Comscore Tracker

Wajib Tahu nih! 5 Spesies Tanaman yang Paling Dibenci oleh Ular

Bahkan, dapat mengusir ular berbisa

Ular adalah salah satu jenis hewan melata yang ditakuti oleh banyak orang. Meskipun mayoritas ular tidak berbisa, ular sudah terlanjur memiliki stigma buruk bagi banyak masyarakat awam di dunia.

Nah, jika kamu juga gak suka dengan hewan melata yang satu ini—apalagi kalau sampai fobia—mungkin ada baiknya kamu memelihara tanaman-tanaman ini di rumah. Hampir semua jenis ular sangat membenci kelima tanaman hebat ini. Apa saja? Yuk, langsung disimak.

1. Tanaman Mint

Wajib Tahu nih! 5 Spesies Tanaman yang Paling Dibenci oleh Ularalmanac.com

Ular memiliki kemampuan hebat dalam mendeteksi mangsanya. Biasanya, tikus yang sering berkeliaran di lingkungan rumah akan mengundang ular untuk datang. Salah satu kemampuan hebat dari ular adalah penciumannya, bahkan menjadi salah satu yang terbaik di dunia fauna.

Nah, kalau mau mengacaukan penciuman ular, tanamlah tumbuhan yang mengeluarkan bau yang dibenci oleh ular, salah satunya tanaman mint atau min. Seperti dicatat dalam laman sains Earth, tanaman mint memiliki senyawa yang berbau cukup menyengat.

Selain itu, tanaman mint juga punya kegunaan lainnya, yakni sebagai aromaterapi dan bumbu masakan. Pada dasarnya, tanaman yang termasuk dalam famili Lamiacecae ini juga cukup mudah untuk dibudidayakan.

2. Tanaman Marigold

Wajib Tahu nih! 5 Spesies Tanaman yang Paling Dibenci oleh Ulargardenandhappy.com

Kembang marigold atau gumitir adalah jenis tanaman hias yang bisa ditanam di pekarangan rumah. Tanaman ini pada umumnya digunakan untuk menanggulangi hama, seperti ditulis dalam laman Pests.

Tanaman ini mengeluarkan aroma khas yang cukup menyengat di bagian akarnya. Dalam radius beberapa meter, hewan-hewan yang memiliki indra penciuman yang sensitif akan menjauh dari tanaman indah ini.

Tanaman dengan nama ilmiah Calendula officinalis ini biasanya tumbuh dengan baik di daerah Mediterania yang memiliki tanah yang subur. Namun, pada dasarnya sifat tanaman ini tidak rewel sehingga juga bisa tumbuh subur di wilayah tropis.

Baca Juga: Kamu Takut Ular? 5 Tempat Ini Sebaiknya Jangan Kamu Kunjungi! 

3. Tanaman Serai

Wajib Tahu nih! 5 Spesies Tanaman yang Paling Dibenci oleh Ularkohsamuisunset.com

Supaya ular tetap menjauh dari halaman rumah kamu, coba deh tanam tanaman serai di pekarangan rumah. Selain digunakan untuk masakan, tanaman serai juga dapat digunakan untuk mengusir hewan-hewan yang memiliki penciuman kuat.

Serai atau lemongrass adalah tanaman rempah yang banyak dijumpai di Asia. Tanaman yang termasuk dalam genus Cymbopogon ini memiliki aroma yang cukup kuat dalam mengusir ular, seperti dicatat dalam Gardeners Guide.

Serai juga dapat mengusir nyamuk dan kutu secara alami. So, jika kamu ingin bebas nyamuk, kutu, dan ular, kamu bisa menanam tanaman ini. Gak sulit kok!

4. Lavendel

Wajib Tahu nih! 5 Spesies Tanaman yang Paling Dibenci oleh Ularalmanac.com

Kamu pasti tahu bahwa lavendel merupakan tanaman pengusir nyamuk, bukan? Namun bukan hanya itu saja, karena lavendel juga dapat mengusir ular. Tikus dan kebanyakan hewan juga tidak suka dengan aroma dari lavendel.

Tanaman berwarna ungu ini juga akan tampak indah jika kamu tanam di pot yang diletakkan di teras rumah kamu. Aromanya yang wangi dan kuat akan membuat nyamuk, tikus, serangga, dan ular gak akan betah jika berada di dekatnya.

Namun, harus kamu ketahui bahwa lavendel yang dibiarkan tanpa perawatan akan menjadi gulma karena pertumbuhannya yang sangat cepat dan tak terkendali. Oleh sebab itu, kamu harus sering-sering memangkas dan merapikan tanaman ini agar enak dipandang mata.

5. Lidah Mertua

Wajib Tahu nih! 5 Spesies Tanaman yang Paling Dibenci oleh Ularthesucculenteclectic.com

Tanaman lidah mertua juga sering disebut snake plant atau tanaman ular. Namun uniknya, tanaman ini justru tidak disukai oleh ular. Bagi beberapa hewan, memang tanaman lidah mertua bisa membawa dampak fatal.

Tanaman ini mengandung senyawa racun yang bisa berbahaya bagi anjing, kucing, dan bahkan ular. Selain itu, ular tidak suka dengan tanaman ini karena daun-daunnya yang tajam.

Kamu bisa memelihara tanaman ini sebagai tanaman hias di rumah kamu. Namun, sedapat mungkin jangan sampai hewan peliharaanmu memakan daunnya karena akan menyebabkan mereka keracunan.

Itulah lima spesies tanaman yang sangat dibenci oleh ular. Gimana, apakah kamu sudah memiliki tanaman-tanaman tersebut?

Baca Juga: 5 Fakta tentang Ular Laut Belcher, Ular Paling Berbisa di Bumi

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya