Comscore Tracker

Hebat! Tak Lama Lagi Plastik Bakal Bisa Dimakan

Penemunya para pemuda Indonesia lho...

Limbah sampah adalah hal yang nggak asing lagi bagi telinga kita. Sampah merupakan permasalahan terbesar di negara kita. Di mana-mana kita bisa melihat banyaknya sampah berserakan. Terutama limbah plastik. Limbah tersebut dikenal sangat sulit diuraikan dan menyebabkan kerusakan lingkungan. Seiring berjalannya waktu, kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan sekitar kini semakin menurun, guys.

Tapi, tidak bagi anak-anak bangsa satu ini. Mereka menemukan inovasi baru. Yaitu plastik yang bisa dimakan. Wow, anak bangsa Indonesia nggak henti-hentinya ya berkarya. Mau tahu karya-karya anak bangsa yang unik ini? Yuk, disimak:

Plastik Singkong

Hebat! Tak Lama Lagi Plastik Bakal Bisa Dimakanyoungsters.id

Kevin Kumala, pria asal Bali ini menemukan terobosan baru untuk menanggulangi limbah sampah. Dia menciptakan metarial plastik dengan bahan alami yaitu singkong (Cassava). Dalam menciptakan plastik tersebut dia membutuhkan waktu kurang lebih tiga tahun untuk penelitian, guys. Selain mudah diurai oleh tanah, plastik ini ternyata bisa dimakan atau diminum.

Plasmilk

Hebat! Tak Lama Lagi Plastik Bakal Bisa Dimakansuratkabar.id

Plastik satu ini namanya Plasmilk. Ide ini diciptakan oleh sekelompok mahasiswa International Institute for Life Science (I3L). Mereka adalah Monica, Firnita, Christina, Adisty, Olivia, Felicia Yosephine, Gianfranco dan Kevin. Seperti dilansir dari Kompas.com, plasmilk adalah bahan serupa plastik menggunakan bahan dasar produk turunan susu, guys.

Menurut mereka, plasmilk ini sangat aman dikonsumsi manusia karena berasal dari polimer kasein-protein yang terkandung dalam susu sapi. Dalam pembuatannya mereka nggak hanya menggunakan bahan dasar susu, guys. Tapi juga menggunakan perasan lemon.

Bioplastik Edible

Hebat! Tak Lama Lagi Plastik Bakal Bisa Dimakanmldspot.com

Noryawati Mulyono adalah seorang dosen Universitas Atma Jaya, berinovasi mengembangkan bioplastik edible berbahan dasar rumput laut. Lewat inovasinya ini, plastik akhirnya bisa dimakan dan dicerna juga oleh perut. Bagaimana dengan keamanannya? Jangan khwatir, guys.

Karena proses pembuatannya nggak menggunakan suhu tinggi dan juga bahan kimia berbahaya seperti pembuatan plastik dan aluminium foil. Bahkan menurutnya jika plastik tersebut perlu diwarnai, dia akan menggunakan pewarna alami untuk makanan. So, teman-teman jangan heran ketika bumbu sachet penyedap mie instan bisa dimakan.

Karena sachet tersebut nggak perlu dibuka, setelah itu dibuang begitu saja. Jadi, teman-teman hanya membuka kantong mie dan mencelupkan bumbu sachet tersebut ke dalam air yang mendidih. Wah, simple banget ya, guys

Gimana menurut kalian tentang karya anak bangsa tersebut? Pastinya inovasi mereka sangat membantu bangsa kita dalam memberantas limbah sampah, kan guys? So, jangan mau kalah ya!

Della Ayu N Photo Community Writer Della Ayu N

Keep moving forward

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You