Comscore Tracker

Secara Ilmiah, 5 Hal Ini Akan Terjadi Pada Laki-Laki Saat Jatuh Cinta

Apakah kamu juga mengalami hal ini? 

Jatuh cinta bisa menjadi hal yang mengubah hidup secara drastis. Tetapi satu misteri yang paling menarik tentang jatuh cinta adalah bagaimana cinta memengaruhi otak dan mengapa dampak yang ditimbulkan berbeda antara laki-laki dan perempuan.

Dikutip dari Bustle, sebuah penelitian untuk mengetahui bagaimana jatuh cinta dapat memengaruhi otak laki-laki telah dilakukan dengan cara melakukan pemindaian otak dan mengamati perubahan senyawa kimia di dalamnya serta pengaruhnya terhadap psikologi.

Berikut beberapa poin tentang bagaimana jatuh cinta berdampak pada otak dan tubuh laki-laki.

1. Lebih toleran terhadap rasa sakit

Secara Ilmiah, 5 Hal Ini Akan Terjadi Pada Laki-Laki Saat Jatuh Cintaestarguapas.com

Menurut ilmuwan ilmu saraf Dr. Jarred Younger, associate professor di University of Alabama, Birmingham, cinta mengurangi rasa sakit hingga setengahnya. Penelitian dilakukan dengan pemindahan otak laki-laki yang sedang jatuh cinta dan hasilnya, jatuh cinta dapat mengirim pesan ke sumsum tulang belakang untuk memblokir pesan rasa sakit sebelum mencapai otak.

2. Jadi lebih mudah untuk berhenti merokok

Secara Ilmiah, 5 Hal Ini Akan Terjadi Pada Laki-Laki Saat Jatuh Cintaunsplash.com/Brooke Cagle

Masih dalam penelitian yang sama, Younger menemukan bahwa hubungan romantis juga dapat mengubah senyawa kimia otak seseorang yang membuatnya lebih mudah untuk berhenti menggunakan sesuatu yang sifatnya adiktif, seperti rokok.

Baca Juga: 6 Perbedaan Bagaimana Pria dan Wanita Jatuh Cinta Menurut Sains

3. Jadi memiliki ketergantungan terhadap pasangannya

Secara Ilmiah, 5 Hal Ini Akan Terjadi Pada Laki-Laki Saat Jatuh Cintabustle.com

Menurut Younger, bagian otak yang terdampak saat sedang jatuh cinta ini sama dengan area yang diaktifkan ketika seseorang menggunakan obat adiktif. Hal ini yang menjelaskan mengapa seseorang dapat menjadi ketergantungan dengan pasangannya.

4. Ia tiba-tiba jadi peduli akan hal-hal kecil

Secara Ilmiah, 5 Hal Ini Akan Terjadi Pada Laki-Laki Saat Jatuh Cintaunsplash.com/kleinzhelder

Lucunya, saat jatuh cinta, fokus laki-laki dapat bergeser ke hal-hal kecil, seperti bagaimana mereka berbicara, berpakaian, dan bertindak. Ia jadi suka memperhatikan hal-hal yang tidak pernah ia perhatikan sebelumnya, seperti bagaimana dirinya berbicara, kepekaan, hingga kebersihan pribadi.

5. Jadi lebih hati-hati terhadap dirinya sendiri

Secara Ilmiah, 5 Hal Ini Akan Terjadi Pada Laki-Laki Saat Jatuh Cintaunsplash.com/Priscilla Du Preez

Laki-laki akan menyadari bahwa dirinya menjadi lebih rapuh saat sedang jatuh cinta. Untuk itu, ia akan lebih menjaga dirinya sendiri agar tidak merasa terluka.

Apakah kamu sendiri mengalami kelima hal tersebut saat sedang jatuh cinta?

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Telah Jatuh Cinta Sepenuhnya Terhadap Kekasihmu Saat Ini

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You