Comscore Tracker

7 Tanaman Hias yang Paling Dicari di Google Tahun 2020, Ada Monstera!

Sudah ada di taman kamu belum?

Melakukan segala aktivitas di rumah saja selama tahun 2020 berdampak signifikan terhadap kesehatan mental. Akibatnya, banyak orang mencari cara untuk tetap "waras" di tengah pandemik COVID-19 yang tak kunjung usai ini. Salah satunya adalah dengan menanam tanaman hias.

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, kini semakin banyak orang yang menjadikan berkebun tanaman hias sebagai hobi. Bahkan, para artis tanah air juga mengikuti tren tersebut. Tidak hanya untuk mengurangi stres, berkebun juga bisa membuat kita semakin betah di rumah. 

Ternyata ada sejumlah tanaman hias yang paling banyak dicari di mesin pencarian Google selama tahun 2020. Ini artinya, banyak orang yang ingin merawat mereka di rumah. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak daftarnya!

1. Spider plant

7 Tanaman Hias yang Paling Dicari di Google Tahun 2020, Ada Monstera!unsplash.com/lucian_alexe

Spider plant memiliki daun memanjang dan tampak seperti pita. Tak hanya enak dipandang, tanaman hias yang satu ini bisa berperan sebagai penyaring udara dalam ruangan, lho. Sambil menghasilkan oksigen, mereka akan menyerap karbon monoksida dan metanol yang ada di sekelilingnya. 

2. Lidah buaya

7 Tanaman Hias yang Paling Dicari di Google Tahun 2020, Ada Monstera!pexels.com/Cintia Siqueira

Sangat klasik, lidah buaya juga merupakan tanaman hias yang banyak dicari selama tahun 2020. Mereka adalah tumbuhan yang sangat kuat, bisa hidup di berbagai lingkungan, dan bahkan hampir tak bisa mati, lho

Terlebih lagi, lidah buaya memiliki banyak manfaat. Gel yang dimilikinya dapat berfungsi sebagai obat luka bakar, penyubur rambut, pelembap kulit, dan lain sebagainya. 

3. Bonsai

7 Tanaman Hias yang Paling Dicari di Google Tahun 2020, Ada Monstera!pexels.com/David Yu

Memiliki harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah, bonsai ternyata cukup banyak dicari sepanjang tahun 2020. Pohon kerdil ini bisa menjadi alat pereda stres yang ampuh, lho. Sebab kamu harus merawatnya dengan konsisten setiap hari. 

Tak hanya disiram, kamu juga perlu memotong ranting yang mencuat, dan bahkan membantu mengatur bentuk batangnya. Dengan menghabiskan waktu bersama bonsai, kamu akan jadi lebih tenang dan bahagia. 

Baca Juga: 10 Spesies Hewan Baru yang Ditemukan di 2020, Kenalan Yuk!

4. Anthurium

7 Tanaman Hias yang Paling Dicari di Google Tahun 2020, Ada Monstera!unsplash.com/lightsonfire

Sempat menjadi tren di dekade lalu, anthurium kembali menuai popularitas di tahun 2020. Tanaman hias ini memiliki karakteristik yang unik. Mereka dilengkapi dengan daun yang menyerupai bunga dengan warna mencolok. 

Anthurium ternyata juga memiliki banyak kegunaan jika kamu memeliharanya di rumah. Salah satunya adalah menyaring gas-gas berbahaya, seperti amonia, formaldehida, toulene, dan xylene

5. Jade plant

7 Tanaman Hias yang Paling Dicari di Google Tahun 2020, Ada Monstera!crateandbarrel.com

Muncul di drama Korea Start-Up, jade plant semakin dicari orang-orang yang gemar berkebun. Ciri khasnya adalah daunnya yang bergerombol. Masyarakat sering menjadikannya pemanis ruangan. 

Bukan hanya enak dipandang, jade plant dipercaya membawa keberuntungan, lho. Daunnya yang tumbuh subur dan hijau melambangkan pertumbuhan dan awal yang baru. 

6. Sansevieria

7 Tanaman Hias yang Paling Dicari di Google Tahun 2020, Ada Monstera!pexels.com/Elle Hughes

Sansevieria adalah nama lain dari tumbuhan lidah mertua. Sama dengan lidah buaya, tanaman hias ini bisa tumbuh di kondisi tanah dan cuaca apa pun. Mereka sangat kuat dan sulit untuk mati, terlebih kamu bisa menumbuhkannya dengan cara stek. 

Tidak hanya memepercantik taman dan ruangan, lidah mertua juga mampu menyaring udara kotor. Mereka bahkan aman untuk ditaruh di dalam kamar. Namun, kamu harus menjauhkannya dari kucing dan anjing karena mengandung zat toksin. 

7. Monstera

7 Tanaman Hias yang Paling Dicari di Google Tahun 2020, Ada Monstera!pexels.com/Huy Phan

Bukan hanya di Indonesia, Monstera deliciosa adalah salah satu tanaman hias yang banyak dicari di berbagai belahan dunia. Alasan kenapa mereka sangat populer adalah daunnya yang unik dan cocok digunakan sebagai dekorasi ruangan. 

Perawatan tanaman hias ini juga tergolong mudah. Kamu perlu menyiramnya seminggu sekali, biarkan terpapar cahaya dan kelembapan yang cukup, memberinya pupuk, dan ganti pot secara berkala. Dengan begitu, Monstera akan tumbuh subur. 

Itulah sejumlah tanaman hias paling populer dan banyak dicari di Google selama tahun 2020. Apakah kamu salah satu penggemar berkebun? Gak ada salahnya untuk coba merawat salah satu dari tanaman yang disebutkan di atas tadi!

Baca Juga: 10 Potret Peristiwa Langit Paling Besar dan Langka Sepanjang 2020

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya