Comscore Tracker

10 Aktivitas Bayi di dalam Rahim Ibunya, Bisa Bernapas Bahkan Pipis

Ternyata bayi bisa melakukan banyak hal di dalam kandungan

Pernahkah kamu membayangkan apa yang dialami oleh bayi selama masih berada di dalam kandungan? Kamu pasti tidak mengingatnya, namun itulah saat di mana kehidupan dimulai.

Walaupun sudah ada alat untuk memonitor kandungan, kita masih belum benar-benar mengetahui apa yang terjadi di dalam sana. Seperti bagaimana bayi makan, apa kegiatan sehari-harinya, hingga bagaimana respons mereka terhadap rangsangan dari luar.

Penasaran mengenai tipikal hari bayi selama 9 bulan lebih di dalam kandungan? Simak penjelasan berikut ini!

1. Bayi jarang bangun dari tidurnya

10 Aktivitas Bayi di dalam Rahim Ibunya, Bisa Bernapas Bahkan Pipisnewsapi.com.au

Di dalam kandungan, bayi banyak menghabiskan sebagian besar harinya dengan tidur. Saat bayi berusia 32 bulan, kira-kira total waktu yang mereka gunakan untuk tidur adalah 90 hingga 95 persen.

2. Mereka selalu mendengarkan

10 Aktivitas Bayi di dalam Rahim Ibunya, Bisa Bernapas Bahkan Pipissanfordhealth.org

Sebagian besar orang mengetahui bahwa meskipun berada di dalam perut ibunya, bayi masih bisa mendengarkan apa yang terjadi di lingkungan sekitar. Maka dari itu para ahli menyarankan agar ibu sering mendengarkan musik klasik untuk membantu pertumbuhan otak bayi.

3. Mereka mulai berlatih gerakan bayi

10 Aktivitas Bayi di dalam Rahim Ibunya, Bisa Bernapas Bahkan Pipiskiwifamilies.co.nz

Sebelum keluar dari rahim, bayi sudah melatih kemampuan motoriknya. Misalnya memasukkan jari ke mulut, belajar menggenggam, bahkan tersenyum.

4. Bayi bisa bernapas di dalam rahim

10 Aktivitas Bayi di dalam Rahim Ibunya, Bisa Bernapas Bahkan Pipisamazonaws.com

Paru-paru bayi adalah organ terakhir yang berkembang karena mereka tidak membutuhkannya di usia awal. Mereka sudah mendapatkan oksigen dari tali pusar. Walaupun begitu mereka akan berlatih bernapas menggunakan cairan ketuban yang ada di sekitarnya.

5. Mereka akan makan bersama dengan ibunya

10 Aktivitas Bayi di dalam Rahim Ibunya, Bisa Bernapas Bahkan Pipisparents.com

Selama ini yang kita ketahui adalah bayi mendapatkan makanan melalui plasentanya. Namun tahukah kamu bahwa mereka bisa merasakan makanan tersebut? Setelah berusia tiga bulan, bayi akan mengenali berbagai rasa, baik manis, asam, asin, atau pahit.

Baca Juga: Bolehkah Kita Menyentuh Pipi Bayi? Ini 7 Fakta Dermatitis Atopik

6. Jika diperlukan, mereka akan buang air kecil

10 Aktivitas Bayi di dalam Rahim Ibunya, Bisa Bernapas Bahkan Pipismentalfloss.com

Bayi juga bisa buang air kecil di dalam rahim ibunya, lho! Ini karena setelah berusia tiga bulan, mereka sudah bisa menelan cairan ketuban. Cairan tersebut akan diproses dan keluar lagi sebagai cairan ketuban.

7. Bayi bisa berguling di dalam rahim

10 Aktivitas Bayi di dalam Rahim Ibunya, Bisa Bernapas Bahkan Pipistodaysparent.com

Bayi tidak selalu bisa mengontrol gerakannya di dalam rahim. Selain itu mereka juga banyak terpengaruh oleh aktivitas ibunya. Misalnya, saat ibu tertawa bayi akan memantul ke atas dan ke bawah. Ketika sang ibu berlari, bayi akan berguling mengikuti gerakan tersebut.

8. Bayi bisa merasakan perasaan ibunya

10 Aktivitas Bayi di dalam Rahim Ibunya, Bisa Bernapas Bahkan Pipisprod.si-cdn.com

Di usia terakhir kehamilan, bayi mulai bisa merasakan perasaan ibunya. Misalnya ketika sang ibu sedih, mereka juga ikut sedih. Ketika ibu tertawa, bayi akan menjadi lebih aktif dan tersenyum. Inilah mengapa penting untuk menjaga emosi wanita yang sedang hamil.

9. Bayi juga bisa cegukan

10 Aktivitas Bayi di dalam Rahim Ibunya, Bisa Bernapas Bahkan Pipisyoutube.com

Cegukan mulai terjadi setelah tiga bulan pertama. Ini tanda bahwa mereka mulai belajar bernapas. Cegukan tersebut akan menyebabkan ibu merasakan tendangan kecil di perutnya.

10. Mereka mulai membentuk kotoran pertamanya

10 Aktivitas Bayi di dalam Rahim Ibunya, Bisa Bernapas Bahkan Pipisbabycenter.com

Bayi tidak akan buang air besar di dalam rahim. Namun mereka mulai membentuk kotoran pertamanya di sana. Kotoran tersebut bernama meconium yang terbuat dari sel-sel, cairan ketuban, dan rambut. Mereka akan mengeluarkannya setelah lahir.

Gimana, seru gak hari-hari yang dilewati bayi selama 9 bulan di dalam rahim? Ternyata ada banyak yang bisa mereka lakukan ya!

Baca Juga: Benarkah Bayi Bisa Menangis dalam Kandungan? Ini 10 Faktanya!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You