Comscore Tracker

Angkasa dalam Lensa #4: Galaksi hingga Indahnya Indonesia dari Angkasa

Ada apa saja di angkasa pekan ini?

Selama physical distancing, kamu tentu jarang atau bahkan tidak pernah keluar dari rumah. Stres, bosan, kesepian pun melanda. Terlebih lagi, berita yang muncul di televisi, radio, dan internet memiliki tone yang sama-sama suramnya.

Makanya, yuk, keluar sejenak dari rutinitas tersebut. Kali ini, IDN Times ingin mengajakmu mengintip apa saja yang terjadi di luar angkasa selama dua pekan terakhir. Spoiler, ada penampakan daratan Indonesia dari atas Bumi, lho! Yuk, intip berikut ini!

1. Keindahan Bimasakti di malam hari

Angkasa dalam Lensa #4: Galaksi hingga Indahnya Indonesia dari AngkasaPetr Horálek/ESO

Petr Horalek dari European Southern Observatory berhasil menangkap keindahan galaksi Bimasakti pada 16 Maret 2020 lalu. Galaksi yang kita tinggali ini tampak membentuk garis setengah lingkaran dengan bintang-bintang bersinar terang di sekitarnya. Foto ini ditangkap oleh Extremely Large Telescope (ELT), sebuah teleskop baru yang akan memindai langit untuk membantu kita memelajari luar angkasa.

2. Aurora di atas permukaan Bumi

Angkasa dalam Lensa #4: Galaksi hingga Indahnya Indonesia dari Angkasanasa.gov

Pernahkah kamu melihat aurora sebelumnya? Fenomena langit yang satu ini bisa dibilang langka dan hanya bisa diamati di kutub Bumi. Namun foto di atas bisa menjadi obat dari rasa penasaranmu.

Foto itu ditangkap dari International Space Station yang berada di atas orbit Bumi pada 20 Maret 2020. Terlihat penampakan aurora yang berwarna hijau berpadu dengan atmosfer yang berwarna jingga. Seakan tak cukup, pemandangan tersebut juga dihiasi dengan bintang-bintang di bagian atas serta cahaya lampu di bagian bawah. Menakjubkan!

3. Selfie bersama Curiosity di Mars

Angkasa dalam Lensa #4: Galaksi hingga Indahnya Indonesia dari AngkasaNASA/JPL-Caltech/MSSS

Curiosity adalah robot milik NASA yang bertugas untuk menjelajahi Mars. Pada 20 Maret 2020 lalu, NASA mempublikasikan potret selfie dari robot tersebut yang diambil setelah mengebor batuan bernama Hutton. 

Bagaimana Curiosity mengambil selfie-nya? Ternyata ia menggunakan tangan robotiknya yang dilengkapi dengan kamera sebagai tongkat selfie. FYI, kamera Curiosity dapat mengambil 86 gambar dalam sekali jepret, lho!

Baca Juga: Angkasa dalam Lensa #1: Permukaan Matahari dan Rekor Astronaut Wanita

4. Indahnya bumi Indonesia di malam hari

Angkasa dalam Lensa #4: Galaksi hingga Indahnya Indonesia dari AngkasaISS/NASA

Bisakah kamu menebak di manakah foto ini diambil? Ternyata itu merupakan perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, lho! Terlihat lampu-lampu kota menghiasi Bumi di bawah aliran udara amosfer yang memancarkan cahaya biru dan oranye. 

Foto ini ternyata diambil oleh seorang astronaut yang sedang menjalankan Expedition 62 di International Space Station. NASA mempublikasikannya pada 24 Maret 2020. Indah, ya!

5. Galaksi Bimasakti dan sinar laser

Angkasa dalam Lensa #4: Galaksi hingga Indahnya Indonesia dari AngkasaPetr Horálek/ESO

Lagi-lagi galaksi Bimasakti menampakkan dirinya di langit Chile, tepatnya di atas Very Large Telescope (VLT) milik European Southern Observatory (25/3). Pada saat itu, teleskop tersebut sedang menembakkan sinar laser untuk menghindari distorsi yang biasa terjadi. Alhasil, kamu bisa melihat perpaduan antara galaksi Bimasakti dan lengkungan garis kuning di atasnya.

6. Komet Atlas melintasi langit malam

Angkasa dalam Lensa #4: Galaksi hingga Indahnya Indonesia dari AngkasaMIke Cuff/westwightbackyardastronomy.blogspot.com

Jumat lalu (27/3), komet bernama Atlas tampak melintasi Bumi di malam hari. Benda langit tersebut terlihat berwarna hijau  di antara bintang-bintang.

Gambar tersebut diambil oleh Mike Cuffe, seorang astrofotografer asal Amerika Serikat. Melalui blognya, ia mengatakan bahwa komet tersebut sedang menuju ke Matahari dan hanya berjarak 160 juta kilometer dari Bumi.

7. Venus bertemu dengan si Tujuh Saudara Perempuan

Angkasa dalam Lensa #4: Galaksi hingga Indahnya Indonesia dari AngkasaGianluca Masi/The Virtual Telescope Project

Pleiades adalah sebuah gugus bintang yang dikenal pula sebagai “Seven Sisters” atau Tujuh Saudara Perempuan. Pada Kamis (2/3) lalu, mereka tampak berdekatan dengan Venus, sang bintang kejora. Kamu bisa lihat pada gambar di atas, Venus terlihat bersinar terang dengan bintang-bintang kecil di kiri atasnya. 

Indah-indah, kan? Semoga bisa mengobati kamu yang sedang bosan di masa physicial distancing ini, ya!

Baca Juga: Angkasa dalam Lensa #3: Indahnya Daratan Virus Corona di Malam Hari 

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya