Comscore Tracker

Cara Menanam Daun Jarak, Bijinya Menghasilkan Minyak Kaya Manfaat

Tanaman jarak mudah dan cepat tumbuh

Di Indonesia, ada beberapa jenis kultivar jarak yang umum dibudidayakan. Salah satunya adalah Riccinus communis, atau juga dikenal jarak kepyarKultivar ini memiliki ciri khas, yakni daun berbentuk bintang (seperti daun singkong) dengan warna hijau, keunguan, hingga merah marun, serta  biji merah cerah yang diselimuti duri-duri lembut yang menarik perhatian.

Karena penampilannya tersebut, tak jarang tanaman jarak kepyar ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Sementara secara umum, budi daya jarak biasanya lebih diperuntukkan untuk menghasilkan biji yang dapat diambil minyaknya. 

Fyi, minyak dari biji jarak banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan industri, lho! Termasuk industri kosmetik, pembuatan cat dan pernis, serta bahan bakar atau pelumas otomotif. Nah, jika kamu ingin mengetahui cara menanam daun jarak, yuk simak panduannya berikut ini!

Cara menanam daun jarak dari biji

Cara Menanam Daun Jarak, Bijinya Menghasilkan Minyak Kaya Manfaatilustrasi tanaman jarak (pixabay.com/Ray_Shrewsberry)

Tanaman jarak adalah salah satu jenis tanaman tropis yang mudah dibudidayakan. Ia tumbuh baik di bawah sinar matahari penuh dengan kondisi tanah yang subur dan lembap. Akan tetapi, ia tidak tahan terhadap genangan atau rawa, dan tanah yang memiliki kandungan garam tinggi.

Tanaman yang juga disebut dengan castor oil plant ini dapat dibudidayakan melalui biji. Inilah langkah-langkah mudah yang bisa kamu ikuti:

  1. Rendam biji semalaman untuk mempermudah tingkat perkecambahan.
  2. Siapkan media penyemaian dari campuran tanah lempung dan pupuk organik atau kompos dalam wadah, seperti polybag.
  3. Tanam benih pada media dengan kedalaman sekitar 2,5 cm. Kemudian beri penyiraman untuk melembapkan media tanam.
  4. Simpan di tempat hangat untuk perkecambahan.
  5. Setelah 1 hingga 3 minggu, bibit biasanya sudah berkecambah.
  6. Tanaman muda memiliki pertumbuhan yang cepat. Kamu bisa memindahkan pada wadah yang lebih besar untuk menanganinya sebelum dipindahkan ke lahan tanam permanen.
  7. Ketika tanaman sudah siap ditanam di lahan terbuka, siapkan lahan penanaman. Olah tanah dengan pembajakan atau pencangkulan, pembersihan gulma, dan penambahan pupuk. Usahakan memilih tempat penanaman yang mendapatkan sinar matahari penuh, setidaknya 6—8 jam sehari dan tidak mendapatkan naungan dari pohon tinggi yang menghalangi penyinaran.
  8. Pindahkan bibit yang sudah tumbuh ke lahan penanaman. Jarak tanam yang direkomendasikan biasanya adalah 70 cm hingga 1,5 m.
  9. Siram tanaman secara teratur dan beri pupuk setiap 1 bulan sekali.

Sebagai catatan, semua bagian tanaman jarak kepyar adalah beracun, termasuk bijinya. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan sarung tangan saat menangani tanaman ini. Semoga panduan singkat cara menanam daun jarak di atas membantu, ya!

Baca Juga: 6 Cara Menanam Bonsai dengan Tampilan Menarik dan Umur Panjang

Dwi wahyu intani Photo Verified Writer Dwi wahyu intani

@intanio99

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya