Comscore Tracker

Kenali, 6 Tanda Kemungkinan Anak Alami Masalah Gangguan Kecemasan 

Cara halus anak meminta pertolongan yang sering terabaikan

Dalam kehidupan kita pasti pernah mengalami berbagai tingkat kecemasan. Dan pada batasan tertentu, kecemasan itu memberikan dampak positif bagi kehidupan kita. Misalnya kecemasan dapat membantu kita mengenali dan menghindari bahaya, mendorong kita untuk lebih maju dalam menyelesaikan masalah tertentu, dan yang lainnya.

Kecemasan yang berbahaya adalah rasa cemas berlebihan sehingga mengganggu rutinitas sehari-hari. Meskipun kecemasan mungkin terlihat seperti sebuah emosi kompleks yang hanya dirasakan oleh orang dewasa karena tekanan demi tekanan yang semakin berat seiring dengan bertambahnya usia, namun bukan berarti anak kecil tidak akan pernah terkena gangguan kecemasan yang parah.

Menurut Anxiety And Depression Association America terdapat 80 persen anak yang mengalami gangguan kecemasan tidak mendapat perawatan karena kurangnya perhatian dari orangtua. Gangguan kecemasan pada anak yang tidak diobati dapat membuat mereka memiliki risiko yang lebih besar untuk menjadi sosok yang antisosial, berprestasi buruk di sekolah, bahkan terlibat dalam penggunaan zat-zat terlarang.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda anak mengalami gangguan kecemasan. Jangan menunggu anak berteriak minta tolong, karena sebagian besar dari mereka secara halus meminta tolong padamu dengan 6 tanda berikut ini.

1. Sering bertanya mengenai apa yang akan terjadi di masa depan

Kenali, 6 Tanda Kemungkinan Anak Alami Masalah Gangguan Kecemasan soloparentmag.com

Anak-anak yang mengalami gangguan kecemasan biasanya akan sering bertanya tentang kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di masa depan. Hal ini karena anak dengan gangguan kecemasan membutuhkan kepastian dan jaminan dari orangtuanya bahwa ketika ia melakukan suatu hal, ia akan baik-baik saja. 

Seorang psikologi klinis di Anxiety and Mood Disorders Center, Child Mind Institute New York City, Dr. Janine Domingues mengatakan "Anak yang mengalami gangguan kecemasan akan sering meminta dan mencari jaminan serta kepastian dari orang tua mereka." Ketika anakmu mulai sering menggunakan kalimat tanya "bagaimana jika.." maka kamu harus memberikan perhatian lebih padanya.

2. Pola makan anak berubah, entah jadi semakin sedikit atau lebih banyak

Kenali, 6 Tanda Kemungkinan Anak Alami Masalah Gangguan Kecemasan open.edu

Gejala yang paling tampak saat seseorang mengalami gangguan kecemasan adalah perubahan pola makannya. Hal ini berlaku bagi orang dewasa maupun anak-anak, selera makan seseorang sangat dipengaruhi oleh emosi yang sedang dialaminya. Saat merasa cemas seseorang akan memilih untuk menolak makanan, atau malah makan secara berlebihan dan keduanya sangat tak baik bagi kesehatan. 

Sikap anak yang lebih memilih untuk makan sendirian juga dapat menjadi tanda bahwa ia sedang mengalami masalah kecemasan. Akan lebih baik bagi orangtua untuk mulai mendekatinya secara perlahan sehingga anak menjadi terbuka untuk menceritakan masalahnya.

Baca Juga: 7 Gejala Gangguan Kecemasan yang Sering Dianggap Bentuk Kepribadian

3. Anak menjadi lebih sensitif dan agresif

Kenali, 6 Tanda Kemungkinan Anak Alami Masalah Gangguan Kecemasan heysigmund.com

Anak yang mengalami gangguan kecemasan akan lebih mudah untuk tersinggung serta meluapkan emosinya secara agresif. Hal ini karena anak sedang berusaha untuk memproses emosi kompleks yang datang akibat rasa cemas berlebih yang mereka rasakan.

Tingkah agresif yang dilakukan olehnya adalah cara anak mengekspresikan emosi yang tak bisa mereka luapkan dan sampaikan dalam kata-kata. Oleh karena itu, orangtua harus mengetahui penyebab anak menjadi agresif sehingga dapat dilakukan tindakan yang benar untuk mengobatinya.

4. Anak sering merasa sakit kepala ataupun sakit perut

Kenali, 6 Tanda Kemungkinan Anak Alami Masalah Gangguan Kecemasan parenting.firstcry.com

Selain perubahan sikap, tubuh anak juga memberikan sinyal-sinyal bahwa mereka mengalami gangguan kecemasan. Anak yang mengalami gangguan kecemasan akan lebih sering sakit kepala ataupun sakit perut dibandingkan dengan anak-anak lainnya.

Ini merupakan reaksi langsung dan respon tubuh anak karena merasakan akan ada bahaya yang datang. Karena gangguan kecemasan selalu membuat para penderitanya merasa bahaya akan selalu datang dan menghampiri mereka.

5. Menarik diri dari kegiatan yang dilakukan bersama teman-temannya

Kenali, 6 Tanda Kemungkinan Anak Alami Masalah Gangguan Kecemasan understood.org

Anak yang mengalami gangguan kecemasan biasanya akan memilih untuk duduk menyendiri dibandingkan bermain bersama teman-temannya. Hal ini karena mereka merasakan kecemasan yang berlebih untuk melakukan suatu kegiatan, entah takut terluka, takut melakukan kesalahan, takut diabaikan oleh temannya dan ketakutan-ketakutan lainnya. 

Dr. Janine Domingues juga mengatakan bahwa "Gejala nomor 1 yang harus diperhatikan oleh orangtua adalah penghindaran, karena salah satu hal yang dipelajari anak saat merasa cemas adalah menghindari hal-hal yang membuat mereka merasa khawatir dan tidak aman.''

Beri perhatian lebih kepada anak jika mereka mulai menghindari banyak hal, karena hal ini bisa jadi tanda bahwa mereka mengalami gangguan kecemasan.

6. Kesulitan untuk fokus pada suatu hal

Kenali, 6 Tanda Kemungkinan Anak Alami Masalah Gangguan Kecemasan washingtonpost.com

Ketidakmampuan seorang anak untuk berkonsentrasi sering dikaitkan dengan gangguan mental yang lainnya, yaitu ADHD. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa anak yang kesulitan untuk fokus merupakan akibat dari gangguan kecemasan yang dialaminya. Hal ini karena rasa khawatir dan kecemasan anak pada sesuatu, akan membuatnya kesulitan untuk berkonsentrasi pada hal lainnya.  

Dan tentu saja hal ini akan memberikan dampak buruk bagi anak, ketika ia kesulitan untuk fokus maka nilai-nilainya disekolah akan mengalami penurunan. Serta ia bisa jadi mengalami cedera karena tidak fokus saat dalam pelajaran olahraga.

Itulah 6 tanda yang menunjukkan bahwa anakmu kemungkinan besar mengalami gangguan kecemasan. Jika tanda-tanda tersebut terlihat pada buah hatimu maka segeralah berkonsultasi dengan pihak ahli. Jangan sampai terlambat menyadari dan mengobatinya.

Baca Juga: Orang Terdekatmu Menderita Anxiety Disorder? Bantu dengan 5 Cara Ini 

iefa_pooh Photo Verified Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya