Comscore Tracker

Sekarang Dianggap 'Gila', 5 Hal Ini Wajar pada Zaman Dahulu

Bahkan ada yang ilegal jika dilakukan saat ini

Manusia adalah spesies yang terus berkembang. Dalam berbagai hal, manusia menjadi lebih baik dan semakin modern. Banyak hal berubah dengan sangat cepat sehingga hal-hal yang dulunya dianggap wajar, saat ini dianggap aneh atau bahkan gila.

Seperti hal-hal berikut ini, yang mungkin akan membuat kamu geleng-geleng kepala tidak percaya. Akan tetapi nyatanya dilakukan orang-orang pada masa lampau dan bahkan dianggap wajar. Apa sajakah itu?

1. Eksekusi mati di depan umum dan main hakim sendiri

Sekarang Dianggap 'Gila', 5 Hal Ini Wajar pada Zaman Dahuluilustrasi eksekusi mati di depan publik (onthisday.com)

Pada zaman dahulu, di beberapa negara, eksekusi mati dilakukan di depan umum, tak peduli apa pun jenisnya, seperti tembak, gantung, atau apa pun. Bahkan, eksekusi mati seakan menjadi hiburan sehingga bisa dihadiri oleh puluhan ribu orang. Misalnya saja di Amerika, eksekusi publik terakhir yang dilakukan pada tahun 1936 dihadiri oleh 20 ribu orang, dikutip dari laman New Haven Register.

Bukan hanya eksekusi mati yang dilakukan oleh petugas resmi. Tindakan main hakim sendiri juga adalah hal umum dan digunakan untuk segala macam kejahatan, seperti mencuri hingga membunuh.

2. Menjadikan cheetah sebagai hewan peliharaan 

Sekarang Dianggap 'Gila', 5 Hal Ini Wajar pada Zaman Dahuluilustrasi cheetah (pexels.com/Lachcim Kejarko)

Di pertengahan abad ke-15, orang-orang terbiasa menjinakkan cheetah dan membawa mereka berburu karena hewan ini adalah predator alami. Ini adalah kegiatan yang menyenangkan yang dilakukan orang kaya dengan kucing liar ini. Kebiasaan menjadikan cheetah hewan peliharaan bahkan telah dilakukan oleh orang-orang Mesir kuno, dikutip dari laman The Vintage News.

Karena itu, banyak penjebak, penjinak, dan pedagang cheetah memperoleh banyak keuntungan dari hewan pelari cepat ini. Untuk alasan yang sama, cheetah juga disebut sebagai “macan tutul pemburu”.

Baca Juga: 5 Hal Normal yang Dianggap Tidak Lazim pada Zaman Dulu, Apa Sebabnya?

3. Menggunakan heroin sebagai obat

Sekarang Dianggap 'Gila', 5 Hal Ini Wajar pada Zaman Dahuluilustrasi obat (pexels.com/Anna Shvets)

Menurut laporan laman Good Medicine, Bad Behavior, heroin pertama kali diperkenalkan pada tahun 1898, dan digunakan sebagai salah satu bahan dalam banyak obat flu serta sirup obat batuk. Morfin, opium, dan kokain juga dijual secara bebas di banyak tempat.

Saat ini, heroin dikenal sebagai obat yang sangat adiktif dan berbahaya, dan krisis opioid dinyatakan sebagai darurat kesehatan masyarakat pada tahun 2017. Akibatnya, masyarakat tidak bisa menggunakan heroin secara sembarangan.

4. Bensin dijual di apotek

Sekarang Dianggap 'Gila', 5 Hal Ini Wajar pada Zaman Dahuluilustrasi mengisi bensin (pexels.com/Skitterphoto)

SPBU baru ada untuk pertama kalinya pada tahun 1913. Padahal, kendaraan dengan bahan bakar minyak sudah ada sebelum tahun tersebut. Lalu, bagaimana orang zaman dahulu mengisi bahan bakar?

Dijelaskan dalam laman Smithsonian, sebelum adanya SPBU, orang pada masa lampau membeli bahan bakar di apotek. Waktu itu, bensin dijual di dalam kaleng-kaleng dan harus dituang ke dalam tangki secara manual. Jika saat ini ada apotek yang menjual bensin atau bahan bakar lainnya, sudah pasti orang-orang akan memandang aneh hal ini.

5. Orang didenda karena dianggap jelek

Sekarang Dianggap 'Gila', 5 Hal Ini Wajar pada Zaman Dahuluilustrasi menutup wajah (pexels.com/Karolina Grabowska)

Berdasarkan laporan dari Chicago Tribune, pada tahun 1881, seorang anggota dewan di Chicago, James Peevey mengatakan bahwa melihat orang-orang jelek membuat pandangan matanya terganggu. Jadi, dia memperkenalkan peraturan yang melarang orang yang berpenyakit, difabel, dan yang tidak enak dipandang berada di jalan-jalan Chicago. Alasannya adalah mereka mungkin membuat orang lain tidak nyaman.

Jika seseorang dianggap terlalu jelek untuk tampil di depan umum, mereka harus membayar denda 1 sampai 50 dolar AS atau sekitar Rp14.212 sampai Rp710.602. Ini merupakan jumlah yang banyak pada masa itu, jika tidak mereka harus pergi ke rumah miskin.

Setelah Perang Dunia I usai, para veteran kembali ke rumah dengan anggota badan yang hilang dan bekas luka pertempuran yang lainnya. Ini membuat opini publik terhadap orang dianggap tidak sempurna mulai berubah.

Demikianlah hal-hal gila yang dianggap wajar pada zaman dahulu. Kalau menurut kamu, mana yang dianggap paling aneh jika dilakukan pada saat ini?

Baca Juga: 12 Propaganda Paling Menggemparkan dalam Sejarah

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya