5 Fakta Sains tentang Jatuh Cinta, Rasa Makanan pun Akan Terasa Manis

Apakah saat ini kamu sedang jatuh cinta?

Jatuh cinta adalah sebuah kondisi atau perasaan yang sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata. Uniknya, perasaan atau kondisi ini justru bisa dijelaskan secara ilmiah. Jika kamu sedang jatuh cinta, tentu dunia akan terasa sangat indah, bukan? Sebaliknya, jika kamu sedang patah hati, dunia pun terasa hampa.

Inilah 5 fakta ilmiah tentang jatuh cinta, konon rasa makanan apa pun yang kamu makan akan terasa manis, benarkah?

1. Jatuh cinta itu menyehatkan

5 Fakta Sains tentang Jatuh Cinta, Rasa Makanan pun Akan Terasa ManisUnsplash/Everton Vila

Tahukah kamu jika jatuh cinta itu ternyata menyehatkan? Ya, dilansir Sciencealert.com, jatuh cinta ternyata merupakan kondisi di mana dapat membuat orang yang mengalaminya menjadi sehat secara fisik dan mental.

Saat kamu sedang jatuh cinta, maka tubuh kamu akan mengaktifkan zat kimia dopamin dan oksitosin. Kedua zat kimia ini akan membuat otak seseorang merasa bahagia, senang, dan merasa dihargai. Secara langsung bahkan kondisi seperti ini dapat mereduksi stres dan rasa sakit yang sedang dialami oleh tubuh.

2. Makanan akan terasa manis jika kamu sedang jatuh cinta

5 Fakta Sains tentang Jatuh Cinta, Rasa Makanan pun Akan Terasa ManisUnsplash/Pablo Merchant Montes

Jangankan makanan yang mengandung gula, air putih saja akan terasa manis jika kamu sedang jatuh cinta. Hal ini diamini juga oleh ilmuwan kok, seperti yang dituliskan dalam jurnal sains pada laman Scientificamerican.com.

Orang yang sedang jatuh cinta akan merespon sesuatu dengan positif, karena perasaannya cenderung berbunga-bunga. Zat kimiawi dan hormon dalam tubuh yang berhubungan dengan kebahagiaan juga akan aktif di saat kamu sedang jatuh cinta.

Penelitian yang dilakukan memberikan kesimpulan bahwa suasana hati dan pikiran akan memberikan dampak terhadap rasa makanan atau minuman yang dikonsumsi. Orang jatuh cinta cenderung merasakan manis pada makanan dan minuman yang disantap.

Kebalikannya, orang yang sedang patah hati akan merasakan makanan dan minuman terasa pahit di mulut. Lewat penelitian ini, ilmuwan juga dapat mengetahui secara ilmiah tentang pola perilaku dan suasana hati yang begitu kuat ternyata dapat mempengaruhi indra perasa seperti lidah.