kuno di Kawasan Tanduk Afrika

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya